10 Tokoh Pemerintah Dalam dan Luar Negeri yang Positif COVID-19

Virus Corona bisa menyerang siapa saja, termasuk para tokoh dunia

26 Maret 2020

10 Tokoh Pemerintah Dalam Luar Negeri Positif COVID-19
nbcnews.com, news.sky.com, IDN Times

Di tengah pandemi yang semakin global, makin banyak orang yang terpapar virus Corona. Tak hanya warga biasa, namun juga seleb dan tokoh pemerintahan. 

Para tokoh ini masih bekerja dan bertemu banyak orang sehingga kemungkinan terpapar jadi lebih besar. Sebagian dalam kondisi baik, sebagian lagi cukup memprihatinkan. 

Disusun Popmama.com, inilah 10 tokoh pemerintahan baik di dalam dan luar negeri yang positif terkena COVID-19.

1. Menteri Perhubungan, Budi Karya 

1. Menteri Perhubungan, Budi Karya 
IDN Times

Bisa dibilang Budi Karya adalah tokoh dari pemerintahan pertama yang positif terkena Corona virus. Menteri Perhubungan ini menjadi pasien kasus no 76 di Indonesia. 

Sebelumnya ia sempat dirawat di RS swasta karena diduga tifus. Kemudian dirinya dipindahkan ke RSPAD Gatot Subroto untuk perawatan COVID-19 yang lebih intensif. 

Efeknya, banyak menteri dan jurnalis yang berinteraksi dengan Budi Karya akhirnya mengecek diri mereka apakah positif Corona atau tidak.

2. Wali Kota Bogor, Bima Arya

  

Selanjutnya ada tokoh masyarakat dari Bogor. Bima Arya adalah Wali Kota Bogor yang juga terjangkit virus Corona. 

Bima disebutkan telah mengikuti kegiatan kedinasan ke Turki dan Azerbaijan selama 10 hari. Setelahnya, iapun positif Corona. 

Dalam postingannya di Instagram, dirinya terlihat sehat dan siap melawan virus tersebut. 

3. Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana

  

Masih di Jawa Barat, ada tokoh pemerintahan bernama Yana Mulyana yang positif Corona setelah melakukan swab test. Wakil Wali Kota Bandung ini mengonfirmasi dirinya positif Corona dalam unggahan Instagram pribadinya. 

Yana melakukan isolasi diri selama 11 hari untuk melawan virus tersebut.

4. Bupati Karawang , Cellila Nurrachadiana

Bupati Karawang Cellila Nurrachadiana pun termasuk dalam deretan yang positif Corona. Dalam sebuah video terlihat dirinya batuk-batuk dan sesak nafas kala berpidato. 

Iapun mengunggah perkembangan tentang dirinya di Instagram pribadinya. Saat ini ia tengah menjalankan isolasi secara mandiri di salah satu rumah sakit di Karawang. 

Dalam postingannya, dirinya mengatakan bahwa COVID-19 adalah masalah serius dan ada baiknya untuk tetap tinggal di rumah selama beberapa waktu. 

5. Senator AS, Rand Paul

5. Senator AS, Rand Paul
pbs.org

Rand Paul jadi Senator AS pertama yang yang positif Corona. Sekitar tanggal 22 Maret 2020, ia mengonfirmasi bahwa dirinya positif terjangkit virus tersebut. 

Ia tidak menunjukkan gejalan dan tidak pernah berhubungan dengan orang yang diduga berhubungan dengan orang yang membawa virus Corona. Namun ia melakukan tes karena merasa sering melakukan perjalanan dan mengikuti banyak acara. 

Kini ia sedang menjalani masa karantina. Rand Paul disebut dalam keadaan yang baik-baik saja.  

Editors' Picks

6. Menteri Luar Negeri Negara Burkina Faso Alpha Barry dan tiga menteri lainnya

6. Menteri Luar Negeri Negara Burkina Faso Alpha Barry tiga menteri lainnya
netafrique.net

Negara Burkina Faso melaporkan bahwa keempat menterinya positif COVID-19. Keempat menteri tersebut adalah Menteri Luar Negeri Alpha Barry, Menteri Pertambangan Oumarou Idani, Menteri Pendidikan Stanislas Ouaro, dan Menteri Dalam Negeri Simeon Sawadogo. 

Kabar ini dibenarkan dalam cuitan Menteri Barry di Twitter. Dalam cuitannya ia mengatakan bahwa dirinya baru saja dikabarkan telah mengidap COVID-19.

7. Pangeran Albert II dari Monako

7. Pangeran Albert II dari Monako
ksbw.com

Pangeran Albert II dari Monako menjadi anggota kerajaan pertama yang terkena Corona virus. Dalam pernyataan resmi dari pihak kerajaan, disebutkan bahwa Pangeran Albert dalam keadaan yang stabil. 

Iapun melakukan isolasi diri di apartemen pribadinya yang berada di lingkungan istana kerajaan. Dalam masa isolasinya, Pangeran Albert masih tetap bekerja secara remote

8. Wakil Presiden Iran, Masoumeh Ebtekar

8. Wakil Presiden Iran, Masoumeh Ebtekar
independent.co.uk

Iran adalah salah satu negara dengan paparan virus paling parah. Banyak tokoh pemerintahannya yang terjangkit, bahkan ada yang sampai meninggal. 

Salah satunya adalah Wakil Presiden Masoumeh Ebtekar. Dirinya melakukan karantina mandiri di rumahnya. 

9. Menteri Kesehatan Inggris, Nadine Dorries 

9. Menteri Kesehatan Inggris, Nadine Dorries 
news.sky.com

Menteri Kesehatan Inggris, Nadine Dorries juga termasuk dalam jajaran tokoh pemerintahan dunia yang terpapar Corona virus.

Ia diketahui baru saja menghadiri resepsi di kediaman resmi Perdana Menteri Boris Johnson 2 hari sebelum menyatakan dirinya terinfeksi. 

Ia menjadi anggota parlemen pertama yang dinyatakan positif COVID-19. Untuk mencegah virus makin meluas, Nadine melakukan isolasi mandiri di kediamannya.

10. Pangeran Charles

10. Pangeran Charles
www.nbcnews.com

Yang terbaru adalah Pangeran Charles yang dinyatakan positif Corona. Hal ini dikonfirmasi oleh juru bicara tempat kediaman pangeran yaitu Clarence House setelah dilakukan pengujian virus tersebut. 

Pangeran berumur 71 tahun ini jadi anggota kerajaan Inggris pertama yang terjangkit virus tersebut. Meski begitu, sang istri Camilia Parker telah dites juga dan hasilnya negatif. 

Meski positif Corona Pangeran Charles disebut dalam kondisi baik karena tidak menunjukkan gelala berat. Saat ini dirinya sedang melakukan isolasi diri di Balmoral. 

Itulah beberapa tokoh pemerintahan yang telah positif terkena COVID-19. Agar tidak makin meluas, ikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah dan membatasi interaksi sosial dengan orang banyak. 

Tetap sehat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.