9 Makanan Sehat yang Bisa Awet Disimpan Lama

Stok makanan tak harus mie instan

6 April 2020

9 Makanan Sehat Bisa Awet Disimpan Lama
twenty20.com

Makanan instan sering jadi pilihan sebagai stok makanan kering yang bisa lama dan awet disimpan meski berbulan-bulan. Padahal, ada banyak pilihan lain yang lebih sehat dan bergizi. 

Memilih makanan sehat sangatlah penting untuk menjaga kesehatan keluarga. Memberikan makanan instan tidak memiliki banyak gizi dan bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa makanan ini bisa awet disimpan lama. Bisa berbulan-bulan hingga 1 tahun lamanya. Jadi, membelinya saat ini untuk stok bisa jadi pilihan yang cerdas. 

Disusun Popmama.com, inilah beberapa makanan sehat yang bisa awet disimpan lama. 

1. Muesli

1. Muesli
rawpixel.com/Monika
Makanan peninggi badan

Selain sereal, muesli bisa jadi pilihan yang lebih sehat. Muesli sendiri merupakan superfood yang terdiri dari biji-bijian, sereal, dan buah kering. 

Daya simpan dari muesli ini sekitar 1 tahun. Kamu bisa mengonsumsi muesli dengan menambahkan susu atau yoghurt dan mendiamkannya semalaman sebelum dimakan. 

Rasanya yang mengenyangkan dan kandungan gizinya sangat baik untuk kesehatan. 

2. Aneka kacang dan biji-bijian

2. Aneka kacang biji-bijian
Freepik

Ada banyak sekali jenis kacang kering yang bisa disimpan lebih dari 1 tahun. Beberapa di antaranya adalah kacang almond, kacang pistachio, kenari, dan lainnya. Selain itu, ada juga biji-bijian seperti wijen atau biji bunga matahari. 

Cara penyimpanannya pun mudah. Cukup tempatkan di wadah tertutup dan simpan di suhu ruang. Mengonsumsi kacang bisa mengenyangkan dan memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh. 

3. Buah kering

3. Buah kering
Freepik/timolina

Tak bisa menyimpan banyak buah segar dalam waktu yang lama? Maka solusinya adalah menyimpan banyak buah kering. Meski beberapa kandungannya sudah berubah, namun tetap lebih bergizi dibanding makanan instan. 

Beberapa buah kering yang bisa disimpan adalah kismis, aprikot, cherry kering, dan kurma. Untuk daya simpannya bisa mencapai lebih dari satu tahun. 

4. Oatmeal

4. Oatmeal
Freepik

Oatmeal memiliki daya simpan yang bisa sampai 2 tahun. Dengan kandungan serat dan kaya gizi, oatmeal pantas masuk dalam daftar makanan sehat yang bisa awet disimpan. 

Makanan ini juga bisa disandingkan dalam banyak jenis menu. Baik itu menu manis maupun gurih. Bahkan, bisa untuk bahan kue juga. Mantap!

Editors' Picks

5. Sayur beku

5. Sayur beku
Freepik/zulfiska

Sayur beku bisa jadi salah satu pilihan jika ingin tetap menyajikan sayuran namun tak bisa menemukan yang segar. Sayuran beku tersedia dalam banyak bentuk. Bahkan bayam pun ada yang menjual dalam bentuk beku. 

Yang harus diperhatikan adalah cara masak yang harus tepat. Jika ingin teksturnya tetap mirip, jangan cairkan sayur beku, cukup masukkan langsung ke sup saat masih dingin. Dengan begitu, tekstur yang tercipta tidak akan lembek atau hancur. 

Sayur beku bisa disimpan hingga 1 tahun, asal caranya benar. 

6. Makanan bentuk bubuk

6. Makanan bentuk bubuk
ekowarehouse,com

Saat ini tersedia banyak makanan yang sudah berbentuk dalam bubuk atau powdered. Mulai dari bubuk wortel, brokoli, almond, dan masih banyak lagi. 

Dengan konsep pembuatan yang tepat, isi gizi dari makanan ini masih cenderung lengkap dan hanya sedikit yang hilang. Namun pastikan untuk mengetahui cara menyajikannya dengan benar. 

Hindari memasaknya dalam air mendidih dengan terlalu lama karena bisa merusak gizi di dalamnya. 

Sedangkan daya simpan dari makanan bubuk cukup lama, bisa mencapai 2 tahun. 
 

7. Acar

7. Acar
Pixabay/imissyou

Acar juga masuk dalam daftar makanan sehat yang bisa disimpan lama. Beberapa contohnya adalah kimchi, acar jahe, dan lainnya. 

Sajikan acar dengan makanan lainnya, dan menu kamu pun terlihat lebih menggiurkan dan penuh kelezatan. 

8. Keju

8. Keju
Freepik

Keju memiliki gizi yang baik untuk tubuh. Menyimpan keju untuk stok makanan akan menjadi langkah yang cerdas. 

Kamu bisa membuat banyak jenis makanan dengan campuran keju. Rasanya yang gurih juga bisa membuat makanan lebih lezat. 

Cara penyimpanannya pun tidak repot. Ada keju yang bisa di suhu ruang, ada yang di kulkas. Asal tempatkan di area yang kering dan tidak tercampur dengan bahan makanan yang lain. 

9. Daging asap

9. Daging asap
Flickr.com/Patrick O'Brien

Saat sedang panen, seringnya nelayan membuat ikan asap sebagai salah satu cara mengawetkan ikan yang berlebih. Kini sudah banyak produk daging asap yang bisa dijadikan stok makanan di rumah. 

Beberapa contohnya seperti salmon asap, daging asap, ikan roa asap dan lainnya. Makanan ini memiliki gizi yang tetap sama dan rasa yang lebih kaya. 

Daya simpannya bisa lebih dari 1 tahun. Tentu cocok untuk disimpan sebagai cadangan makanan di rumah. 

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa disimpan di rumah. Tak perlu memakan makanan instan, karena yang sehat pun banyak pilihannya dan awetnya bisa diadu. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.