Perhatikan ya Ma, Ini 5 Makanan Pemicu Sakit Kepala

Mungkin rasanya enak, namun efek setelahnya tidak, Ma

25 Januari 2021

Perhatikan ya Ma, Ini 5 Makanan Pemicu Sakit Kepala
Freepik

Makanan bisa membuat tubuh lebih bertenaga dan segar. Namun beberapa di antaranya memiliki efek samping, salah satunya sakit kepala. 

Beberapa kandungan di dalam makanan memiliki efek yang bisa membuat kepala sakit. Terlebih jika kamu punya keluhan migrain, maka harus lebih berhati-hati lagi. 

Agar tidak sakit kepala atau migrain tiba-tiba, Popmama.com merangkumkan makanan apa saja yang bisa jadi pemicunya. 

1. MSG bisa membuat pusing

1. MSG bisa membuat pusing
Freepik/Tontoey2531

Monosodium glutamate atau MSG adalah penguat rasa buatan yang ditemukan di banyak jenis makanan kemasan. Jika kamu tidak terbiasa mengonsumsi MSG, maka bisa sakit kepala. 

Terlebih jika kamu mengonsumsi cukup banyak MSG dalam satu hari, biasanya keluhan sakit kepala akan langsung muncul. Meski belum ada penelitian klinis mengenai keluhan ini, namun banyak yang memang merasakannya. 

Jika sudah begitu, kamu bisa memperbanyak minum air putih dan beristirahat sampai rasa sakit kepala mereda. 

Editors' Picks

2. Minum alkohol memiliki efek samping sakit kepala

2. Minum alkohol memiliki efek samping sakit kepala
Freepik

Saat meminumnya, mungkin belum terasa jelas. Namun setelah efeknya hilang, maka akan datang keluhan yang sangat tidak nyaman. 

Alkohol bisa menyebabkan pembuluh darah melebar. Jika terjadi pada pembuluh darah otak, maka efeknya adalah sakit kepala. 

Jika meminumnya secara berlebihan, kamu bisa merasa sakit kepala hebat sampai sulit bangun. Segera cari obat pereda sakit untuk mengurangi efeknya. 

3. Makanan yang mengandung tiramin

3. Makanan mengandung tiramin
Freepik/pch.vector

Tiramin adalah asam amino tirosin, salah satu zat alami yang bisa memicu sakit kepala dan migrain. Tiramin bekerja dengan melepaskan berbagai hormon stres ke dalam darah. 

Jika dilepaskan dalam situasi yang ideal, hormon seperti dopamin, norepinefrin, dan epinefrin dapat menjadi tambahan energi. Namun jika terlalu banyak malah bisa membuat stres fisik dan psikis. 

Nah, salah satu stres fisiknya adalah migrain atau sakit kepala. Lalu, makanan apa saja yang mengandung tiramin? Kebanyakan makanan yang sudah disimpan atau difermentasi dengan waktu yang cukup lama. 

Beberapa contoh makanannya adalah keju, ikan teri, ikan asin, daging asap, buah yang terlalu matang, acar, dan asinan. 

4. Makanan dengan zat tambahan

4. Makanan zat tambahan
Freepik

Selain MSG, zat tambahan lain seperti pewarna makanan dan nitrat juga bisa memicu sakit kepala. Ini dikarenakan, zat tersebut meningkatkan aliran darah ke kepala. 

Sehingga, efek yang dihasilkan adalah sakit kepala. Namun, ini tidak terjadi pada semua orang, hanya sebagian orang saja terutama mereka yang sensitif. 

Jika kamu mendapati sensitif terhadap zat tambahan di makanan, hindari mengonsumsi makanan kemasan terlalu sering agar tidak sakit kepala atau migrain. 

5. Es krim dan minuman dingin membuat sakit kepala mendadak 

5. Es krim minuman dingin membuat sakit kepala mendadak 
Freepik/pvproductions

Apakah kamu sering tiba-tiba sakit kepala saat mengonsumsi minuman atau makanan terlalu dingin? Hal ini biasa terjadi pada mereka yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap sensasi dingin. 

Perasaan ini adalah reaksi tubuh terhadap rasa dingin. Biasanya, sakit kepala tiba-tiba ini hanya berlangsung sebentar saja, tidak lebih dari semenit. 

Namun ada juga yang merasakannya lebih lama dari semenit. 

Jika sudah mengetahui begitu, hindari memaksa minum atau makan sesuatu yang terlalu dingin karena menimbulkan efek tidak nyaman pada tubuh. 

Itu dia beberapa jenis makanan yang bisa memicu sakit kepala. Pastikan tidak terlalu sering mengonsumsinya, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.