5 Penyebab Mama Sering Buang Air Kecil di Tengah Malam 

Bisa karena minum kopi sebelum tidur, lho

1 Oktober 2020

5 Penyebab Mama Sering Buang Air Kecil Tengah Malam 
kidsimplified.com

Pada dasarnya, tubuh memiliki alarm tersendiri. Saat tidur, tubuh cenderung menahan segala keinginan buang air. Namun ada kalanya seseorang kerap terbangun untuk buang air kecil di tengah malam.

Saat minum cukup banyak sebelum tidur, tentu Mama tidak akan heran jika tengah malam terbangun karena ingin buang air kecil. 

Namun bagaimana jika sudah tidak minum, namun masih tetap terbangun karena tidak tahan ingin buang air kecil?

Disusun Popmama.com, inilah ada beberapa alasan kenapa Mama terus terbangun karena ingin pipis. 

1. Mama sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu

1. Mama sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu
freepik/serg60

Beberapa obat memiliki efek samping yang membuatmu lebih sering ke kamar mandi. Hal ini disampaikan oleh ahli urin di Indiana University Health, Marcelino Rivera.

Menurutnya, obat darah tinggi dan obat penenang adalah salah satu pemicu yang membuat kamu lebih sering pergi ke kamar mandi. 

Editors' Picks

2. Mama minum yang mengandung kafein sebelum tidur

2. Mama minum mengandung kafein sebelum tidur
Freepik

Selain membuat terjaga lebih lama, ternyata mengonsumsi minuman dengan kafein bisa membuat tubuh memproduksi urin lebih banyak. Alhasil, kamu lebih cepat merasa ingin buang air kecil. 

Minuman berkafein tak hanya kopi, Ma. Teh dan minuman berkarbonasi dan minuman penambah tenaga juga mengandung kafein. 

3. Mama mengalami gangguan tidur

3. Mama mengalami gangguan tidur
shutterstock
Ilustrasi tidur.

Jika merasa sering terbangun karena ingin buang air kecil saat malam, bisa jadi kamu mengalami obstructive sleep apnea (OSA). Ganggan ini membuat kamu bisa berhenti bernapas saat tidur. 

Faktanya, 84% pasien yang menderita OSA mengalami beberapa kali sesi ke toilet saat malam. Selain itu, tanda seseorang mengalami OSA adalah bangun dalam keadaan tenggorokan kering, lelah, mendengkur keras, dan sakit kepala di pagi hari. 

Siapa saja bisa terkena penyakit ini. Cara pengobatannya bisa melalui operasi atau pengobatan dari tenggorokan. 

4. Mama sedang punya keluhan kaki bengkak

4. Mama sedang pu keluhan kaki bengkak
Freepik

Jika kamu sedang memiliki keluhan kaki bengkak, bisa jadi itu berkontribusi untuk membuatmu lebih cepat buang air kecil. Saat rebahan, cairan yang ada di kaki bisa masuk ke aliran darah dan disuling oleh ginjal dan berubah jadi urin. 

Salah satu cara menghindari buang air kecil di tengah malam saat kaki bengkak adalah dengan menaikkan kaki sekitar 1 jam sebelum tidur. 

Dengan begitu, cairan di kaki bisa terdistribusi dengan lebih cepat dan kamu bisa menghindari sesi ke toilet di tengah malam. 

5. Mama sedang mengalami ISK

5. Mama sedang mengalami ISK
Freepik

Infeksi saluran kencing adalah salah satu masalah yang sering dialami para perempuan. Kebersihan area intim yang kurang terjaga merupakan salah satu penyebab utama. 

Salah satu gejalanya adalah kerap merasa ingin buang air kecil. Saat buang air kecil, rasanya seperti terbakar dan urin yang keluar hanyalah sedikit. 

Segera konsultasikan ke dokter jika keadaan tidak membaik setelah lebih dari 3 hari. 

Jika ini hanya terjadi sekali atau dua kali saja, itu bukanlah masalah besar. Namun jika sampai jadi kebiasaan, sebaiknya cari penyebab utamanya apa dan minta pertolongan profesional. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.