5 Tips agar Urusan Rumah Tak Terbengkalai saat Mama Sedang Sakit

Intinya, menyiapkan segalanya

16 Januari 2021

5 Tips agar Urusan Rumah Tak Terbengkalai saat Mama Sedang Sakit
Freepik/diana.grytsku

Ada yang berkata, Mama tidak boleh sakit karena jika jatuh sakit, semua bisa berantakan.

Menjadi seorang Mama, tentu semua orang di keluarga mengandalkanmu. Sayangnya, Mama tak bisa memilih akan sakit kapan atau akan sakit apa. 

Karena butuh istirahat banyak, biasanya pekerjaan rumah dan urusan anak-anak jadi terbengkalai. Tenang, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar Mama bisa mendapat istirahat dan anak-anak tetap terkendali.  Agar itu tidak terjadi, Popmama.com punya tips dan trik yang bisa dilakukan.

1. Beri kelonggaran pada anak

1. Beri kelonggaran anak
Freepik/User11472009

Jika selama ini Mama membatasi jam nonton dan main game, ini saatnya mereka mendapat pengecualian. 

Mama boleh membebaskan mereka menonton film di layanan berbayar atau TV kabel agar suasana lebih kondusif. Biarkan mereka yang memilih film yang akan ditonton dan Mama pun bisa beristirahat lebih banyak. 

Beri pengertian pada mereka bahwa Mama perlu istirahat. Sehingga mereka mengetahui alasan mengapa bisa mendapat jadwal nonton film lebih banyak dari biasanya. 

Editors' Picks

2. Jika memungkinkan, minta bantuan

2. Jika memungkinkan, minta bantuan
Freepik/User17581499

Ingat, Mama selalu bisa meminta bantuan pada orang lain. Terlebih jika sakit, jangan ragu untuk meminta bantuan untuk menjaga anak atau lainnya. 

Pilih keluarga atau teman baik yang sekiranya bersedia dimintai bantuan. 

Lagipula, saat mengetahui Mama sedang kewalahan, biasanya tawaran bantuan akan datang bertubi-tubi. Terimalah bantuan itu, agar Mama bisa istirahat dan anak tetap diperhatikan. 

3. Memiliki rencana sebelum sakit

3. Memiliki rencana sebelum sakit
Freepik

Hal ini bisa dilakukan sebelum Mama sakit. Menyiapkan segalanya akan membuat hari-hari saat Mama sakit jadi lebih mudah. 

Saat sakit, sudah tentu memasak pun tak ada tenaga. Jadi, siapkan makanan yang sekiranya bisa disimpan dalam waktu lama. Seperti makanan beku atau frozen. 

Sehingga, Mama bisa langsung menggorengnya saat jam makan anak-anak. 

Begitu juga camilan atau sereal, usahakan selalu memiliki stok. Jadi saat anak-anak ingin makan, bisa segera membuka sereal dan langsung menyantapnya.

4. Membeli makanan jadi 

4. Membeli makanan jadi 
Freepik/Rawpixel.com

Mama tak punya tenaga bahkan untuk menggoreng makanan frozen? Tak masalah!

Masih ada opsi lain yaitu memesan makanan secara online. Segala jenis makanan pun tersedia. Mama bisa memilih makanan sehat untuk keluarga tanpa harus pusing bagaimana memasaknya. 

5. Tempatkan semua yang penting di kamar

5. Tempatkan semua penting kamar
Freepik/lifeforstock

Jika Mama ingin menghemat tenaga dan memperbanyak istirahat di hari sakit, usahakan untuk memasukkan semuanya ke dalam kamar. 

Mulai dari camilan, minuman, mainan anak-anak, gadget, diaper, dan lainnya. Atau barang apapun yang sekiranya banyak dibutuhkan oleh anak-anak sepanjang hari. 

Dengan begitu, Mama bisa menghemat tenaga tak perlu bolak-balik mengambil dan menyiapkan barang-barang tersebut. 

Sekuat apapun Mama, tetap ada waktu-waktu di mana butuh bantuan orang lain. Ingat, kesehatan Mama sangatlah penting. Semakin lama sembuh, semakin lama anak-anak mendapat perhatian penuh mereka kembali. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.