Mi Instan Hingga Apartemen Mewah, Ini 10 Imbalan Unik Vaksin Covid-19

Untuk membujuk mereka yang enggan vaksin, beragam cara pun dilakukan

23 Juni 2021

Mi Instan Hingga Apartemen Mewah, Ini 10 Imbalan Unik Vaksin Covid-19
Freepik
Ilustrasi

Salah satu cara mendapatkan herd immunity adalah dengan memberikan vaksin. Namun sayangnya, tidak semua orang setuju dengan cara ini. 

Ada yang tidak percaya vaksin, ada juga yang menganggap bahwa vaksin hanyalah hal yang tidak berguna. 

Untuk mendapat capaian vaksin yang sesuai rencana, dibuat banyak hal untuk menarik para masyarakat agar mau melakukan vaksin. Tak hanya gratis, namun juga diberikan hadiah. 

Popmama.com pun akan mengumpulkan beberapa hadiah yang jadi iming-iming masyarakat agar mau vaksin Covid-19. 

1. Hadiah PopMie dan susu di Mojosari

1. Hadiah PopMie susu Mojosari
twitter.com/@prabu_abimanyu

Kepala Divisi Investigasi Kriminal Polres Mojokerto, Prabu Abimanyu mengunggah kegiatannya di sosial media, Twitter. Polisi setempat membantu melakukan Grebek Vaksinasi di Pasar Mojosari dengan menawarkan mie gelas kemasan jika mau divaksin. 

Abimanyu dengan akun bernama @prabu_abimanyu pun mengunggah postingan terbaru mengenai gelaran vaksin di Pasar Kedungmaling. 

Ditulisnya, ada sekitar 350 orang yang mau mendaftar vaksin. Ia juga mengikuti saran warganet untuk menambah hadiah yaitu selain PopMie tapi juga susu agar warga lebih sehat. 

2. Vaksin hadiah ayam di Cianjur

2. Vaksin hadiah ayam Cianjur
Freepik
rooster

Aparat pemerintah Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat punya langkah sendiri untuk mendapat titik capaian vaksinasi yang diharapkan. Mereka memberi imbalan ayam untuk para lansia yang mau divaksin.

Sedangkan jumlahnya sebanyak 100 ayam dan berasal dari patungan para petugas sebagai bentuk dukungan dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19.  Hal ini diapresiasi oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

3. Berkesempatan dapat sapi ternak di Thailand

3. Berkesempatan dapat sapi ternak Thailand
Freepik/Tawatchai07

Bukan hanya masyarakat Indonesia yang enggan divaksin, namun di Thailand juga. Sampai-sampai, pemerintah setempat di Distrik Mae Chaem, Thailand menggelar doorprize

Untuk menarik minat, mereka memberikan sapi ternak bagi pemenang doorprize. Tentu saja, syarat mengikutinya harus mau melakukan vaksin. 

Cara ini berlangsung selama 2 minggu dan sudah sekitar 27 sapi yang diberikan sebagai hadiah. Hasil dari usaha mereka cukup memuaskan karena jumlah warga yang divaksin mencapai 50% dari populasi total di sana. 

4. Masuk undian menangkan apartemen mewah di Hong Kong

4. Masuk undian menangkan apartemen mewah Hong Kong
Freepik/wirestock

Hong Kong juga berusaha keras memenuhi capaian vaksinasi untuk para warganya. Dikutip dari Bloomberg Quint, ada hadiah apartemen mewah yang baru seluas 429 kaki persegi untuk mereka yang mau ikut vaksin.

Hadiah ini digelar oleh badan amal Sino Group, Ng Teng Fong Charitable Foundation dan Chinese Estates Holdings Ltd. Syaratnya bukan hanya mau vaksin, namun harus mendapat dosis lengkap yang berarti 2 kali vaksin. 

Nantinya, mereka bisa memasukkan nama dan berhak ikut undian apartemen mewah tersebut. 

Editors' Picks

5. Habis suntik bisa dapat ponsel di Sulawesi Selatan

5. Habis suntik bisa dapat ponsel Sulawesi Selatan
Pexels/Magnus Mueller

Dikutip dari Instagram @talakarinfo, ada cara unik Kepolisian Talakar, Sulawesi Selatan untuk menarik minat warga setempat. Mereka menggelar vaksin dengan hadiah ponsel bagi yang beruntung. 

