Agar Nggak Jadi Pelupa! Ini 7 Makanan yang Membuat Ingatan Lebih Baik

Beberapa di antaranya brokoli dan kembang kol

26 Mei 2020

Agar Nggak Jadi Pelupa Ini 7 Makanan Membuat Ingatan Lebih Baik
Freepik

Makanan yang sehat tak hanya bergizi tapi juga bisa memiliki efek baik bagi tubuh. Jika ingin membuat ingatan lebih panjang dan nggak mudah pelupa, Popmama.com punya daftar makanannya.

Beberapa makanan memiliki kandungan luar biasa yang untuk otak. Bahkan makanan ini sangat diperlukan. Mengingat sekitar 20% dari kebutuhan kalori harian tubuh diambil untuk kebutuhan otak. 

Oleh karena itulah, mengonsumsi makanan yang tepat bisa meningkatkan daya kerja otak, termasuk membuat ingatan lebih panjang. 

Untuk melengkapi makanan harian, inilah 7 makanan yang bisa meningkatkan ingatan. 

1. Almond butter untuk mengurangi kemungkinan Alzheimer

1. Almond butter mengurangi kemungkinan Alzheimer
nibblesandfeasts.com

Kacang almond memang terkenal baik untuk tubuh, termasuk untuk otak. Jika ditambahkan butter, maka akan jadi kombinasi makanan yang luar biasa untuk mempertajam kerja otak. 

Vitamin E yang terkandung di dalamnya mampu melindungi sel otak dari degradasi yang bisa menyebabkan penyakit Alzheimer.  
Kacang almond juga tinggi kalsium, magnesium, dan potassium. Kandungan ini membantu menstabilkan tekanan darah. Jika tekanan darah aman, maka kesehatan otak lebih terjaga.

2. Alpukat penting untuk kesehatan otak

2. Alpukat penting kesehatan otak
Freepik

Alpukat adalah buah yang kaya dengan vitamin E dan lemak tak jenuh. Kedua kandungan ini sangat berguna untuk kesehatan otak dan mampu membuat ingatan lebih panjang. 

Kamu bisa mengonsumsi alpukat secara langsung, atau menambahkan madu agar rasanya lebih manis. Alpukat juga bisa dimasukkan ke dalam salad atau dijadikan kue. 

Editors' Picks

3. Butternut squash tak hanya baik untuk otak, tapi juga bisa menurunkan berat badan

3. Butternut squash tak ha baik otak, tapi juga bisa menurunkan berat badan
Pixabay.com

Semua makanan yang berwarna oranye sangat baik untuk kesehatan hati dan otak. Ini dikarenakan banyaknya kandungan antioksidan yang ada di carotenoids. 

Butternut squash bisa jadi salah satu makanan yang memiliki keuntungan ganda. Selain bisa untuk kesehatan otak, namun juga bagus untuk mengurangi asupan kalori. 

Butternut squash memang rendah kalori namun sangat tinggi serat. Ini penting untuk menjaga tubuh dari obesitas. Di mana obesitas menjadi salah satu faktor penyakit Alzheimer dan masalah kognitif.

4. Buah berry membantu menjaga ingatan seiring bertambahnya umur

4. Buah berry membantu menjaga ingatan seiring bertambah umur
Freepik

Sayur dan buah yang berwarna terang memiliki nutrisi bagus untuk tubuh. Pigmen yang dikenal flavonoids di buah berry bisa membantu menjaga kemampuan otak seiring bertambahnya umur. 

Bahkan menurut penelitian, tak hanya menjaga saja, namun bisa menambahkan kemampuan otak termasuk mempertajam ingatan.

5. Teh hijau bisa meningkatkan ingatan, perhatian, dan fungsi otak

5. Teh hijau bisa meningkatkan ingatan, perhatian, fungsi otak
healthline.com

Teh hijau sudah jadi minuman sejak ratusan tahun yang lalu. Banyak orang menyebutkan teh ini sangat baik untuk melawan sel kanker di dalam tubuh .

Sebuah penelitian terbaru dari jurnal Phytomedicine menyebutkan bahwa teh hijauh juga memiliki fungsi yang penting untuk otak. Teh hijau berguna untuk meningkatkan ingatan, tingkat perhatian, dan fungsi otak. 

6. Kacang kedelai hitam untuk menjaga hati dan otak

6. Kacang kedelai hitam menjaga hati otak
Freepik/Raining

Kacang kedelai hitam sangat kaya dengan vitamin B khususnya neuro-protektor folat dan B6. Folat sangat penting untuk menjaga kesehatan hati. 

Sementara itu, kesehatan hati ini memiliki pengaruh besar akan daya kerja otak. Jika mengonsumsi cukup kacang kedelai hitam, maka bisa membantu menjaga kesehatan kedua organ tubuh tersebut.

7. Brokoli dan kembang kol menjaga kesehatan otak

7. Brokoli kembang kol menjaga kesehatan otak
Freepik/freepic.diller

Sayuran seperti brokoli dan kembang kol ternyata punya fungsi penting menjaga kesehatan otak. Sayuran ni kaya akan vitamin C, antioksidan, dan antiinflamasi.

Selain itu, sayuran ini juga mengandung selenium, folat, dan potassium yang berguna untuk melawan masalah yang ada di otak. 

Khusus untuk kembang kol, mengandung vitamin K yang berguna untuk melawan pembekuan darah dan mencukupkan mineral di tulang. 

Sayuran ini juga mengandung glukosinolat yang membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Kandungan ini bisa melawan sel kanker menyerang sel otak. 

Itulah 7 jenis makanan yang bisa menjaga kesehatan otak dan membuat ingatan lebih panjang. Jangan lupa masukkan ke menu harian, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.