7 Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya

Membiarkan baju basah berkeringat dan jarang mengganti seprai

22 November 2020

7 Penyebab Jerawat Punggung Cara Mengatasinya
Pexels/NEOSiAM 2020

Selain di wajah, jerawat bisa muncul di tempat yang tak terduga. Salah satunya adalah di punggung. Popmama.com akan menjabarkan penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Jerawat adalah peradangan yang terjadi pada kulit. Keadaan ini dialami setidaknya 80% orang di dunia. Banyak penyebab yang jadi pemicunya. 

Agar kulit punggung lebih sehat, yuk cari tahu penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. 

1. Menggunakan perawatan rambut yang tidak cocok

1. Menggunakan perawatan rambut tidak cocok
Freepik/Torwaiphoto

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), minyak alami pada tubuh dan zat dalam produk perawatan rambut bisa menyumbat pori. Akhirnya, itu bisa jadi pemicu munculnya jerawat. 

Saat membilas kondisioner saat mandi, airnya akan mengalir ke punggung dan membuat zat dalam produk tersebut menyumbat pori kulit punggung. 

Kalau ingin menggunakan produk rambut, pastikan untuk membersihkan tubuh setelah menggunakannya. Atau, kamu bisa menggunakan produk yang tidak menyumbat pori, bebas minyak, atau berlabel non-comedogenic.

2. Membiarkan keringat terlalu lama

2. Membiarkan keringat terlalu lama
Freepik/Wavebreakmedia-micro

Keringat bukanlah pemicu utama kamu berjerawat di tubuh. Karena, keringat bisa mengeluarkan racun dan bakteri penyebab jerawat dari kulit. 

Namun yang salah adalah membiarkan keringat terlalu lama menempel di tubuh. Semakin lama keringat menempel, maka akan semakin banyak debu dan bakteri yang tercampur. 

Kondisi seperti ini menyumbat pori dan menyebabkan penumpukan minyak yang akhirnya menimbulkan jerawat. 

Setelah berkeringat, kamu bisa segera mandi dan membersihkannya. Jika tak ada kesempatan untuk mandi, kamu bisa menyekanya dengan handuk bersih sampai kering dan segera mengganti pakaian, termasuk bra. 

Editors' Picks

3. Menggunakan pakaian yang berpotensi menimbulkan jerawat

3. Menggunakan pakaian berpotensi menimbulkan jerawat
Freepik/svetlanasokolova

Sports bra sering menjadi pilihan terbaik untuk berolahraga. Sayangnya, bra yang terlalu ketat bisa membuat iritasi pada folikel rambut. Akibatnya, timbul benjolan merah di punggung. 

Selain itu, menurut Tami Cassis M.D., asisten profesor klinis dermatologi di Universitas Louisville, AS, menggunakan sports bra di luar waktu olahraga sangat tidak dianjurkan. 

Kebiasaan ini bisa membuat kulit lebih mudah teriritasi dan timbulnya masalah jerawat di punggung. 

4. Mengalami ketidakseimbangan hormon

4. Mengalami ketidakseimbangan hormon
Freepik/jcomp

Banyak keadaan yang bisa membuat seseorang mengalami keseimbangan hormon. Beberapa di antaranya adalah stres, pengobatan tertentu, atau hamil serta PMS.

Menurut sebuah studi, pelajar yang mengalami stres kemungkinan besar mengalami jerawat saat ujian. Selain itu, kadar estrogen yang menurun bisa juga memicu timbulnya jerawat. 

5. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat

5. Mengonsumsi makanan tidak sehat
Freepik

Makanan yang tidak sehat berpengaruh pada tubuh, termasuk timbulnya jerawat di punggung. 

Menurut AAD, banyak bukti yang menyebutkan bahwa munculnya jerawat berpengaruh pada pola makan yang salah. Makanan yang tinggi karbohidrat dan mengandung indeks glikemik tinggi bisa memiliki efek buruk pada orang yang rentan berjerawat. 

Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi adalah roti putih, keripik, dan kentang putih. 

Penelitian dalam Archives of Dermatological Research tahun 2003 menyebutkan bahwa peningkatan gula darah secara cepat dapat menyebabkan munculnya jerawat. 

Selain itu, konsumsi produk susu, khususnya susu skim, bisa memperparah kondisi jerawat di punggung. 

6. Jarang mengganti seprai kasur

6. Jarang mengganti seprai kasur
Pixabay/StockSnap

Menurut dr. Davin Greuner dari NYC Surgical Associates, AS, seprai kasur bisa menjadi tempat tinggal bakteri, serta jadi tempat kotoran dan minyak untuk menempel. Inilah kenapa pentingnya menjaga kebersihan seprai. 

Saat tidur, kebanyakan kamu akan merebahkan punggungmu menempel di kasur. Seprai yang kotor juga bisa mendatangkan masalah kulit seperti eksim, infeksi, dan alergi. 

Jadi, jangan lupa untuk rutin mengganti seprai tempat tidurmu, ya!

7. Cara mencegah jerawat punggung secara alami

7. Cara mencegah jerawat punggung secara alami
wikimedia.org

Kamu bisa rutin membersihkan diri setelah beraktivitas dan berkeringat. Selain itu, bawa beberapa baju dan pakaian dalam untuk berganti jika ternyata kegiatanmu banyak mengeluarkan keringat. 

Untuk sehari-hari, gunakan pakaian yang sejuk dan menyerap keringat. Hindari pakaian dari bahan sintetis seperti poliester karena tidak bisa menyerap keringat dengan baik. 

Menjaga kesehatan dan kebersihan rambut juga tak kalah penting. Jika rambutmu cukup panjang sampai menyentuh punggung, maka bisa menempelkan kotoran dan minyak pada rambut. Akhirnya menyumbat pori kulit punggung dan muncullah jerawat di sana. 

Kamu bisa mengoleskan minyak tea tree pada jerawat di punggung yang sedang meradang. Lakukan saat kulit dalam keadaan bersih, ya!

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan, semoga berguna!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.