Mengenal Tren Ikoy-ikoyan dan 7 Seleb yang Sudah Meramaikan!

Semua dimulai dari Arief Muhammad

2 Agustus 2021

Mengenal Tren Ikoy-ikoyan 7 Seleb Sudah Meramaikan
Freepik/tirachardz

Ada saja ide yang dicetuskan oleh para konten kreator. Kali ini dari Arief Muhammad yang membagikan hadiah para followersnya dengan minta bantuan asisten pribadinya. 

Kalau Mama bingung melihat kata "Ikoy-ikoyan" wara-wiri di media sosial, berarti kamu tidak sendiri. Tren Ikoy-ikoyan menarik perhatian warganet karena lucu dan juga berpotensi mendapatkan hadiah. 

Tak hanya Arief Muhammad, namun beberapa selebgram dan artis lain pun turut serta. Seperti apa itu tren Ikoy-ikoyan dan siapa saja yang mengikutinya? Popmama.com akan merangkumkan untuk Mama. 

Mengenal tren ikoy-ikoyan

Mengenal tren ikoy-ikoyan
Instagram.com/ariefmuhammad

Ikoy adalah salah satu karyawan Arief Muhammad di PT. Armuh Global Management. Nama lengkap dari Ikoy adalah Muhammad Rizky Fadhilah. 

Ia kerap dipanggil dan di-mention Arief Muhammad kala ingin membagikan hadiah pada para pengikutnya di Instagram. 

Untuk mendapatkan hadiah baik itu uang tunai atau produk tertentu, pengikutnya hanya perlu memberi alasan kenapa ia perlu uang atau suatu barang tersebut. 

Makin ke sini, ada yang perlu follow beberapa akun sesuai dengan ketentuannya, karena Arief memang mendapat sponsor atau kerjasama dengan rekan bisnisnya. Hal ini bisa jadi engagement tersendiri untuk akun bisnis yang terkait. 

Karena nama Ikoy sering dipanggil, para warganet pun mulai menamakan tren ini sebagai Ikoy-ikoyan.

Tren ini mendapat perhatian warga dunia maya dan banyak teman influencer dan selebgramnya pun menyebut Arief sebagai professional trendsetter. Bagaimana tidak, ada banyak selebgram dan artis yang juga ikut tren ini. 

Siapa saja, ya?

1. Fadil Jaidi titip hadiah ke Arief Muhammad

1. Fadil Jaidi titip hadiah ke Arief Muhammad
Instagram.com/fadiljaidi

Fadil Jaidi jadi salah satu vlogger yang mengikuti tren ini. Namun kendalanya ada saat ia ingin membagikan hadiah dan manager serta asistennya sedang libur. 

Dengan sigap, ia menitip hadiah uang tunai dan ponsel untuk dibagikan ke pasukan gaib (followers Fadil Jaidi) ke akun Arief Muhammad. 

Pada akhirnya, Arief memposting titipan hadiah tersebut di akunnya pada hari Minggu (1/8) kemarin. 

2. Tasya Farasya tak mau ketinggalan

2. Tasya Farasya tak mau ketinggalan
instagram.com/@tasyafarasya

Mama Tasya tak kalah cepat mengikuti tren ini. Kemarin ia mulai membagikan produk miliknya, produk makeup, dan skincare dengan cara yang mirip. 

Lalu, ada juga beberapa pengikut yang beruntung mendapat uang tunai. 

Sedang banyak dilakukan juga, re-create foto atau video dengan melakukan pose atau menggunakan pakaian yang sama lalu disatukan dengan foto yang lalu. 

Tasya pun memberikan hadiah pada para pengikut yang punya video paling menarik. 

Bedanya, ia tidak memanggil Ikoy, melainkan memanggil Gal, karena asistennya bernama Galih. 

Editors' Picks

3. Shandy Purnamasari membagikan produk MSGLOW

3. Shandy Purnamasari membagikan produk MSGLOW
instagram.com/shandypurnamasari

Pemilik brand kecantikan MSGLOW, Shandy pun tak mau ketinggalan. Ia telah diminta oleh pengikutnya perihal kapan ikutan bermain Ikoy-ikoyan. 

Ia memulai dengan menangkap layar review pengikutnya tentang produk MSGLOW. Dengan mudahnya, ia membagikan produk yang diharapkan para followersnya. 

Ada juga yang meminta uang jajan dan membeli ponsel untuk orangtuanya. Tidak memanggil Ikoy, Shandy memanggil asistennya yang bernama Dedy.

4. Nafa Urbach yang punya syarat sederhana

4. Nafa Urbach pu syarat sederhana
instagram.com/nafaurbach

Sebenarnya, Nafa Urbach tidak terlalu paham mengenai aturan permainan Ikoy-ikoyan. Namun, itu tidak menyurutkan semangatnya untuk meramaikan tren. 

Tanpa banyak syarat, ia langsung menggelar sayembara bagi-bagi uang virtual bagi beberapa pemenang beruntung. 

5. Rachel Vennya yang bagi-bagi produk miliknya

5. Rachel Ven bagi-bagi produk miliknya
instagram.com/rachelvennya

Buna Rachel ikut bermain Ikoy-ikoyan namun namanya diganti menjadi Icha-ichaan karena pemegang akun instagram bisnisnya adalah Icha. 

Ia membagikan produk makanan miliknya bersamaan dengan uang tunai pada para pengikut @lokasaji. Cukup banyak yang ikutan, iapun menambah hadiah hingga untuk 80 pemenang. 

6. Andien dengan cara berbaginya yang khas

6. Andien cara berbagi khas
instagram.com/andienaisyah

Meski awalnya tidak begitu paham, namun Andien tidak mau ketinggalan keriaan. Ia pun mengikuti tren Ikoy-ikoyan. Telah dimulai dari malam sebelumnya, barusan Andien membagikan hadiah produk milik orangtuanya, barang milikinya, serta uang tunai. 

Para pemenangnya punya keinginan yang menyentuh hati, sungguh ciri khas dari seorang Andien. 

7. Rey Mbayang yang tetap humble dalam mengikuti tren ini

7. Rey Mbayang tetap humble dalam mengikuti tren ini
instagram.com/rey_mbayang

Sepertinya hampir semua pengikut selebgram atau artis mulai meminta idolanya untuk ikutan Ikoy-ikoyan. Sampai Rey Mbayang pun bertanya mengenai apa tren tersebut. 

Seperti yang lainnya, Papa 1 anak ini pun turut serta dalam keramaian. Namun karena merasa aneh mengikuti cara permainan, ia memutuskan untuk tidak memposting siapa saja yang berhak memenangkan hadiahnya. Tapi, ia tetap memberikan hadiah namun cukup orang tersebut saja yang tahu. 

Sebenarnya, tren ini cukup positif mengingat para seleb ini membantu warganet yang memang membutuhkan. Lagipula, yang dijadikan pemenang bukanlah yang berlebihan, namun yang alasannya memang cukup realistis. 

Tertarik mengikutinya, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.