Hati-hati, Ya! Ini 5 Tanda Kamu Kecanduan Ponsel 

Salah satunya, selalu memotret makanan sebelum dimakan

30 April 2020

Hati-hati, Ya Ini 5 Tanda Kamu Kecanduan Ponsel 
Pexels/photoMIX Ltd.

Ponsel pintar memang seperti segalanya. Selain untuk berkomunikasi, ponsel juga bisa mengatur jadwal, melihat informasi, bahkan membantu pekerjaan. 

Hal-hal seperti itu membuat kamu merasa selalu membutuhkan ponsel, di manapun kapan pun. Bahkan, bisa merasa begitu resah jika ponsel ketinggalan di rumah saat sedang pergi. 

Adalah Nomofobia, ketakutan tidak memiliki akses ponsel yang dikarenakan lupa membawanya, tak ada sinyal, hingga baterai habis. 

Nomofobia sering terjadi di kawasan Asia dan semakin hari semakin tinggi penderitanya. Apakah kamu salah satu penderitanya?

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tanda kamu mengalami kecanduan ponsel yang telah disusun Popmama.com.

1. Selalu mengutamakan ponsel

1. Selalu mengutamakan ponsel
Freepik

Hal ini sering terjadi di setiap saat. Sadarkah saat bekerja, pasti ada saja alasan untuk menengok ponsel. Meski tidak ada notifikasi dan sedang butuh sesuatu dari ponsel, rasanya seperti perlu menengok ponsel. 

Begitu juga saat sedang mengobrol dengan teman, bermain dengan anak, atau bahkan saat berkendara. Seringnya selalu mencari ponsel dan memainkannya tanpa ada alasan yang jelas. 

Jika sudah mengalami hal seperti ini, sebaiknya mulai buat waktu untuk melepas diri sebentar dari ponsel. Biasakan tidak memegang ponsel saat makan, bekerja, atau berkendara. 

Hindari juga memainkan ponsel saat sedang berbincang dengan orang lain. 

Editors' Picks

2. Selalu aktif di dunia maya

2. Selalu aktif dunia maya
Freepik

Hal lain yang tak disadari adalah kamu selalu aktif di dunia maya. Senang posting di sosial media dan hampir selalu membalas semua komentar yang masuk. 

Hal lain yang bisa jadi pertanda adalah, banyaknya jumlah stories di Instagram kamu. Apakah kamu selalu mengunggah kegiatan di sosmed, seperti memotret makanan? Jika iya, ini salah satu pertandanya.

Ini juga berlaku untuk pembicaraan di aplikasi chat seperti Line atau Whatsapp. Kamu selalu ada waktu untuk membalas semua chat yang baru masuk. 

Jika ternyata kamu mengalami hal yang seperti ini, lebih baik beri jeda untuk menjauh dari ponsel. Juga, pertimbangkan lagi, mana yang penting dan tidak penting untuk dibagikan atau dibalas. 

3. Mendapat protes dari keluarga

3. Mendapat protes dari keluarga
Freepik/jcomp

Tanda kamu kecanduan ponsel adalah seringnya memegang HP dan sulit diajak berkomunikasi langsung. Sering tidak dengar saat dipanggil juga jadi salah satu tandanya. 

Tak heran jika anggota keluarga akan protes. Perhatikan lagi, apakah pasangan, anak, atau orangtua suka protes saat kamu memainkan ponsel?

Apakah meski sudah diprotes, kamu tetap berkelit bahwa ini adalah karena pekerjaan?

Jika iya, lebih baik segera letakkan ponsel dan perbanyak komunikasi langsung dengan mereka. Pekerjaan pun ada waktunya, tidak harus setiap waktu.

4. Selalu takut saat kehabisan daya baterai

4. Selalu takut saat kehabisan daya baterai
Freepik/Escapejaja

Kamu selalu sadar berapa banyak daya baterai di ponsel. Jika sudah tinggal sedikit, pasti langsung mengisinya. 

Seringnya, diisi dengan menggunakan powerbank atau mengisi sambil tetap sering mengeceknya. 

Hal ini jadi pertanda lain bahwa kamu tengah kecanduan ponsel. Ini dikarenakan, kamu akan jadi gusar jika menunggu atau melakukan sesuatu sementara tengah kehabisan baterai ponsel.

5. Tak bisa tidur jauh dari ponsel

5. Tak bisa tidur jauh dari ponsel
abcnews.go.com

Ponsel sudah seperti barang berharga. Namun bukan berarti harus merusak kehidupan sehari-hari. 

Lihat kembali, apakah ponsel kamu selalu berada di samping bantal tidur?

Jika iya, berarti ini tanda kamu kecanduan ponsel. Kenapa? Ponsel yang berada di samping bantal menandakan kamu memainkannya sampai benar-benar mengantuk. Kemudian, langsung mencarinya saat bangun tidur. 

Tak sedikit dari orang yang tergantung dengan ponsel akan panik saat tidak menemukan ponsel saat mereka bangun tidur. 

Mulailah untuk disiplin menempatkan ponsel di tempat yang tepat. 

Itulah beberapa tanda kamu mengalami kecanduan ponsel. Jika ada yang kamu alami, segera ubah kebiasaan untuk kehidupan yang lebih sehat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.