Penting! 8 Minuman yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Diminum pada saat pagi hari, ya!

15 Agustus 2020

Penting 8 Minuman Ampuh Menurunkan Berat Badan
Freepik

Dibutuhkan banyak cara untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal. Selain olahraga dan makan sehat, Popmama.com punya tips lain menurunkan berat badan yaitu dengan 9 minuman ini. 

Pilihan minuman selama program penurunan berat badan tak kalah penting menentukan hasilnya. Jika sudah rutin makan bergizi dan berolahraga rutin tapi masih sering minum yang manis, maka berat badan akan sulit turun. 

Agar usaha kamu tidak sia-sia, berikut ada 8 minuman yang bisa membantu menurunkan berat badan. 

1. Jus sayur yang tinggi serat penting untuk pencernaan

1. Jus sayur tinggi serat penting pencernaan
Freepik/master1305

Ingat, tidak sembarang jus bisa membantu menurunkan berat badan. Kalau selama ini kamu bingung kenapa berat badan sulit turun padahal sudah rutin minum jus, lebih baik cek kembali komposisi jusnya. 

Jika ingin mengonsumsi jus, pastikan untuk membuat jus sayur. Tak lupa, hindari menambahkan gula atau yoghurt dengan tambahan pemanis. 

Kamu bisa memilih sayur yang mengandung gula seperti tomat atau wortel. Tambahkan sayur hijau seperti pakcoy, kale, dan sejenisnya. 

Jus sayur membantu memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin yang meningkatkan energi dan elektrolit yang hilang saat berolahraga. Selain itu, jus sayur juga menyegarkan, membantu melancarkan pencernaan, dan mengurangi nafsu makan. 

2. Air lemon dengan chia seeds untuk asupan tinggi protein

2. Air lemon chia seeds asupan tinggi protein
Freepik

Kamu hanya butuh air perasan jeruk lemon sebanyak setengah gelas, setengah sendok teh chia seeds, dan sedikit madu. Minumlah saat pagi hari dan kamu sudah mendapat segelas penuh manfaat. 

Minuman ini tinggi protein dan membantu membuat perut merasa kenyang. Selain itu, kandungan minuman ini juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

3. Teh hijau untuk mengurangi kalori di tubuh

3. Teh hijau mengurangi kalori tubuh
Freepik

Daripada mengonsumsi teh manis, lebih baik ganti dengan teh hijau. Menurut Healthline, teh hijau mengandung kandungan bioaktif yang terdiri dari kafein dan nutrisi yang membantu menurunkan kalori di tubuh. 

Kamu bisa mengonsumsi teh hijau di pagi hari sebelum melakukan rutinitas olahraga pagi. 

Editors' Picks

4. Teh jahe untuk melawan obesitas

4. Teh jahe melawan obesitas
drweil.com

Jahe tak hanya baik untuk menjaga daya tahan tubuh saja, tapi juga untuk membantu mempercepat penurunan berat badan. 

Kandungan anti-inflamasi dan antioksidannya mampu melawan obesitas dan penyakit hati kronis. 

Kamu bisa mengonsumsi teh jahe 2 kali sehari untuk program penurunan badan yang maksimal. Kamu juga bisa menambahkan teh dengan air lemon atau cuka apel untuk variasi rasa. 

5. Infused water untuk minum harian

5. Infused water minum harian
Freepik/User9858360

Kamu bisa membuat variasi minuman harian dengan infused water. Jika ingin menurunkan berat badan, maka isi dari infused waternya adalah potongan lemon, daun mint, dan mentimun. 

Isian ini tidak mengandung gula dan sangat sedikit kalorinya, sangat cocok untuk program penurunan berat badan. 

6. Air madu dan kayu manis untuk mengurangi rasa lapar

6. Air madu kayu manis mengurangi rasa lapar
draxe.com

Satu lagi jenis minuman yang bisa dicoba saat sedang program penurunan berat badan adalah air madu dan kayu manis. Siapkan air hangat, tambahkan bubuk kayu manis dan madu. 

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang mampu menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, dan melancarkan pencernaan. Jika dicampur dengan air hangat dan madu, maka jadilah minuman yang ampuh untuk menurunkan berat badan. 

Selain itu, minuman ini membantu mengurangi rasa lapar dan keinginan mengonsumsi makanan secara berlebihan. 

7. Teh hitam untuk meluruhkan lemak di perut

7. Teh hitam meluruhkan lemak perut
Freepik

Menurut penelitian, teh hitam mampu mengurangi lemak di perut dan membantu penurunan berat badan. 

Kafein yang terdapat di dalam teh hitam mampu menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan kafein di teh hitam memiliki flavonoid yang unik untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. 

8. Cuka apel dan air hangat untuk meningkatkan metabolisme

8. Cuka apel air hangat meningkatkan metabolisme
arynews.tv

Terakhir, ada minuman cuka apel yang dicampur air hangat untuk membersihkan lemak di tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh. 

Mengonsumsi minuman yang mengandung cuka apel mampu membantu menjaga tubuh agar tetap makan sehat. Selain itu, minuman ini juga mampu meningkatkan energi untuk aktif di setiap harinya. 

Itulah 8 jenis minuman yang mampu membantu menurunkan berat badan. Usahakan untuk meminumnya secara rutin dan bervariasi, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.