Daebak! Ini 7 Manfaat Baik saat Mengonsumsi Kimchi 

Bisa membantu menurunkan berat badan dan bikin awet muda

30 September 2020

Daebak Ini 7 Manfaat Baik saat Mengonsumsi Kimchi 
Pixabay/imissyou

Kimchi adalah salah satu menu makanan khas di Korea yang hampir ada di setiap menu makanan. Sebagai makanan pendamping, ternyata kimchi punya banyak manfaat baik.

Salah satu kimchi paling terkenal adalah yang terbuat dari sawi putih yang dicampur dengan garam, cuka, bawang putih, cabai, dan rempah lainnya. Difermentasikan selama beberapa waktu dan bisa awet sampai beberapa bulan. 

Selain dari sawi, kimchi juga ada yang terbuat dari lobak, kol, kucai, daun perilla, dan banyak lagi. Makanan pendamping ini biasanya selalu disajikan di beragam menu. 

Kamu juga bisa mengonsumsi kimchi dan mendapat banyak efek positifnya. Disusun Popmama.com, inilah manfaat mengonsumsi kimchi.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

1. Menjaga kesehatan pencernaan
www.mnn.com
Cara membuat kimchi dengan 5 langkah

Seperti kebanyakan makanan fermentasi, kimchi juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, probiotik juga mampu melawan infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

Sedangkan, bakteri sehat lactobacilli di dalam kimchi bisa membantu proses pencernaan tubuh. 

2. Meningkatkan kesehatan mata

2. Meningkatkan kesehatan mata
Freepik/senivpetro

Kimchi juga mengandung vitamin A yang mampu meningkatkan penglihatan kamu. 

Vitamin A juga menjadi salah satu sumber antioksidan yang bisa membantu menghilangkan radikal bebas yang terserap di dalam tubuh. 

Editors' Picks

3. Menjaga kesehatan kulit

3. Menjaga kesehatan kulit
allthingshair.com

Dalam proses pembuatan kimchi, menggunakan banyak bawang putih yang dilumatkan. Di dalam bawang putih, terdapat selenium yang mampu menjaga kesehatan kulit. Selain itu, bisa jadi pencegah penuaan dini, juga!

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor Park Yoo Kyoung dari Universitas Kyung Hee Seoul membuktikan bahwa mengonsumsi kimchi secara teratur bisa menurunkan risiko tertular penyakit kulit dermatitis atopik. 

4. Membantu menurunkan berat badan

4. Membantu menurunkan berat badan
Unsplash/Jennifer Burk

Asyiknya, kimchi mengandung serat yang tinggi dan kalori yang rendah. Dalam 150 gr kimchi, hanya terdapat 40 kalori saja. 

Kimchi juga bisa meningkatkan metabolisme karbohidrat yang membantu menurunkan berat badan. Capsaicin yang ada di dalam cabai di kimchi mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan bisa membantu menurunkan berat badan. 

5. Mencegah kanker lambung

5. Mencegah kanker lambung
Pixabay/bourree

Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling dekat dengan kita. Sedangkan kimchi bisa jadi salah satu makanan yang membantu pencegahan kanker lambung. 

Profesor Miri Kim dari Departemen Nutrisi Makanan di Universitas Nasional Chungnam mengungkapkan bahwa kol dan lobak di kimchi mengandung bio-kimia yang membantu detoksifikasi logam berat yang ditemukan di usus kecil, hati, dan ginjal. 

Beberapa di antaranya adalah isosianat dan sulfida. Isosianat sendiri memiliki kemampuan mencegah kanker lambung. 

6. Mencegah proses penuaan

6. Mencegah proses penuaan
femaleonklik.com

Setelah proses fermentasi, kimchi mengandung antioksidan yang tinggi. Di mana, antioksidan bisa mengurangi potensi penuaan kulit. 

Selain itu, antioksidan juga mampu menghambat oksidasi sel yang membuat seseorang lebih rileks dan lebih tenang. Saat sedang stres, perbanyaklah mengonsumsi kimchi. 

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

7. Meningkatkan kekebalan tubuh
Pixabay/cengoh

Saat ini, dibutuhkan sekali makanan sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Nah, dengan mengonsumsi kimchi, zat-zat kekebalan jadi lebih aktif dan antibodi pun berlimpah. Hal ini disampaikan oleh Profesor Rina Yu dari Departemen Makanan dan Gizi di Universitas Ulsan. 

Saat mengonsumsi kimchi, setidaknya 75% dari sel-sel kekebalan jadi aktif dan siap menangkal virus dan penyakit. 

Itulah 7 manfaat kesehatan yang bisa didapat saat kamu mengonsumsi kimchi. Sudah nikmat, banyak manfaat pula!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.