7 Penyebab dan Cara Mengatasi Cantengan

Bisa karena salah menggunakan sepatu nih Ma

16 Januari 2022

7 Penyebab Cara Mengatasi Cantengan
Freepik

Cantengan adalah salah satu keluhan yang terlihat tidak berbahaya namun sangat mengganggu. dewasa. Ingrown toenail atau cantengan bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak kecil hingga orang

Ini adalah kondisi di mana kuku tumbuh ke dalam jaringan kulit dan menimbulkan infeksi. 

Agar bisa menghindarinya, kamu perlu tahu apa saja penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya.  Untuk menghindarinya, Popmama.com punya 7 penyebabnya dan cara mengatasinya. 

1. Memotong kuku terlalu pendek

1. Memotong kuku terlalu pendek
momlovesbest.com

Kuku yang terlalu panjang memang mengganggu keseharian, namun yang terlalu pendek pun bisa berbahaya. Kuku yang terlalu pendek berpotensi tertutup oleh ujung kutikula dan bisa jadi penyebab cantengan. 

Apalagi jika kukunya dipotong dengan bentuk yang asal sehingga menusuk kulit, sangat mungkin menimbulkan cantengan. 

Jadi, perhatikan saat memotong kuku dan usahakan untuk tidak mengguntingnya terlalu pendek. 

2. Menggunakan sepatu yang menekan jari

2. Menggunakan sepatu menekan jari
Freepik

Untuk masalah cantengan di kaki, penyebab lainnya adalah kesalahan menggunakan sepatu. Hindari menggunakan sepatu yang terlalu sempit, termasuk kaus kaki yang terlalu ketat. 

Jika kaki berada dalam tekanan dalam waktu yang lama, bukan tidak mungkin menimbulkan infeksi dan kuku jadi cantengan. 

Mama yang senang memakai sepatu berujung runcing harus benar-benar memerhatikan kesehatan kuku kaki. Ini dikarenakan sepatu yang menekan jari kaki bisa menimbulkan cantengan. 

Editors' Picks

3. Pertumbuhan kuku yang tidak normal

3. Pertumbuhan kuku tidak normal
Pixabay/cnick / 1 image

Beberapa orang bisa memiliki pertumbuhan kuku yang sedikit berbeda. Tidak lurus, namun ada yang melengkung ke luar maupun ke dalam. 

Jika melengkung seperti itu, tidak bisa sembarangan memotong kuku karena bisa menimbulkan cantengan. Memotong kuku terlalu pendek membuat pertumbuhan kuku mengarah ke daging jari kaki dan itulah yang jadi pemicu cantengan. 

Perhatikan lagi seperti apa pertumbuhan kuku kaki kamu agar tidak mengalami cantengan. 

4. Kondisi kaki yang tidak bersih

4. Kondisi kaki tidak bersih
Pixabay/Pexels

Selain karena pertumbuhan kuku, cantengan bisa juga disebabkan oleh kotoran dan bakteri. Jika bertelanjang kaki, usahakan langsung membersihkan kaki setelahnya. 

Jika ada debu, pasir, dan kotoran yang terselip di kuku, bisa jadi pemicu timbulnya cantengan. Selain itu, kondisi kaki yang terlalu lembab, kurang bersih, atau mengalami keringat berlebih bisa jadi penyebab lainnya. 

5. Mengalami cedera pada kaki

5. Mengalami cedera kaki
medicalnewstoday.com

Cedera pada kaki tak hanya bisa menimbulkan luka namun juga infeksi, atau cantengan. Terlebih jika cederanya di area jari, atau terkena area kuku. 

Beberapa cedera yang sering berakhir dengan cantengan adalah tersandung, terbentur, atau tertimpa barang berat. Itulah pentingnya menjaga kuku kaki agar tidak terlalu panjang. Sehingga saat terjadi cedera, keadaannya tidak parah. 

6. Kuku kaki berjamur

6. Kuku kaki berjamur
Webmd

Salah satu masalah yang biasa dialami di kaki adalah kuku yang berjamur. Ini disebabkan oleh kurang terjaganya area kuku kaki. 

Sehingga, kuku kaki lebih tebal dari ukuran normal. Efeknya, pertumbuhan kuku mengganggu area daging dan menimbulkan cantengan. 

7. Cara mengatasi cantengan

7. Cara mengatasi cantengan
Freepik/kay4yk

Saat mengalami cantengan, kamu bisa merendam area yang cantengan di dalam air hangat selama 15-20 menit dan lakukan sebanyak 3 kali sehari. 

Lalu, bisa juga mencampurkan 60 ml cuka apel ke dalam baskom sedang berisi air hangat. Rendamlah area yang terkena cantengan selama 20 menit dan keringkan. 

Selain itu, kamu bisa mengoleskan krim antibiotik pada area cantengan jika dirasa sudah menuju infeksi. lakukan sebanyak 3 kali sehari dan pastikan untuk selalu membalutnya dengan perban yang bersih. 

Itulah beberapa penyebab yang bisa dihindari agar tidak mengalami cantengan. Lebih baik menghindar daripada mengobati karena rasanya sungguh tidak nyaman. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk