5 Manfaat Minyak Esensial Peppermint untuk Kesehatan

Bisa untuk gatal-gatal dan sakit kepala, Ma

25 Juli 2021

5 Manfaat Minyak Esensial Peppermint Kesehatan
Freepik/Elenglush

Peppermint adalah salah satu minyak esensial yang sering dijadikan pereda beberapa penyakit. Sebenarnya, apa saja manfaat dari minyak ini, ya?

Jika berbicara tentang peppermint, maka yang teringat adalah aroma segar yang identik dengan pasta gigi. Memang, kebanyakan produk pasta gigi dan obat kumur mengandung mint untuk efek segar dan efek kesehatan lainnya.

Lebih jauh lagi, Popmama.com melansir dari Healthline.com, akan membahas mengenai apa saja manfaat minyak esensial peppermint yang bisa kamu dapatkan. 

1. Mengurangi sakit perut

1. Mengurangi sakit perut
Freepik

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah kumpulan gejala karena iritasi pada saluran pencernaan. beberapa gejala yang bisa timbul adalah kram perut, kembung, diare, dan sembelit. 

Minyak esensial peppermint ini, menurut PubMed, bisa meredakan gejala-gejala tersebut. Peppermint bisa membantu melemaskan otot-otot di sistem GI, memberi efek anti-inflamasi, dan mengurangi sakit perut. 

Editors' Picks

2. Mengurangi sakit kepala

2. Mengurangi sakit kepala
Freepik/Jcomp

Sebuah penelitian melihat efek orang-orang yang mengoleskan peppermint untuk mengurangi rasa sakit di kepala. Mereka mengoleskan minyaknya di dahi dan pelipis. Hasilnya, mereka merasa sakitnya lebih ringan dan tidak mual.

Sementara itu, minyak peppermint juga digunakan untuk mengurangi migrain. Hasilnya, terlihat perubahan signifikan setidaknya satu level lebih ringan setelah 2 jam penggunaan. 

3. Mengurangi gatal di kulit

3. Mengurangi gatal kulit
Freepik/wayhomestudio

Minyak peppermint juga bisa digunakan untuk mengurangi gatal. Penelitian membuktikan bahwa minyak esensial ini bisa mengurangi durasi rasa gatal dan juga mengurangi keparahannya. 

Sementara itu, menggunakan campuran minyak peppermint dengan carrier oil bisa mengurangi rasa gatal di kulit karena kehamilan. Tapi, pastikan dulu kamu menggunakannya sedikit di kulit tangan untuk mengetes apakah ada alergi atau tidak. 

4. Menyehatkan rambut

4. Menyehatkan rambut
Freepik/lookstudio

Siapa sangka kalau minyak esensial peppermint juga berguna untuk menumbuhkan serta menebalkan rambut. 

Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, sebuah penelitian Toxicological Research membuktikan bahwa peppermint bisa menumbuhkan dan menyehatkan rambut tanpa efek samping. 

5. Sebagai antibakteri

5. Sebagai antibakteri
Freepik/pinkomelet

Minyak peppermint telah dikenal lama bisa menjadi bahan untuk melawan bakteri. Kandungan antibakteri di dalamnya mampu mematikan beberapa jenis bakteri dan jamur. 

Namun tidak disarankan untuk diberikan pada luka terbuka karena ini termasuk minyak yang panas. Akan terasa seperti terbakar jika dioleskan ke luka yang terbuka. 

Itulah beberapa penelitian yang membuktikan apa saja manfaat minyak esensial peppermint untuk kesehatan tubuh. Apakah Mama sudah menggunakannya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.