8 Tips Tidur Nyenyak dari TikTok, Mau Coba?

Mulai dari minum teh, sampai menggunakan teknik pernapasan

25 Januari 2021

8 Tips Tidur Nyenyak dari TikTok, Mau Coba
Freepik/teksomolika

Meski seharian sudah sibuk, banyak Mama yang tetap merasa kesulitan tidur di malam hari. Popmama.com mengumpulkan tips tidur dari pada pengguna TikTok. 

Banyak alasan kenapa seseorang bisa kesulitan tidur atau tidak bisa mendapat tidur yang berkualitas. Mulai dari kecemasan berlebih, atau tempat tidur yang tidak nyaman. 

Para pengguna TikTok saling berbagi tips mengenai cara mereka bisa mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari. 

Dilansir dari Bustle, inilah 8 tipsnya. 

1. Ciptakan ruangan yang sejuk

1. Ciptakan ruangan sejuk
Freepik/pressfoto

Trik pertama diberikan oleh pengguna TikTok bernama @investedab. Ia mengatakan bahwa salah satu cara membuat kamu lebih cepat tidur adalah membuat ruangan lebih sejuk. 

Kamu bisa mengecilkan AC ruangan dan menggunakan selimut untuk mendapat tidur nyenyak dengan segera. Ruangan yang sejuk membuat tubuh mengingat bahwa itu adalah temperatur dinginnya malam sehingga sudah waktunya untuk tidur. 

2. Minum teh chamomile

2. Minum teh chamomile
Freepik/tetenio

Bunga chamomile yang dikeringkan dan dijadikan teh sudah sering digunakan untuk membantu orang yang kesulitan tidur. Kandungan di dalamnya membantu tubuh lebih tenang dan rileks sehingga memudahkan untuk memejamkan mata. 

Sebuah akun bernama @dyanchristina di TikTok mengatakan, membiasakan minum teh 1 jam atau 1,5 jam sebelum tidur bisa memberi sinyal pada tubuh untuk beristirahat dan tidur lebih teratur. 

3. Mencoba teknik pernapasan 4-7-8 

3. Mencoba teknik pernapasan 4-7-8 
Freepik/Yanalya

Akun @investedab kembali membagikan tips untuk bisa tidur cepat. Kali ini adalah mengatur nafas dengan konsep 4-7-8. 

Caranya, pertama, tarik nafas selama 4 detik, kemudian tahan nafas selama 7 detik dan buang nafas selama 8 detik. 

Cara ini bisa menenangkan sistem tubuh dan mengurangi perasaan tegang serta panik berlebih. Lebih baik lagi, cara ini bisa membuat kamu tidur lebih nyenyak. 

Editors' Picks

4. Mengonsumsi pisang sebelum tidur

4. Mengonsumsi pisang sebelum tidur
Freepik

Untuk kamu yang sering merasa kesulitan tidur di malam hari, bisa coba makan pisang sebelum tidur. Buah ini mengandung magnesium dan potasium yang mampu membantu pikiran lebih tenang dan otot lebih rileks. 

Akun @saintmichaels mengatakan, mengonsumsi pisang saat sedang mengalami insomnia mampu membuat kamu lebih mudah tertidur. 

5. Menaruh kaki di tembok

5. Menaruh kaki tembok
Freepik

Terlalu malas bangun dari kasur namun tetap tidak bisa tidur? Nah, dekatkan kaki dengan tembok. 

Angkat kaki ke tembok dan tempelkan bokong ke tembok. Sementara itu, luruskan kedua kaki ke atas. Bernafaslah dengan teratur dan tahan posisi ini setidaknya selama 1 menit, demikian yang disarankan oleh akun @dinkritsethi . 

Kemudian cobalah kembali ke balik selimut dan siap-siap segera tertidur. 

6. Tak bisa tidur karena rasa cemas, cobalah nonton film favorit

6. Tak bisa tidur karena rasa cemas, cobalah nonton film favorit
Freepik/freepic.diller

Banyak alasan kenapa seseorang tidak bisa tidur di malam hari, salah satunya karena rasa cemas atau panik berlebih. 

Jika ini masalahnya, pengguna TikTok bernama @thatonepanda19 mengatakan untuk menonton film atau serial favoritmu. Ini bisa membantu otak dan pikiran untuk mengatur bahwa ini hal yang menenangkan dan mengurangi rasa cemas. 

Setelah film habis pun belum bisa tidur? Ulangi lagi sampai otak bisa mengambil alih rasa cemas dengan perasaan nyaman karena menonton film yang memang sangat kamu sukai. 

7. Mandi air hangat 90 menit sebelum tidur

7. Mandi air hangat 90 menit sebelum tidur
Freepik/torwaiphoto

Misal kamu berencana tidur pada pukul 22.00, maka pastikan kamu sudah mandi pada pukul 20.30. Serta jangan lupa untuk menggunakan air hangat karena bisa membantu tubuh merasa lebih rileks. 

Mandi bisa menjadi sinyal bagi tubuh bahwa sebentar lagi waktunya untuk istirahat. Sehingga, tidur pun bisa lebih mudah, itulah yang dianjurkan oleh pengguna bernama @heybriajones. 

8. Tulis jurnal harian

8. Tulis jurnal harian
Pixabay/Monfocus

Menulis apa yang terjadi dan dirasakan selama sehari ini mungkin jarang kamu lakukan. Seringnya, semua tertuang di sosial media, itupun tidak semua bagian yang diungkapkan. 

Menulis atau membuat jurnal suara penting karena bisa menjabarkan apa yang sebenarnya kamu rasakan di hari itu, Hal ini, menurut pengguna TikTok bernama @lifethetics, bisa membantu mengenali diri sendiri. 

Efeknya, kesehatan mental lebih terjaga dan tak ada perasaan yang dipendam diam dalam pikiran atau hati. 

Kamu pun bisa menggunakan buku, rekaman, atau catatan di ponsel untuk menuliskan jurnal harian. Apapun yang kamu rasa nyaman saja. 

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tidur yang lebih cepat dan nyaman di malam hari. Selamat mencoba ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.