Ma, Ada 5 Susu Vegan yang bisa Jadi Alternatif, Nih!

Cocok untuk Mama yang sedang menghindari produk dairy

31 Januari 2021

Ma, Ada 5 Susu Vegan bisa Jadi Alternatif, Nih
Freepik

Urusan susu, banyak orang memilih susu sapi. Namun selain itu, banyak pilihan lain termasuk yang bukan berasal dari hewan. Popmama.com punya 5 pilihan susu vegan.

Tidak semua orang cocok dengan susu sapi dan turunannya. Mereka yang intoleransi laktosa tak bisa mengonsumsinya. 

Oleh karena itu, ada pilihan lain yang tak kalah nikmat dan sehat yaitu susu vegan. Bahkan, kandungan nutrisinya bisa lebih banyak dibanding susu sapi. 

Apa saja jenis susu vegannya?

1. Susu kedelai yang merupakan sumber protein terbaik

1. Susu kedelai merupakan sumber protein terbaik
Freepik/jcomp

Susu kedelai sering jadi pilihan mereka yang mengalami masalah dengan susu sapi. Susu ini memiliki rasa yang lebih ringan dan segar. Tak hanya rasa asli, namun bisa juga ditambahkan dengan rasa lain seperti coklat atau stroberi. 

Kedelai juga mengandung sumber protein yang paling baik karena menyediakan seluruh asam amino penting bagi tubuh. Selain dikonsumsi langsung, susu kedelai sering dijadikan campuran kopi atau disajikan bersama sereal. 

Editors' Picks

2. Susu almond dengan kandungan kalori dan lemak yang lebih sedikit

2. Susu almond kandungan kalori lemak lebih sedikit
Pexels/Rawpixels.com

Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu almond memiliki lebih sedikit kalori dan lemak. Selain itu, susu jenis ini juga kaya vitamin E dan antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. 

Susu almond dengan kualitas baik biasanya memiliki kadar sebesar 7-15 persen. Agar lebih yakin, kamu juga bisa membuat sendiri susu almond di rumah. 

Rasa yang diciptakan dari susu almond terasa lebih gurih dan sedikit rasa manis. Sehingga, memberikan rasa tersendiri di lidah. 

3. Susu oat yang kaya serat

3. Susu oat kaya serat
Freepik/Andriimoniuk

Selain menjadi sereal, oatmeal juga bisa dijadikan susu. Caranya cukup mudah, cukup mencampur oatmeal dan air kemudian blender dan saring. 

Untuk rasa lebih gurih, kamu bisa mengganti air dengan susu kedelai atau susu almond. Makin nikmat!

Kandungan protein dari oat cukup mirip dengan susu sapi Selain itu, susu ini juga kayak serat dan mampu menurunkan tingkat kolesterol dan gula darah. 

4. Susu quinoa yang punya nutrisi seimbang

4. Susu quinoa pu nutrisi seimbang
thatgirlcookshealthy.com

Selama ini, quinoa sering dijadikan pengganti nasi. Nyatanya, biji-bijian ini juga bisa dijadikan susu. 

Cara membuatnya mirip dengan membuat oat. Rasa yang diciptakan yaitu nutty dengan sedikit rasa manis. Jika tidak memiliki campuran lain, maka ada sisa rasa khas dari quinoa. 

Oleh karena itu, kamu bisa mencampurnya dengan susu almond, susu kedelai, atau coconut milk. Susu quinoa cocok dijadikan campuran sereal atau dicampur bersama bubur hangat. 

Susu jenis ini mengandung lemak rendah dan kadar protein, kalori, dan karbohidrat dalam tingkat sedang. Sehingga, susu ini memiliki nutrisi yang seimbang.

5. Susu kacang mede yang kandungannya mirip susu almond

5. Susu kacang mede kandungan mirip susu almond
megunprocessed.com

Satu lagi yang tak kalah menarik adalah susu dari kacang mede. Biasanya, kacang ini digoreng atau dipanggang dan jadi camilan saat hari raya. 

Namun ternyata, susu kacang mede memiliki nutrisi yang mirip dengan kacang almond. Rasa yang diciptakan memang tidak se-nutty almond, namun untuk masalah kekentalan, susu kacang mede lebih creamy dan kental dibanding almond.

Juga, jika mengonsumsi yang tanpa pemanis, susu kacang mede lebih manis dibanding almond. 

Cara membuatnya pun lebih mudah. Kamu cukup merendam kacang mede dan memblendernya saja. Sedangkan susu almond masih butuh kain saring sebelum menyajikannya. 

Susu kacang mede juga mengandung serat yang baik bagi tubuh. 

Nah, jadi Mama tertarik mencoba susu jenis apa?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.