Sudah Coba? Ini 5 Manfaat Tidur Tanpa Bantal

Bisa mencegah jerawat, Ma

29 Mei 2021

Sudah Coba Ini 5 Manfaat Tidur Tanpa Bantal
Freepik/jcomp

Jika selama ini kamu terbiasa tidur dengan bantal dan mulai timbul keluhan, mungkin saatnya mencoba tanpa bantal. Bagi sebagian orang, tidur tanpa bantal memiliki banyak manfaat, lho. 

Adalah hal umum jika seseorang tidur dengan bantal. Ada yang suka bantalnya tebal, ada juga yang tipis. Namun, ada juga yang hanya senang menyelipkan guling sebagai alas kepalanya. 

Nah, bagaimana dengan tidur tanpa bantal? Popmama.com akan menjabarkan apa saja manfaat yang bisa didapat jika tidur tanpa bantal. 

Penasaran?

1. Memperbaiki postur tubuh

1. Memperbaiki postur tubuh
Freepik

Ketika tidur dengan menggunakan bantal, maka akan ada tekanan pada punggung bagian bawah dan mendorong kepala terlalu jauh ke belakang. Dengan begitu, tulang belakang jadi melengkung. 

Saat tidak menggunakan bantal, maka tulang punggung bisa lebih lurus dan postur tubuh pun bisa terjaga. Kamu juga bisa meredakan sakit punggung dan sakit leher saat memilih tidur tanpa bantal. 

Editors' Picks

2. Mencegah keriput

2. Mencegah keriput
Freepik/jcomp

Menurut penelitian, bantal bisa memberikan tekanan ke kulit saat sedang tidur. Apalagi jika kamu adalah tipe yang tidur pulas dan jarang bergerak, maka kemungkinan wajah menempel dengan sarung bantal pun semakin besar. 

Hal ini bisa menjadi pemicu kerutan dan tanda penuaan pada wajah. Maka dari itu, kamu bisa mencoba tidur tanpa bantal untuk memberi kesempatan wajah tidak terkena bahan. 

Namun harus diingat, usahakan untuk tidur telentang dan jangan miring, ya!

3. Tidur yang lebih berkualitas

3. Tidur lebih berkualitas
Freepik/tirachardz

Banyak penelitian medis yang telah membuktikan bahwa tidur tanpa bantal bisa membuat seseorang lebih nyenyak. Mereka yang biasa terbangun tengah malam karena posisi kepala dan bantal yang kurang nyaman pun bisa berkurang. 

Hasilnya, istirahat malam lebih rileks dan tanpa beban, kamu pun bisa mendapat tidur yang lebih berkualitas. Esok paginya bisa bangun dengan perasaan lebih segar dan penuh energi. 

4. Mengurangi keluhan sakit kepala

4. Mengurangi keluhan sakit kepala
Freepik/tirachardz

Jika kamu mengalami sakit kepala dan butuh beristirahat, usahakan tidak menggunakan bantal. Karena bantal bisa memberikan tekanan berlebihan pada kepala dan membuat sakit lebih terasa. 

Lupakan bantal sejenak dan berbaringlah langsung ke kasur dan perlahan pun sakit kepala bisa mereda dan kamu bisa beristirahat dengan lebih nyaman. 

5. Tips mulai tidur tanpa bantal

5. Tips mulai tidur tanpa bantal
Freepik

Untuk kamu yang belum terbiasa, mungkin bisa mengurangi ketebalan bantal perlahan.

Jika tidak biasa tanpa bantal, maka gantilah dengan yang lebih rendah, dan turunkan kerendahannya di keesokan harinya. 

Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan jenis dan kualitas kasur yang digunakan.

Jika memiliki tingkat rata yang konsisten, maka akan sangat baik tidur tanpa bantal. Namun jika ternyata kasurnya terlalu empuk, malah bisa membuat tidak nyaman. 

Setelah mengetahui beberapa manfaat tidur tanpa bantal, apakah kamu tertarik mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.