5 Kebiasaan Sehat a la Jepang untuk Umur yang Lebih Panjang

Beberapa kebiasaan bisa dicontoh, Ma

30 Juli 2021

5 Kebiasaan Sehat a la Jepang Umur Lebih Panjang
Freepik/Jcomp

Jepang adalah salah satu negara dengan aplikasi gaya hidup yang sehat. Untuk Mama yang penasaran, inilah tips hidup sehat warga Negeri Sakura. 

Pewresearch.org mengungkapkan bahwa Jepang punya rata-rata orang hidup lebih dari 100 tahun per kapita paling besar di dunia dibanding negara lainnya. 

Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Ada beberapa gaya hidup dan cara konsumsi makanan yang berbeda sehingga bisa tercipta angka seperti itu. Kebiasaan ini memiliki efek yang jauh lebih baik untuk kesehatan dan juga berpengaruh pada umur seseorang.

Untuk Mama yang penasaran, Popmama.com akan menjabarkan kebiasaan a la Jepang yang bisa membuat kamu hidup sehat lebih lama. 

1. Konsumsi rumput laut

1. Konsumsi rumput laut
thehealthy.com

Seperti diketahui, banyak menu makanan di Jepang yang mengandung rumput laut. Dilansir dari Today.com, rumput laut mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti iodine, zinc antioksidan, protein, serat, dan asam lemak omega 3. 

Jadi, tak heran, kan, kalau banyak orang Jepang yang hidupnya sehat? 

Mulai sekarang, kamu bisa menambahkan nori ke dalam menu sehari-hari. Tapi usahakan untuk yang tidak terlalu banyak bumbu atau perasa tambahan karena memiliki kandungan sodium yang tinggi. 

Editors' Picks

2. Perbanyak konsumsi makanan hasil laut

2. Perbanyak konsumsi makanan hasil laut
Freepik/lifeforstock

Salah satu penyebab kenapa gaya hidup di Jepang sangat sehat adalah asupan seafood mereka yang cukup tinggi. Masyarakat di sana terkenal memiliki tingkat sakit jantung paling rendah di seluruh dunia. 

Nah, salah satu kuncinya adalah dengan memperbanyak makan seafood. Di mana ikan dan tiram merupakan menu tinggi protein dan rendah lemak jenuh. Ditambah lagi ada banyak jenis omega 3 yang terdapat di aneka makanan hasil laut. 

Mengonsumsi seafood minimal 2 kali seminggu tak hanya bisa menyehatkan jantung namun juga meningkatkan fungsi otak dan emosional seseorang. 

Indonesia sendiri terkenal dengan tangkapan hasil laut. Kamu tak perlu membeli yang impor untuk mengonsumsi seafood secara rutin. Cukup lihat apa yang tersedia di pasar dan kamu pun bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. 

3. Minum teh hijau

3. Minum teh hijau
Freepik/ededchechine

Banyak yang mengatakan bahwa teh hijau merupakan salah satu minuman paling sehat di dunia. Tak sepenuhnya benar dan tak sepenuhnya salah. 

Teh hijau memang kaya dengan antioksidan polifenol yang mampu mengurangi inflamasi, melindungi sel dari kerusakan dan menjaga bakteri baik di dalam tubuh. 

Untuk memaksimalkan kebaikan dari teh hijau, usahakan untuk mengonsumsi yang tanpa pemanis buatan dan tambahan lainnya, ya!

4. Berhenti makan sebelum benar-benar kenyang

4. Berhenti makan sebelum benar-benar kenyang
Freepik

Orang jepang punya kebiasaan untuk berhenti makan saat kamu merasa 80% kenyang. Ini adalah salah satu cara mindful eating yang membantumu makan dengan cukup sesuai kebutuhan tubuh, dan tanpa berlebihan. 

Untuk memulainya, kamu bisa mendengarkan sinyal lapar dan kenyang dari tubuhmu. Sebelum makan, pastikan untuk mengetahui berapa tingkat lapar sehingga kamu bisa mengira-ngira berapa banyak makanan yang akan ditaruh di piring. 

Selain itu, kamu bisa juga untuk lebih fokus saat makan. Kunyah perlahan dan hindari makan sambil nonton TV atau bermain gadget. Dengan begini, kamu bisa lebih mendengarkan tubuhmu. 

5. Jaga lingkup sosial kamu

5. Jaga lingkup sosial kamu
Freepik/drobotdean

Ditegok dari Today.com, orang Jepang terkenal masih aktif sampai umur senja. Selain karena asupan makanan, ini juga dikarenakan mereka tetap aktif di lingkungan sosial. 

Di Jepang, tidak aneh bagi orang tua yang tinggal di lingkungan orang muda dewasa. Juga, bukan hal aneh jika ada orang tua yang masih bekerja setelah lewat masa pensiun mereka. 

Ini bisa menjadi contoh bahwa lingkup sosial cukup penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan umur panjang. Penerimaan dari sekitar bisa menjaga keinginan hidup kamu tetap tinggi dan semangat menjalani hari pun tetap terjaga. 

Meski merasa nyaman menjadi mandiri atau tak masalah menjadi introvert, tak ada salahnya untuk bersosialisasi secukupnya dengan teman dan orang sekitar. Jika kamu merasa kesepian, jangan ragu untuk mencari teman atau mencari bantuan profesional. 

Itu dia beberapa tips gaya hidup a la Jepang yang bisa kamu contoh. Beberapa di antaranya cukup mudah, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.