5 Penyebab Lalat Sering Datang ke Rumah

Tempat sampah di dalam rumah jadi salah satu penyebabnya

23 Desember 2020

5 Penyebab Lalat Sering Datang ke Rumah
Pixabay/stevepb

Kamu sering bingung kenapa lalat senang sekali masuk rumah padahal sedang tidak masak apa-apa. Nah, Popmama.com akan menjabarkan penyebabnya. 

Selain nyamuk, lalat memang menjadi salah satu serangga yang paling sering hadir di rumah. Suaranya yang berisik benar-benar mengganggu. Belum lagi lalat menyebarkan bakteri jahat dan menempel di makanan. Duh!

Mungkin jarang disadari, namun ada beberapa penyebab kenapa lalat sering datang ke rumah. Apa saja, ya?

1. Menaruh tempat sampah di rumah

1. Menaruh tempat sampah rumah
Pexels/Juan Pablo Arenas

Seperti diketahui, lalat adalah serangga yang sedang hinggap di tempat kotor. Ia senang bau menyengat apalagi yang tidak sedap. 

Sehingga kalau ada tempat sampah di dalam rumah bisa jadi pemicu datangnya lalat. Apalagi jika sampahnya terbuka dan baunya menguar ke mana-mana, pasti lalat senang mondar-mandir. 

Kalau kamu memang ada tempat sampah di dalam rumah, usahakan untuk menutupnya dengan rapat. Sehingga, baunya tidak ke luar dan menjadi pemancing datangnya lalat. 

Juga, hindari menumpuk sampah terlalu lama karena bisa jadi sumber bakteri dan baunya makin tidak sedap. 

Editors' Picks

2. Memasak makanan yang baunya menyengat

2. Memasak makanan bau menyengat
Pixabay/daniellegiberti

Lalat senang dengan makanan yang baunya menyengat. Beberapa di antaranya adalah ikan, cumi, udang, dan daging-dagingan. 

Jika memang kamu sedang memasak makanan di atas, pastikan untuk menutupnya dengan baik sebelum memasukkannya ke dalam panci atau penggorengan. 

Meski sudah dicuci bersih, lalat akan tetap senang hinggap di sana. Agar tidak jadi sumber penyakit, perhatikan penyimpanan bahan-bahan tersebut. 

3. Tidak membersihkan tempat cuci piring

3. Tidak membersihkan tempat cuci piring
Pixabay/chefkeem

Sayangnya, tempat cuci piring sering dianggap sudah bersih jika tak ada piring di dalamnya. Padahal, bau bekas dari makanan yang dicuci di situ bisa jadi pemicu datangnya lalat. 

Seperti saat mencuci daging dan ikan, air yang terciprat masih bau amis dan inilah kenapa lalat senang di tempat cuci piring meski sudah kosong dan terlihat bersih. 

Mama bisa rutin membersihkan tempat cuci piring dan membuang sampah di saringan tempat cuci piring. 

4. Menaruh sisa makanan di meja

4. Menaruh sisa makanan meja
Freepik/Rawpixel.com

Tahukah Mama? Lalat punya selera makan yang mirip dengan manusia. Sehingga, makanan apapun yang dibiarkan terbuka akan dihinggapi lalat. 

Lalat betina membutuhkan protein untuk memproduksi telurnya, sehingga ia akan dengan senang hati hinggap di makanan manusia. 

Oleh karena itu, masukkan sisa makanan yang belum dimakan ke tudung saji. Atau, masukkan ke dalam wadah tertutup agar lebih aman dari semut dan lalat. 

5. Ada kotoran hewan di rumah

5. Ada kotoran hewan rumah
Pixabay/GAIMARD

Saat memelihara hewan, tentu ada kotorannya. Memang, jika kotorannya ada di pasir, maka tidak akan mengeluarkan bau menyengat. 

Namun akan beda halnya jika hewan buang air besar di halaman atau teras rumah. Jika tidak dibersihkan segera, maka bisa mengundang lalat masuk ke rumah. 

Karena lalat senang dengan bau menyengat, termasuk bau kotoran hewan. Jadi, jangan malas untuk segera membersihkannya, ya!

Nah, setelah mengetahui apa saja penyebabnya, yuk bersih-bersih agar lalat tidak betah ada di rumah. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.