Jangan Dibiarkan, Ini 5 Penyebab Tubuh Menggigil Tiba-Tiba

Seringnya dianggap awal sebuah penyakit

4 Maret 2021

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Penyebab Tubuh Menggigil Tiba-Tiba
Freepik/karlyukav

Tubuh kerap mengirimkan sinyal saat terjadi sesuatu.

Ketika tubuh terasa menggigil, biasanya itu terjadi karena kontraksi otot yang tiba-tiba. Lalu, kenapa bisa terjadi kontraksi otot?

Popmama.com ulas beberapa penyebabnya:

1. Reaksi infeksi

1. Reaksi infeksi
Freepik/master1305

Tubuh selalu bereaksi saat mendapati hal asing masuk ke dalam tubuh. Termasuk saat mengalami infeksi, maka salah satu reaksinya adalah menggigil tiba-tiba. 

Ketika menggigil disebabkan karena reaksi infeksi, biasanya dibarengi dengan demam. Adapun beberapa infeksi yang bisa terjadi antara lain:

  • Malaria
  • Infeksi saluran kemih
  • Meningitis
  • Sepsis
  • Flu
  • Radang tenggorokan
  • Sinusitis
  • Pneumonia

Jika menggigil disertai demam dan beberapa gejala lainnya, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat pertolongan segera. 

Editors' Picks

2. Melakukan aktivitas ekstrem

2. Melakukan aktivitas ekstrem
Freepik/panumasyanuthai

Saat melakukan sesuatu yang di luar kebiasaan, tubuh juga bisa memberikan sinyal tersendiri. Saat melakukan aktivitas fisik yang ekstrem, tubuh bisa menggigil tiba-tiba. 

Seperti contoh, saat melakukan lari marathon atau olahraga ekstrem lainnya, suhu tubuh inti bisa berubah drastis. Kamu bisa saja menggigil saat cuaca panas, lho. 

Selain menggigil, gejala lain yang menyertai adalah merinding, kram otot, pusing, mual dan muntah. Ini merupakan salah satu efek dari dehidrasi karena efek dari olahraga. 

Jadi, jika ingin melakukan kegiatan yang dirasa ekstrem, pastikan untuk tetap terhidrasi, menghindari cuaca yang terlalu dingin atau panas, dan juga memiliki batasan waktu aman untuk melakukannya. 

3. Gangguan kelenjar tiroid

3. Gangguan kelenjar tiroid
Freepik/cookie_studio

Kelenjar tiroid yang kurang aktif bisa menyebabkan tubuh kekurangan hormon untuk mengatur metabolisme dalam tubuh. Kondisi ini dinamakan hipotiroidisme dan bisa meningkatkan kepekaan terhadap udara dingin. 

Efeknya adalah kamu lebih mudah merasa dingin atau tiba-tiba menggigil. Selain itu, efek lainnya adalah wajah terasa bengkak, berat badan naik tanpa sebab jelas, kulit terasa kering, otot dan badan terasa kaku, dan mood selalu merasa sedih serta depresi. 

Jika kamu merasa seperti itu, segera lakukan tes darah untuk mengecek kondisi tubuh. Keadaan ini masih bisa diobati namun harus segera ditangani agar tidak makin parah. 

4. Kondisi gula darah sedang rendah

4. Kondisi gula darah sedang rendah
Freepik/jcomp

Hipoglikemia adalah kondisi di mana kadar gula darah di tubuh sedang rendah. Keadaan ini bisa dialami oleh siapa saja, baik yang tidak diabetes atau penderita diabetes. 

Saat gula darah dalam tubuh cukup rendah, maka kamu bisa merasa menggigil kedinginan.

Kemudian gejala lainnya adalah badan yang terasa gontai, lemah, berkeringat berlebihan, bingung, dan penglihatan terasa kabur. 

Jika mengalami hal ini, kamu harus segera melakukan perawatan kadar gula dara agar tidak berlarut-larut, Untuk tindakan tercepat, kamu bisa mengonsumsi teh manis hangat. Namun tetap konsultasikan ke dokter agar penanganannya tepat. 

5. Efek samping obat tertentu

5. Efek samping obat tertentu
Pixabay/Pexels

Jika mau jeli, setiap obat memiliki efek sampingnya sendiri. Jika kamu tidak cocok dengan obat tersebut, bisa saja mengalami efek samping, salah satunya adalah menggigil tiba-tiba. 

Keadaan ini bisa terjadi karena tubuh tidak cocok dengan bahan yang ada di dalam obat tersebut. Kemudian bisa juga karena tidak membaca penggunaan dosis dengan tepat. 

Kalau kamu merasa menggigil tiba-tiba setelah mengonsumsi obat tertentu, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan segera. 

Itulah beberapa penyebab kenapa tubuh bisa menggigil tiba-tiba. Jangan disepelekan, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.