Bikin Nyaman, Ini 5 Manfaat Tidur Menggunakan Guling

Bisa untuk memperbaiki postur tubuh, Ma

10 Juni 2021

Bikin Nyaman, Ini 5 Manfaat Tidur Menggunakan Guling
Freepik/bearfotos

Guling adalah salah satu benda yang banyak digunakan saat tidur. Sebenarnya, apa saja, ya, manfaat tidur menggunakan guling?

Banyak orang merasa kurang lengkap tidurnya jika belum menggunakan guling. Ada juga yang malah sampai tidak bisa tidur kalau tidak memeluk guling. 

Selain untuk kenyamanan, Popmama.com akan merangkumkan apa saja manfaat menggunakan guling saat tidur. 

1. Mengurangi masalah GERD

1. Mengurangi masalah GERD
Freepik/diana.grytsku

Gastroesophageal reflux disease (GERD) sering juga dikenal dengan asam lambung. Beberapa pemicu asam lambung jadi naik adalah saat kamu tidur dengan kepala yang lebih rendah dari perut, atau miring ke kanan. 

Ini dikarenakan, di posisi-posisi tersebut, gejala GERD bisa dengan lebih mudah muncul. Maka dari itu, tidur menghadap ke kiri sambil memeluk guling bisa lebih nyaman bagi penderita GERD. 

Editors' Picks

2. Mengurangi dengkuran

2. Mengurangi dengkuran
Freepik/katemangostar

Apakah pasanganmu sering tidur mendengkur? Mungkin bisa berikan guling. 

Seseorang lebih mungkin mendengkur saat tidur telentang. Mendengkur sendiri disebabkan oleh tonsil yang jatuh ke belakang saat tubuh berada di posisi datar sehingga menutupi jalan nafas. 

Tidur menyamping sambil memeluk guling bisa membuat jalur udara di kerongkongan bebas hambatan. Efeknya, dengkuran bisa lebih diminimalisir. 

3. Menjadi bantuan alat ortopedi dasar

3. Menjadi bantuan alat ortopedi dasar
Freepik/tirachard

Bantal dan guling merupakan salah satu alat ortopedi yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan otot. Saat tidur dengan guling, posisi pun jadi lebih nyaman dan itu mampu mencegah terjadinya cedera pada tulang karena salah posisi tidur. 

Selain itu, rasa nyaman pada tubuh saat memeluk guling bisa menjadi terapi peregangan otot selama kamu beristirahat malam. 

4. Memiliki efek psikologis

4. Memiliki efek psikologis
Freepik/tirachardz

Menurut penelitian, memeluk seseorang bisa membuat beban lebih ringan. Ternyata tak hanya memeluk orang, namun memeluk guling pun memiliki efek psikologis yang baik untuk tubuh. 

Saat memeluk guling, kamu lebih rileks dan mampu membantu melepaskan rasa stres dan tekanan yang dialami seharian. Banyak juga yang menjadikan guling sebagai pelengkap tidur mereka agar lebih nyenyak dan berkualitas. 

5. Meringankan nyeri punggung

5. Meringankan nyeri punggung
Freepik/yanalya

Kamu yang sedang mengalami nyeri punggung, jangan lupa tidur menggunakan guling. Meletakkan guling di atas panggul bisa membantu mengurangi tekanan di bagian tulang panggul. 

Tak hanya itu, posisi ini juga berguna bagi mereka yang menderita skoliosis atau masalah di bagian punggung. 

Tidur menyamping dengan guling bisa membantu meluruskan tulang punggung selama tidur. Dengan begitu, postur tubuh bisa lebih baik. 

Itulah beberapa manfaat tidur menggunakan guling. Kamu tertarik menggunakannya juga?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.