Ma, Ini 6 Manfaat Tidur dalam Keadaan Gelap

Tak hanya membuat lebih nyenyak saja, bisa membantu kesuburan juga

29 November 2020

Ma, Ini 6 Manfaat Tidur dalam Keadaan Gelap
Pexels/Ivan Oboleninov

Saat tidur, ada banyak aspek yang harus diperhatikan, termasuk ruangan yang gelap. Popmama.com mengumpulkan 6 manfaat tidur dalam gelap. 

Istirahat malam yang cukup sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Jika kurang, maka bisa mempengaruhi kegiatan sehari-hari sehingga kamu kurang maksimal. 

Ternyata, tidur nyenyak tak hanya bergantung pada kasur dan bantal, namun juga banyak hal lain. Jika selama ini kamu senang tidur dengan lampu, mungkin bisa mempertimbangkan ulang. 

Karena, ada banyak manfaat jika memilih tidur dalam kegelapan. 

1. Membuat tidur lebih berkualitas

1. Membuat tidur lebih berkualitas
Freepik/freepic.diller

Otak akan terus bekerja jika ada cahaya yang masih terlihat. Saat mematikan lampu, otak mengirim sinyal pada tubuh untuk beristirahat. 

Jika dirutinkan, maka tubuh akan mudah beradaptasi dengan rasa mengantuk jika lampu kamar sudah dimatikan. Sehingga, tidur pun bisa lebih lelap dan otak lebih mudah beristirahat. 

Saat tidur dengan lampu menyala, otak tidak bisa memproduksi hormon melatonin yang berfungsi untuk mencegah serangan jantung, menjaga kesuburan perempuan, dan menjadi anti peradangan bagi tubuh. 

2. Mengurangi kemungkinan depresi

2. Mengurangi kemungkinan depresi
Freepik/drobotdean

Dilansir dari National Sleep Foundation, studi dari Ohio State University mengungkapkan bahwa tidur di ruang terang lebih berisiko mengalami depresi dibanding tidur di ruangan yang gelap. 

Hal ini disebabkan oleh kaitan erat gangguan tidur dengan risiko depresi. 

Pencahayaan yang redup saat tidur meningkatkan perubahan fisiologis yang menyebabkan depresi pada manusia. Hal ini bisa terjadi melalui ritme sirkadian yang terganggu, atau penekanan melatonin. 

Editors' Picks

3. Menjaga kesehatan kulit

3. Menjaga kesehatan kulit
Freepik/master1305

Seperti diketahui, tidur dalam keadaan lampu yang mati bisa meningkatkan kualitas tidur. Saat kamu mendapat tidur berkualitas secara terus-menerus, maka hal ini bisa meningkatkan kesehatan kulit.

Saat mengalami tidur yang tidak berkualitas, kamu akan bangun dalam keadaan lelah dan pusing. Hal ini berpengaruh juga pada kulit yang terlihat lebih kusam, pucat, dan mudah timbul kerutan. 

Jika tidur dengan berkualitas, maka kulit pun bisa lebih sehat, bercahaya, dan kencang. Ditambah lagi, radiasi dari cahaya lampu yang tetap menyala semalaman bisa berpengaruh juga pada kesehatan kulit. 

4. Mengurangi risiko obesitas

4. Mengurangi risiko obesitas
Freepik/drobotdean

Sebuah penelitian dari American Journal of Epidemiology mengungkap bahwa perempuan yang tidur dengan kondisi kamar lebih terang cenderung memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) yang lebih tinggi.

Tak hanya IMT yang tinggi, mereka yang tidur dengan lampu menyala memiliki lingkar pinggang yang lebih besar daripada mereka yang tidur tanpa lampu. 

Saat tidur dengan lampu menyala, tidur lebih mudah terganggu. Bangun saat tengah malam meningkatkan potensi makan karena lapar dan inilah salah satu penyebab kenapa bisa berisiko obesitas. 

5. Mencegah tekanan darah tinggi

5. Mencegah tekanan darah tinggi
Freepik/rawpixel.com

Sebuah jurnal Chronobiology International menunjukkan bahwa orang yang menerima banyak paparan cahaya ketika tidur memiliki tekanan darah lebih tinggi. Ini dibandingkan dengan mereka yang tidur dalam ruangan gelap. 

6. Meningkatkan kesuburan reproduksi

6. Meningkatkan kesuburan reproduksi
Freepik/yanalya

Sebuah studi yang dipimpin oleh ahli biologi dari University of Texas menyebutkan, seorang perempuan yang sedang melakukan program hamil disarankan untuk tidur dengan lampu mati. 

Ini dikarenakan saat lampu mati, produksi melatonin dan ritme sirkadian berlangsung dengan baik untuk meningkatkan kesuksesan reproduksi. 

Menurut Profesor Reiter, seorang ahli biologi, menyalakan lampu bisa menurunkan produksi melatonin dan mengganggu kesehatan. 

Itulah manfaat tidur dengan lampu mati. Selamat beristirahat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.