Setiap harinya, 50 peserta pertama bisa mendapat kesempatan memenangkan undian ponsel. Nantinya, ponsel akan diundi setiap seminggu sekali. Sementara itu, pemerintah setempat menargetkan 500 vaksin setiap harinya. 

6. Vaksin hadiah mobil di Rusia

6. Vaksin hadiah mobil Rusia
insurance.com

Sebuah terobosan yang cukup heboh digelar pemerintah Moscow, Rusia. Pemerintah setempat menyediakan 1 unit mobil senilai Rp 194,3 juta sebagai hadiah undian. 

Seperti biasa, para peserta yang bisa ikut undian hanyalah mereka yang mau divaksin. Hal ini dilakukan karena capaian vaksin di sana masih tergolong rendah. 

7. Hadiah uang total Rp 1,6 triliun di California, AS

7. Hadiah uang total Rp 1,6 triliun California, AS
Freepik/kstudio

California, AS juga masih berjuang membujuk warganya agar mayoritas mau melakukan vaksin Covid-19. Gubernur Demokrat Gavin Newsom bahkan berencana menawarkan Rp 1,6 triliun untuk diberikan pada warga yang mau vaksin. 

Dengan gaya lotre, hadiah diberikan dalam besaran masing-masing Rp 21,75 miliar untuk 10 orang pemenang, Rp 775 juta untuk 30 orang pemenang, dan Rp 725 ribu untuk 2 juta orang pertama yang mau divaksin. 

8. Vaksin doorprize motor, kulkas, dan TV di Banda Aceh

8. Vaksin doorprize motor, kulkas, TV Banda Aceh
Freepik/drobotdean

Dalam rangka ulang tahun Bhayangkara, Polresta Banda Aceh menggelar doorprize untuk warga dengan KTP Banda Aceh. Bagi yang mau divaksin di Gedung Serba Guna Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya Kota Banda Aceh, maka berkesempatan mengikuti doorprize tersebut. 

Program yang dijalankan dari tanggal 16-30 juni 2021 ini memiliki hadiah seperti sepeda motor, kulkas, TV, hingga setrika. Diharapkan, doorprize ini bisa menarik minat warga setempat. 

9. Setelah vaksin dapat Rp 400 ribu di Serbia

9. Setelah vaksin dapat Rp 400 ribu Serbia
Freepik/Jcomp

Bulan Mei 2021 lalu, Serbia baru saja menggelar acara pembagian hadiah uang tunai untuk mereka yang mau vaksin. Presiden Serbia Alexander Vucic mengatakan akan membayar setiap warga negaranya yang mau vaksin Covid-19 sebelum akhir Mei 2021. 

Besaran hadiah uangnya adalah 3.000 Dinar atau setara dengan Rp 400 ribu. 

10. Hadiah truk hingga tiket liburan jika vaksin di Virginia Barat, AS

10. Hadiah truk hingga tiket liburan jika vaksin Virginia Barat, AS
Freepik/Travnikovstudio

Tingkat vaksinasi Covid-19 di Virginia Barat, AS yang masih rendah membuat pemerintah setempat harus memutar otak. Warga pedesaan di Pegunungan Appalachian, AS bisa mengikuti undian dari tanggal 20 Juni hingga 4 Agustus 2021 jika mau divaksin. 

Hadiahnya pun tak tanggung-tanggung, yaitu 2 truk pikap, 5 lisensi memancing dan berburu seumur hidup, 10 senapan untuk berburu, dan 25 tiket akhir pekan untuk menginap di taman alam negara bagian. 

Tak hanya itu saja, ada juga hadiah uang sebesar USD 1 juta untuk mereka yang beruntung. Sedangkan untuk peserta vaksin dengan rentang umur 12 sampai 25 tahun, bisa berkesempatan mendapat 2 beasiswa 4 tahun penuh di universitas negeri. 

Itu dia beberapa iming-iming hadiah bagi para warga agar capaian vaksin masuk target. Kalau Mama, sudah mendapat vaksin atau belum, nih?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.