5 Penyebab Mama Merasa Lapar Berlebihan saat Puasa

Bisa jadi karena malas bergerak lho, Ma

18 April 2021

5 Penyebab Mama Merasa Lapar Berlebihan saat Puasa
Freepik/wayhomestudio

Sudah sewajarnya jika kamu merasa lapar saat berpuasa. Tidak makan dan minum seharian pasti ada kalanya membuat perut terasa lapar. 

Namun bagaimana jika rasa laparnya berlebihan dan juga sering? Mungkin ada penyebab yang harus kamu hindari. 

Popmama.comhimpun 5 penyebab kenapa kamu merasa lapar berlebihan saat puasa.

1. Kurang tidur bisa bikin kamu jadi merasa lapar

1. Kurang tidur bisa bikin kamu jadi merasa lapar
Freepik/karlyukav

Saat puasa, ada perubahan jadwal tidur yang harus kamu sesuaikan. Jika tidak bisa, maka otomatis kamu akan kurang tidur dan inilah yang jadi penyebab kamu kerap merasa lapar saat sedang puasa. 

Hormon ghrelin yang merupakan hormon penambah nafsu makan akan meningkat jika kamu kurang tidur. Selain itu, saat kurang tidur, tubuh juga jadi kekurangan hormon leptin yang berguna mengatur metabolisme tubuh. 

Jika kerap merasa lapar padahal sudah sahur cukup, mungkin kamu bisa perbaiki jam tidurmu. 

Editors' Picks

2. Mengonsumsi banyak buah atau smoothies saat sahur

2. Mengonsumsi banyak buah atau smoothies saat sahur
Freepik/Sutteerug

Kamu yang sering makan buah dan smoothies saat sahur, mungkin bisa menghindarinya mulai sekarang. Pasalnya, buah bisa memicu kamu merasa lebih mudah lapar. 

Kandungan gula dalam buah yaitu fruktosa tidak bisa mengendalikan insulin dalam tubuh yang membuat kenyang. Kebalikannya, fruktosa ini malah membuat kamu lebih cepat lapar. 

Untuk kamu yang ingin memenuhi kebutuhan serat dan vitamin, bisa mengonsumsi buah saat buka puasa. Atau, mengganti buah dengan sayur di saat sahur. 

3. Terlalu banyak karbohidrat

3. Terlalu banyak karbohidrat
Pixabay/SpencerWing

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat saat sahur juga bisa membuat kamu lebih mudah lapar. Karbohidrat terlalu banyak bisa memicu keinginan makan yang manis. 

Efeknya, kamu akan lebih mudah lapar saat siang dan membayangkan makanan yang lezat di sepanjang siang. Alhasil, kamu akan kalap saat buka puasa nanti. 

Meski tidak separah fruktosa, namun glukosa yang ada dalam karbohidrat juga bisa menyebabkan lonjakan insulin pada tubuh. Inilah yang membuat kamu mudah lapar meski masih pagi. 

4. Makan buru-buru saat sahur

4. Makan buru-buru saat sahur
Freepik/yanalya

Jika kamu sering terburu-buru makan saat sahur karena sudah dekat waktu imsak, biasanya akan cepat merasa lapar ketika puasa. 

Ini disebabkan karena tubuh tidak bisa memproses dengan sempurna makanan yang masuk jika dikonsumsi secara terlalu cepat. 

Hormon leptin yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh, reproduksi tubuh dan mengontrol berat badan juga tidak bisa bekerja dengan baik jika kamu mengunyah dengan tidak benar. 

Jadi, hindari bangun terlalu dekat dengan waktu imsak, ya!

5. Terlalu malas bergerak

5. Terlalu malas bergerak
Freepik/drobotdean

Mungkin kamu merasa lemas saat puasa, hal ini adalah sesuatu yang wajar. Namun jika dibiarkan begitu terus, maka kamu akan lebih sering merasa lapar. 

Saat kamu diam saja tidak ada kegiatan, maka otak akan fokus memikirkan hal lain. Jika perut sudah keroncongan, maka otak akan fokus memikirkan makanan karena rasa lapar tersebut. 

Oleh karena itu, baiknya lakukan beberapa kegiatan ringan agar tetap aktif dan banyak yang bisa dilakukan selain bermalas-malasan saja. 

Itu dia beberapa penyebab kamu merasa lapar berlebihan saat puasa. Sebaiknya hindari hal-hal di atas, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.