5 Manfaat Mengonsumsi Carica, Bisa Mencegah Kanker Payudara

Buahnya seperti pepaya tapi bentuknya lebih kecil

22 Oktober 2020

5 Manfaat Mengonsumsi Carica, Bisa Mencegah Kanker Payudara
pinterest.com

Banyak yang belum terbiasa dengan buah yang satu ini. Carica adalah buah andalan dari Dieng yang sering dijadikan oleh-oleh. Buah ini memiliki banyak manfaat. 

Salah satu produk carica yang sangat terkenal adalah salep serbaguna asal Australia yang bermerk Lucas Paw Paw. Salep ini bisa untuk ruam, kering di wajah, luka, dan bahkan jerawat. Bahan utamanya adalah buah carica.

Di Indonesia, carica terkenal sebagai produk lokal dari Dieng. Seringnya, buah ini dibuat manisan atau sirup. 

Lebih dalamnya, Popmama.com akan merangkumkan apa saja manfaat dari buah carica. 

1. Menghambat pertumbuhan sel kanker payudara

1. Menghambat pertumbuhan sel kanker payudara
Freepik/jcomp

Carica mengandung banyak vitamin dan mineral, serta zat baik bagi tubuh. Salah satunya adalah zat arginin. I-Arginin adalah asam amino yang memiliki tugas penting untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. 

Kamu bisa mengonsumsi buah carica secara langsung untuk kandungan yang lebih alami. 

Editors' Picks

2. Baik untuk kesehatan mata

2. Baik kesehatan mata
Freepik

Buah ini senang hidup di cuaca yang dingin dan bisa berbuah sepanjang tahun. Namun tahukah kamu, bahwa carica bisa membantu menjaga kesehatan mata?

Dalam 100 gr buah carica, terkandung vitamin A sebesar 152% dari persentase diet 2.000 kalori per hari. Jumlah ini bahkan lebih tinggi dari wortel yang dianggap sangat baik untuk kesehatan mata. 

Kamu bisa memasukkan carica dalam menu mingguan kamu untuk mata dan tubuh yang lebih sehat. 

3. Tinggi vitamin C

3. Tinggi vitamin C
Freepik/Gargonia

Seperti diketahui, vitamin C penting bagi tubuh, terutama untuk menjaga imun tubuh. Selain dari jeruk, kamu juga bisa mendapatkan sumber vitamin C dari carica/

Dalam 100 gr buah carica, terdapat vitamin C sebesar 80% dari kebutuhan harian. Kamu bisa mengonsumsi buah segarnya untuk menjaga kebutuhan vitamin C harian. 

Jika vitamin C harian cukup, kamu bisa menjaga imunitas tubuh dengan lebih stabil. Selain itu, vitamin C juga bisa mencegah penuaan dini dan memperbaiki jaringan sel kulit dengan lebih cepat. 

4. Membantu menjaga kesehatan pencernaan

4. Membantu menjaga kesehatan pencernaan
Freepik

Buah yang tumbuh di gunung ini juga berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Dalam buah carica, terdapat enzim papain yang berguna untuk menenangkan lambung saat bermasalah. Enzim yang terdiri dari 212 asam amino ini bisa membunuh bakteri jahat dalam usus dan menjaga keseimbangan asam lambung. 

Untuk kamu yang suka bermasalah dengan asam lambung, mungkin bisa mencoba rutin mengonsumsi buah ini. 

5. Menjaga kesehatan jantung

5. Menjaga kesehatan jantung
Freepik

Potasium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Potasium berguna dalam memecah dan memanfaatkan karbohidrat, membangun protein, membentuk otot, menjaga pertumbuhan tubuh yang normal, dan mengontrol keseimbangan asam-basa tubuh maupun aktivitas listrik di saraf dan jantung. 

Mengonsumsi potasium yang cukup bisa berguna untuk menangkal penyakit seperti jantung, penyumbatan pembuluh darah, dan stroke.

Dalam 100 gr porsi carica, terdapat potasium sebesar 182 mg. Sedangkan kebutuhan harian potasium bagi tubuh sekitar 3.500 mg. 

Kamu bisa mengonsumsi buah carica secukupnya sampai memenuhi sebagian kebutuhan potasium harian. Selain carica, ada juga pisang yang kaya akan potasium. 

Itulah 5 jenis manfaat yang bisa didapatkan dari carica atau pepaya gunung. Masukkan dalam menu buah harian dan kamu pun bisa lebih sehat dan segar. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.