7 Tanda Mama Punya Beban Kerja Terlalu Berat

Perhatikan lagi, apa yang bisa dikurangi

29 September 2020

7 Tanda Mama Pu Beban Kerja Terlalu Berat
freepik.com

Sebagai Mama pekerja, banyak urusan yang harus diselesaikan antara pekerjaan dan rumah tangga. Selama WFH, beban kerja malah bisa lebih berat. 

Mulai dari membagi waktu untuk membereskan rumah, menyiapkan anak Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sampai urusan kantor. Semua harus bisa dilakukan oleh Mama. 

Hal ini memang tidak mudah. Seringnya, banyak Mama yang memiliki beban kerja teralu berat namun tidak menyadarinya. 

Disusun Popmama.com, inilah tandanya jika Mama punya beban kerja terlalu berat. 

1. Mama mudah terusik dengan hal kecil

1. Mama mudah terusik hal kecil
Freepik/drobotdean

Beberapa hal sebenarnya terlihat sepele namun Mama merasa itu mengganggu. Mulai dari tingkah si Kecil yang sebenarnya wajar, sampai kebiasaan orang rumah yang sebenarnya tidak masalah. 

Jika banyak hal kecil yang membuat terganggu dan jadi mudah marah, berarti ada yang salah dengan Mama. Lihat lagi, apakah banyak pekerjaan dan masalah yang menekan Mama sehingga mudah marah. 

2. Merasa sulit beristirahat

2. Merasa sulit beristirahat
sewakantorcbd.com

Saat merasa semua hal sudah diselesaikan, harusnya Mama bisa mudah langsung beristirahat. Sayangnya, Mama sering merasa selalu ada yang harus diselesaikan. 

Alhasil, waktunya istirahat malah dihabiskan dengan berkegiatan yang tidak produktif. Bukannya selesai, malah makin banyak pekerjaan yang terbengkalai. 

Menurut Investopedia, saat kamu merasa kesulitan beristirahat, bisa jadi itu tanda pekerjaanmu menyita waktu terlalu banyak sehingga tubuh sulit merasa rileks. 

Editors' Picks

3. Jadwal menstruasi tidak teratur

3. Jadwal menstruasi tidak teratur
Pexels/Andrea Piacquadio

Jika yang biasanya setiap bulan datang selalu teratur, kini jadwal mens Mama jadi tidak teratur. Bahkan, menurut Bustle, bisa saja kamu tidak mens selama 1 bulan penuh. 

Jika tidak hamil, berarti kamu sedang memiliki beban kerja yang terlalu berat sampai-sampai mengganggu hormon. 

Sebelum makin parah, istirahatlah sebentar dan pilah pilih mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Hindari menyelesaikan semua secara bersamaan karena hanya membuat makin stres. 

4. Rambut jadi lebih mudah rontok

4. Rambut jadi lebih mudah rontok
Freepik/Sakoodter1

Kadang, rambut rontok disebabkan karena hormon atau pengaruh umur. Namun ternyata, rambut rontok bisa jadi pertanda Mama terlalu sibuk bekerja dan merasa terbebani dengan pekerjaan tersebut. 

Saat tubuh dikuras tenaga dan pikirannya maka ia akan mengirimkan sinyal, salah satunya dengan kerontokan rambut. Jika sudah begini, usahakan mengambil istirahat sebentar. 

Ingat, kesehatan adalah yang terpenting!

5. Berat badan naik turun

5. Berat badan naik turun
Freepik/rawpixel.com

Menurut Psych2Go.net, berat badan yang sering naik turun meski tidak melakukan diet adalah pertanda kamu merasa khawatir dan terlalu banyak bekerja. 

Saat sibuk bekerja, kamu mungkin saja melewatkan waktu makan. Di sisi lain, saat bekerja lembur di malam hari, lapar sering melanda dan berujung mengunyah camilan sepanjang malam. 

Usahakan untuk konsisten mengonsumsi makanan sehat dan air putih cukup untuk kesehatan tubuh. 

6. Daftar pekerjaan seakan tak ada habisnya

6. Daftar pekerjaan seakan tak ada habisnya
Freepik/Racool_studio

Salah satu cara terbaik menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu adalah dengan membuat to-do list. Sayangnya, kamu sering merasa daftar itu seperti tidak ada habisnya. 

Menurut Investopedia, tanda kamu memiliki beban kerja yang terlalu berat adalah saat to-do list tidak sanggup kamu selesaikan. Ini adalah masalah serius yang harus kamu cari solusinya agar kesehatan tubuh dan mental bisa terjaga. 

7. Sulit sekali untuk fokus

7. Sulit sekali fokus
Freepik/pch.vector

Tanda terakhir adalah jika kamu selalu merasa sulit untuk fokus pada sesuatu. Jika sedang mengerjakan sesuatu, maka kamu akan teringat pada hal lain yang belum dikerjakan dan begitu seterusnya. 

Menurut Careermetis.com, ini bisa jadi tanda bahwa kamu sedang stres dengan pekerjaan yang terlalu banyak. Isi kepalamu terlalu penuh dan merasa dikejar-kejar dengan pekerjaan yang harus diselesaikan. 

Menjadi seorang ibu bekerja bukanlah pekerjaan mudah. Mama bisa mencari formula terbaik untuk menggabungkan antara pekerjaan dan mengurus anak. Yang pasti, ketahui tanda jika memiliki beban kerja terlalu berat, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.