Suka Kena #RacuninTikTok? Cek 5 Fakta Tentang Belanja di Aplikasi Ini

Ada banyak voucher belanja di sini, Ma

6 Mei 2021

Suka Kena RacuninTikTok Cek 5 Fakta Tentang Belanja Aplikasi Ini
Freepik/user9736801

Di rumah saja selama pandemi berhasil mengubah seseorang, termasuk cara mereka belanja. Nah ternyata, banyak juga yang belanja karena melihat TikTok.

Salah satu media sosial yang sedang naik daun saat ini adalah TikTok. Tak sekadar berjoget, ada banyak hal menarik yang bisa didapat dari scrolling di sana. 

Nyatanya, banyak juga dari penggunanya yang mencari rekomendasi barang dari sana. 

Seperti apa tren belanja di TikTok? Popmama.com akan jabarkan untuk kamu. 

1. Mudah melakukan riset sebelum membeli

1. Mudah melakukan riset sebelum membeli
Freepik/model_it3d

TikTok tak hanya digunakan oleh anak remaja. Faktanya, banyak orang dewasa yang juga memiliki akun dan aktif di dalamnya. Hal ini disampaikan oleh Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia dalam acara konferensi pers virtual, Rabu (5/5).

"Pengguna TikTok di Indonesia mengaku 3 dari 4 memiliki pekerjaan, 3 dari 5 sudah menikah, dan n3 dari 5 adalah orangtua," ujar Sitaresti. 

Tak heran, karena memang banyak yang melakukan riset ke TikTok sebelum membeli sebuah barang. Selain sekadar scrolling, banyak juga yang mencari review dari penggunaan barang. 

Selain itu, melalui tagar yang sedang tren, seseorang bisa melihat review dari para kreator lainnya dan bisa menimbang sendiri apakah barang tersebut akan cocok dengannya. 

Editors' Picks

2. Menemukan inspirasi dari video yang menarik

2. Menemukan inspirasi dari video menarik
TikTok/fortnite

Selama pandemi, penggunaan TikTok mengalami kenaikan dibanding sosial media lainnya. Semuanya tergantung dari experience yang dirasakan pengguna. 

"Dalam tiktok, video ada di layar penuh dan suara bisa dengan volume penuh. Ini bisa jadi experience yang berbeda dan berpengaruh dibanding sosial media lainnya," lanjut Sitaresti. 

Tak sampai di situ, para pengguna TikTok juga cenderung memiliki video yang orisinil dan inspiratif. Inilah yang bisa dijadikan media bagi para brand untuk melakukan soft selling.

Pada akhirnya, pengguna bisa secara tak sadar merasa membutuhkan sesuatu kala melihat video yang terputar di sana. 

3. Mengetahui apa yang sedang tren

3. Mengetahui apa sedang tren
Pexels/olly

Semua video yang sedang ramai ditonton pada hari itu terangkum dalam For You Page. Hampir semua penggunanya akan ditawarkan untuk melihat FYP. 

Kamu pun akan secara tidak langsung melihat video-video FYP saat bermain di dalamnya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apa yang sedang tren saat ini. 

Kenapa makin banyak orang yang memilih platform ini? Sesederhana karena, banyak konten inspiratif dan menyenangkan yang bisa ditemukan di sini. 

"Kenapa banyak orang yang memilih TikTok karena kontennya ringan, relate dengan keseharian, dan inspiratif," lanjut Sitaresti. 

Hal inilah yang bisa jadi wadah bagi para pelaku usaha untuk menyelipkan brand mereka.

Sadarkah, kamu kadang merasa butuh sesuatu saat menonton beberapa video? Malah kadang, kamu seperti diingatkan bahwa ada beberapa barang yang memang sudah harus dibeli. 

4. Mendapat review yang jujur

4. Mendapat review jujur
Freepik/cookie_studio

Saat belanja langsung, kamu perlu membandingkan satu barang dengan mendatangi toko-toko. Berbeda dengan belanja online, kamu perlu mencari review yang jujur dari para penggunanya. 

Hal ini biasanya dilakukan dengan scrolling tagar di sosial media, mencari review di blog atau komunitas tertentu, dan lainnya. 

"Di TikTok, pengguna bisa mendapatkan banyak review jujur dari pengguna barang," lanjut Sitaresti. 

Tidak semuanya di endorse, karena banyak juga dari pengguna yang memang membeli sendiri barang tersebut dan berusaha memberikan insight melalui review jujur mereka. 

Inilah yang memudahkan para pengguna untuk mencari tahu seperti apa barang yang benar-benar dibutuhkan, dan brand mana yang akhirnya akan menjadi pilihan untuk dibeli. 

5. Banyak promo dan voucher diskon

5. Banyak promo voucher diskon
Freepik/Tuiphotoengineer

Siapa yang tak senang jika mendapat promo dan potongan harga? Hal ini bisa banyak kamu temukan di TikTok. 

Para brand membuat iklan dan memberikan promo serta voucher untuk barang-barang mereka. Inilah yang sering diburu para pengguna TikTok. 

Setidaknya, 68% dari pengguna TikTok suka menggunakan voucher yang diberikan oleh para brand yang membuat iklan di platform tersebut. 

Tak heran jika banyak orang yang mencari voucher dan promo di TikTok sebelum membeli sebuah barang. 

Nah, itulah kira-kira fakta mengenai belanja di TikTok. Apakah Mama salah satu pengguna yang sering berujung belanja?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.