Ma, Ini 5 Manfaat Mandi sebelum Tidur

Bisa membantu tidur lebih nyenyak, Ma

15 Mei 2021

Ma, Ini 5 Manfaat Mandi sebelum Tidur
Pexels/Pixabay

Seringnya, orangtua akan melarang mandi malam karena dipercaya bisa mendatangkan banyak penyakit. Padahal, ada manfaat jika memilih mandi malam sebelum tidur. 

Tinggal di negara tropis, kadang ada kalanya di mana udara begitu panas dan membuat mudah gerah. Sehingga, sesi mandi sebelum tidur bisa jadi sangat menyegarkan. 

Selain bisa membuat tubuh bersih, ada banyak manfaat lain jika memilih mandi sebelum tidur. 

Dirangkum Popmama.com, inilah manfaat mandi sebelum tidur. 

1. Membantu tidur lebih lelap

1. Membantu tidur lebih lelap
Pexels/ketut-subiyanto

Menurut penelitian dari Departemen Teknik Biomedis di University of Texas, ada kaitan antara waktu mandi, temperatur air, dan kualitas tidur. 

Jika dilakukan dengan tepat, maka bisa membantu tidur malam lebih berkualitas. Disarankan untuk tidur 1 sampai 2 jam sebelum jam tidur. Ini bisa membantumu tidur lebih cepat dan nyenyak. 

Editors' Picks

2. Menjaga kebersihan kulit

2. Menjaga kebersihan kulit
Freepik/gpointstudio

Ada kalanya kamu berkegiatan seharian dan baru selesai di malam hari. Setelah beraktivitas seharian, tentu ada keringat, debu, dan kotoran di tubuh yang harus dibersihkan. 

Jika memilih mandi malam sebelum tidur, maka kamu bisa membersihkan tubuh dan kulit dari segala macam kotoran. Sehingga, kemungkinan hadirnya jerawat di punggung dan lainnya bisa berkurang. 

Selain itu, tubuh yang bersih mampu meningkatkan rasa nyaman sehingga lebih mudah tidur.

3. Melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh

3. Melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh
Freepik/senivpetro

Mandi malam hari bisa membantu melancarkan aliran darah di tubuh. Apalagi jika kamu menghabiskan hari dengan duduk di kursi atau di kendaraan, tentu tubuh jadi kaku. 

Mandi malam dengan suhu air yang hangat bisa merangsang sistem termoregulasi tubuh. Inilah yang menyebabkan sirkulasi darah dari inti internal ke situs perifer tangan dan kaki. Sehingga, panas tubuh bisa menurun dan darah lebih lancar. 

Efeknya, tubuh jadi lebih rileks dan nyaman. 

4. Mengurangi stres

4. Mengurangi stres
Freepik/lifeforstock

Setelah bekerja dan berkegiatan seharian, tubuh lebih tegang dan stres. Nah, mandi malam sebelum tidur bisa membantu mengurangi stres. 

Air yang menyirami tubuh bisa memberikan manfaat baik secara fisik maupun mental. Secara psikologis, mandi sebelum tidur bisa membantu kamu melepaskan rasa cemas, khawatir, dan mudah lupa. 

Kamu bisa memilih sabun dengan wangi favorit dan kemudian menggunakan lotion ke seluruh tubuh dengan aroma kesukaan kamu. Sehingga, pikiran bisa lebih rileks dengan wangi yang kamu gunakan. 

5. Mengurangi otot kaku

5. Mengurangi otot kaku
Freepik/user18526052

Saat tubuh bergerak dengan intens seharian, otot bisa lebih kaki dan membuat tubuh nyeri dan sakit. Jika mandi sebelum tidur, kamu bisa membantu otot lebih rileks dan mengurangi rasa sakit pada tubuh. 

Untuk efek yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan air hangat untuk mengurangi otot yang kaku. 

Itulah beberapa manfaat mandi malam yang bisa didapat. Menggunakan air hangat atau air dingin, sepenuhnya tergantung kemampuan tubuh. 

Jika pada hari itu sedang cukup panas dan tubuh berkeringat sekali, tak masalah menggunakan air dingin. Namun jika udara cukup dingin, sebaiknya gunakan air hangat agar sendi tidak tegang dan membuat nyeri. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.