Sebaiknya Tak Ada di Kamar, 5 Benda yang Mengganggu Tidur

Benda-benda ini bisa mempengaruhi kualitas tidur malam

21 Oktober 2020

Sebaik Tak Ada Kamar, 5 Benda Mengganggu Tidur
Freepik/drobotdean

Tidak semua orang bisa tidur dengan mudah. Untuk meningkatkan kualitas, sebaiknya hindari menempatkan 5 benda ini di kamar tidur. 

Kurang tidur tak hanya membuat ngantuk, tapi juga mempengaruhi kegiatan sehari-hari. Menurut Kent Smith, Presiden dari American Sleep and Breathing Academy, kurang tidur yang berkepanjangan bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke. 

Selain kebiasaan sebelum tidur yang bisa dilakukan, ada juga benda-benda yang sebaiknya tidak ada di dalam kamar. 

Popmama.com melansir dari Huffington Post untuk 5 benda yang sebaiknya tidak ada di dalam kamar, menurut para ahli. 

1. Elektronik yang memiliki cahaya

1. Elektronik memiliki cahaya
Pexels/Mateusz Dach

Menurut Mariana Szklo-Coxe, profesor di School of Community and Environmental Health at Old Dominion University di Virginia, AS, menempatkan ponsel jauh dari kasur tidaklah cukup. 

Sebaiknya, kamar tidur bebas dari gadget dan barang yang mengeluarkan cahaya. Beberapa di antaranya seperti komputer, laptop, dan elektronik sejenis. 

Jika masih menyala atau dalam keadaan sleep, beberapa tombolnya masih mengeluarkan cahaya. Baik itu berkedip atau menyala stagnan, keduanya bisa mempengaruhi jam biologis untuk menentukan kapan waktu istirahat kapan harus bangun tidur. 

Editors' Picks

2. TV di kamar karena bisa mengurangi waktu tidur

2. TV kamar karena bisa mengurangi waktu tidur
Pexels/Lisa Fotios

Menempatkan TV di kamar bukanlah ide yang bagus. Saat belum mengantuk, kebanyakan orang akan memilih untuk menyalakan TV. 

Sedangkan jika menemukan acara atau film yang menarik, malah bisa membuatnya terjaga lebih lama, meski sebenarnya sudah mengantuk. 

Sujay Kansagra, seorang ahli tidur mengatakan bahwa saat nonton TV, otak memproduksi kimia yang membuat kamu tetap bangun. Jadi, alih-alih membuat ngantuk, yang ada malah makin tidak bisa tidur. 

3. Lampu malam 

3. Lampu malam 
Pixabay/visor69

Setelah lampu utama mati, banyak yang memilih untuk menyalakan lampu malam yang biasanya ada di samping tempat tidur. 

Ternyata, benda ini juga sama tidak baiknya dengan gadget yang ada di kamar. Semua jenis cahaya, terlebih yang mengeluarkan cahaya biru, bisa mengganggu jam biologis seseorang. 

4. Jam alarm yang bunyinya sangat mengganggu

4. Jam alarm bunyi sangat mengganggu
Freepik

Menurut Christopher Lindholst, CEO dari MetroNaps, jam dengan alarm yang aktif bisa sangat membahayakan tidur. 

Alarm dengan suara yang berisik dan mengganggu bisa mengagetkan tubuh yang sedang beristirahat penuh. Tak heran banyak yang bangun dalam keadaan deg-degan saat menggunakan jam alarm ini. 

Alih-alih selalu menggunakan alarm, lebih baik perbaiki siklus tidur. Saat memiliki waktu tidur yang cukup, kamu akan lebih mudah bangun secara alami, dibanding menggunakan alarm. 

5. Makanan karena bisa mengganggu pencernaan 

5. Makanan karena bisa mengganggu pencernaan 
Freepik/Freepic.diller

Biasakan untuk berkegiatan di tempat yang seharusnya. Jika kamar tidur digunakan untuk beristirahat, maka hindari makan di dalam ruangan tersebut. 

Saat sering makan di kasur, maka banyak remahan yang bisa jatuh ke seprai dan mengganggu tidurmu. Tak hanya gatal, tapi juga bisa mengundang semut dan jenis serangga lainnya. 

Hindari makan sebelum tidur karena bisa mengganggu pencernaan.

Sudah tahu kan benda apa saja yang sebaiknya tidak ada di dalam kamar tidur? Yuk segera singkirkan, demi meningkatkan kualitas tidur. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.