Kata Artis dan Istana mengenai Raffi yang Keluyuran Pasca Divaksinasi

Baru selesai mendapat vaksinasi pertama, Raffi langsung pesta bersama teman-temannya

14 Januari 2021

Kata Artis Istana mengenai Raffi yang Keluyuran Pasca Divaksinasi
Instagram.com/raffinagita1717 & Youtube.com/Sekretariat Kepresidenan

Istana menggaet influencer Raffi Ahmad untuk menjadi salah satu orang pertama yang mendapat vaksin Covid-19. Setelahnya, ia malah dapat kecaman karena langsung keluyuran. 

Banyak yang belum sepenuhnya memahami maksud dan tujuan dari vaksin Covid-19. Bukan menjadikannya kebal terhadap virus, namun hanya melemahkannya sehingga efek infeksi tidak separah mereka yang belum vaksin. 

Hal ini sepertinya tidak dipahami juga oleh Raffi Ahmad, artis yang masuk dalam kelompok pertama penerima vaksin Sinovac di Istana Negara, Jakarta, kemarin. 

Belum ada 24 jam ia disuntikkan vaksin, sudah langsung terlihat berpesta bersama beberapa teman artis dan bahkan sempat terlihat juga kehadiran Ahok. 

Hal ini menuai komentar baik dari kalangan artis, pihak istana, maupun para warganet. Popmama.com akan mengumpulkan tanggapan-tanggapan mereka. 

1. Langsung mendapat teguran dari pihak istana

1. Langsung mendapat teguran dari pihak istana
instagram.com/lambe_turah

Mendengar kabar tersebut, pihak istana langsung menegur Raffi Ahmad. Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan Raffi. 

Menurutnya, tim komunikasi Covid-19 telah mengingatkan Suami dari Nagita Slavina ini untuk tetap memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. 

Sementara menurut Jubir vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, teguran dari netizen atas tindakan Raffi dirasa lebih bermanfaat. 

Editors' Picks

2. Sherina Munaf pun angkat bicara

2. Sherina Munaf pun angkat bicara
Instagram.com/sherinasinna

Penyanyi sekaligus aktris Sherina Munaf pun mengungkapkan tegurannya melalui status di akun sosial medianya. 

Dalam cuitannya di Twitter, ia mengungkapkan tanggapannya. 

"Halo Raffi Ahmad, setelah divaksin bukan berarti keluyuran rame-rame dong. Anda dipilih jatah awal-awal vaksin karena followers banyak. Dengan alasan yang sama, tolong berikutnya konsisten beri contoh yang baik. Please you can do better than this. Your followers are counting on you." 

Selain menegur melalui Twitter, ia juga membuat unggahan story Instagram, lengkap dengan menandai akun Instagram Raffi. 

3. Putri Patricia juga menegur langsung

3. Putri Patricia juga menegur langsung
instagram.com/@putripatricia888

Dengan gamblang, artis Putri Patricia menegur Raffi Ahmad. Dalam unggahan story Instagramnya, ia mengungkapkan kekecewaannya. 

"Hey @raffinagita1717, betapa buruk contoh yang kamu berikan setelah pagi kamu divaccine Covid-19 yang disaksikan 1 Indonesia, bahkan dunia, malamnya party tanpa prokes sama sekali. Benar-benar tidak pantas! "

Tak hanya menandai akun Raffi Ahmad dalam unggahannya, Putri juga menandai akun Jokowi, Kemenkes RI, dan satgas Covid-19. 

4. Alexander Thian menganggap hal ini bisa memiliki dampak negatif

4. Alexander Thian menganggap hal ini bisa memiliki dampak negatif
twitter.com/@aMrazing

Dalam cuitannya, Alexander Thian dengan nama akun @aMrazing mengungkapkan kekhawatirannya terhadap sikap Raffi. 

Menurutnya, hal ini bisa berdampak negatif. Bukannya menarik banyak orang untuk yakin mengikuti vaksin Covid-19, yang ada malah membuat mereka semakin enggan. 

"Kebayang gak dampaknya kalau si Raffi Ahmad (amit-amit) kena corona setelah divaksin kayak gimana? Makin ogah lah orang vaksin dan keluarlah berbagai teori konspirasi lagi. Vaksin bukan free card bisa sembarangan keluyuran apalagi baru shot pertama."

5. Inilah tanggapan dari warganet

5. Inilah tanggapan dari warganet
Freepik

Warganet dinilai lebih efektif memberi teguran dibanding pihak Istana atau kementerian. Berikut beberapa komentarnya. 

Akun bernama @Eyorandomcheck mengatakan pemerintah memilih Raffi sebagai influencer yang bisa memberi pengaruh besar pada followersnya. Sedangkan sikapnya yang seperti itu malah membuatnya dihujat banyak orang. 

Sementara @MayangSchreiber mengatakan bahwa Raffi dinilai menyakiti perasaan mereka yang kehilangan teman dan keluarga karena infeksi virus corona. 

Sedangkan @Ijey mengatakan bahwa Raffi tidak memiliki empati yang cukup untuk menerima tanggung jawab seperti itu. 

Nah, gimana nih menurut Mama? '

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.