Sering Menunda Pekerjaan? 7 Trik dari TikTok Ini bisa Dicoba

Kamu bisa mulai dengan mengatasi bad mood

24 Juni 2021

Sering Menunda Pekerjaan 7 Trik dari TikTok Ini bisa Dicoba
Freepik/wirestock

Meski banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan, entah kenapa rasanya malas sekali untuk memulai. Untuk kamu yang sering menunda pekerjaan, ini tips dan trik yang bisa dilakukan. 

Dilansir dari New York Times, seorang profesor psikologi dari Universitas Sheffield, dr Fuschia Sirois mengatakan bahwa seseorang kerap menunda pekerjaan karena suasana hati yang buruk. 

Jadi, jika mengaitkan menunda pekerjaan dengan kemalasan, mungkin bisa dipikirkan ulang. 

Lebih lanjut, dr Tim Pychyl, profesor psikologi dan anggota dari Procrastination Research Group di Carleton University, Ottawa, mengatakan bahwa menunda pekerjaan merupakan masalah dengan regulasi emosi, bukan regulasi manajemen waktu. 

Nah, setelah mengetahui itu semua, mari bersama melawan menunda-nunda segala hal. Popmama.com mengumpulkan beberapa tips dari TikTok yang dianggap ampuh. 

1. Lawan stres

1. Lawan stres
Freepik/wayhomestudio

Seperti diketahui, menunda pekerjaan adalah salah satu cara melindungi diri dari perasaan stres. Dari akun @mindsetzone di TikTok, menunda pekerjaan karena stres bisa menenangkan untuk sementara namun jika dijadikan kebiasaan, maka akan berefek buruk. 

Untuk itu, kamu bisa melawan stres tersebut. Salah satu cara termudah adalah mengumpulkan niat, menghitung sampai 5 dan mulailah bekerja dan lakukan setiap kali merasa malas memulai sesuatu. 

2. Ketahui penyebab kamu menunda

2. Ketahui penyebab kamu menunda
Freepik/wayhomestudio

Beberapa alasan menunda pekerjaan adalah karena terlalu membosankan, terlalu sulit, atau terlalu stres. Nah, akun TikTok bernama @drjuliesmith yang juga seorang psikolog, mengatakan bahwa penting sekali untuk mengetahui penyebab kamu menunda. 

Dengan begitu, kamu bisa mengatasinya dengan tepat. Bukan sekadar malas, namun tahu apa penyebab utamanya. Jika terlalu sulit, maka bisa memulai dengan yang paling mudah dahulu. 

Intinya, kapan kamu memulainya itu yang jadi kunci. 

Editors' Picks

3. Persiapkan segalanya

3. Persiapkan segalanya
Freepik/lookstudio

Beberapa orang merasa bisa mendapatkan hasil yang terbaik saat mengerjakannya secara last minute. Sehingga, itu yang membuat mereka senang menunda pekerjaan. 

Namun jika sering menunda pekerjaan, maka kamu akan terus-terusan stres jika ada yang kurang dan tidak lengkap. Maka dari itu, akun @the.productivity.coach pun berbagi tips untuk kelompok ini. 

Ia mengatakan untuk mempersiapkan segalanya yang berhubungan dengan hal yang tengah kamu tunda tersebut. Sehingga, saat mengerjakannya di akhir waktu, kamu sudah memiliki semuanya dan tidak kerepotan lagi. 

4. Buat daftar dengan selingan hal ringan

4. Buat daftar selingan hal ringan
Freepik

Akun bernama @teresaammons memberikan trik menarik. Jika kamu lelah melihat daftar hal yang harus dikerjakan karena begitu banyak dan terasa berat, maka ubahlah daftar tersebut. 

Setelah satu pekerjaan berat, masukkan dua pekerjaan ringan. Beberapa di antara seperti makan camilan, dan bernafas. Dengan begitu, kamu bisa merasa telah melakukan banyak hal dan pikiran pun bisa disetting lebih mudah. 

5. Pecah pekerjaan menjadi beberapa bagian

5. Pecah pekerjaan menjadi beberapa bagian
Shutterstock/Syda Productions

Salah satu penyebab utama seseorang menunda sesuatu adalah karena sulit dan panjangnya pekerjaan yang harus dilakukan. Seorang coach yang ahli dengan mindset, @withcoachgrace mengungkapkan cara mudah menyelesaikan hal yang sering kamu tunda. 

Kamu bisa membagi tugas menjadi beberapa bagian kecil. Selesaikan tugas selama 10 menit dan istirahat atau lakukan hal lain selama setengah jam ke depan. Setelah itu, kembali ke tugas tersebut selama 10 menit lagi. 

Tanpa disadari, tugas tersebut bisa selesai, lho!

6. Buat suasana baru

6. Buat suasana baru
Freepik/wirestock

Masih dari akun @the.productivity.coach, ia membagikan tips lain agar kamu bersemangat memulai sesuatu. Beberapa caranya adalah ubah tempat bekerja, berjalan santai sebelum memulai kegiatan tersebut, atau coba mendengarkan lagu yang berbeda. 

Hm, menarik, ya!

7.  Berikan penghargaan pada diri sendiri

7.  Berikan penghargaan diri sendiri
Freepik/lookstudio

Untuk memotivasi, akun bernama @toriskingdom menyarankan untuk memberikan sedikit penghargaan pada diri sendiri. Kamu bisa melakukan hal yang disuka setelah berhasil menyelesaikan pekerjaan yang ditunda-tunda. 

Bahkan kalau tugasnya memang berat, banyak, dan sulit, boleh kok membelikan sesuatu yang memang sudah kamu idamkan dari kemarin. 

Cara ini bisa memberi pecutan lebih untuk segera menyelesaikan tugas yang sudah harus mulai dikerjakan dari kemarin. 

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melawan rasa malas untuk menunda pekerjaan. Semoga berhasil, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.