Agar Irit, Ini Cara Mendapatkan Token Gratis dari PLN Selama Covid-19

Daftar segera token gratis untuk di rumah kamu!

6 April 2020

Agar Irit, Ini Cara Mendapatkan Token Gratis dari PLN Selama Covid-19
Popmama.com/Fajar Perdana

PT PLN (Persero) telah merealisasikan token listrik gratis bagi pelanggan rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA prabayar dan diskon kepada pelanggan pascabayar. 

Hingga Sabtu (4/4/2020) pukul 15.00 WIB, PLN sudah menyediakan listrik gratis atau diskon untuk 8,5 juta pelanggan.

"Sementara, token untuk 2,5 juta pelanggan lainnya akan diperbaharui secara bertahap paling lambat hingga tanggal 11 April 2020," kata Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/4/2020).

Luar biasa!

Listrik gratis merupakan salah satu insentif yang diberikan pemerintah sebagai bagian dari kebijakan stimulus perekonomian menghadapi dampak virus corona jenis baru (Covid-19) yang mewabah saat ini.

Berikut Popmama.com telah merangkum berita mengenai cara mendapatkan token gratis dari PLN yang perlu kamu ketahui.

1. Bagaimana cara dapat token listrik gratis?

1. Bagaimana cara dapat token listrik gratis
Dok. Popmama.com

Token listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA bersubsidi dapat kamu peroleh.

Melalui website adalah pilihan utama namun kamu perlu bersabar juga untuk bisa mengakses situs ini, mungkin karena banyak yang coba ambil token gratis PLN sama seperti kamu.

Perhatikan dengan cara berikut:

  • Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.
  • Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
  • Kamu tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Editors' Picks

2. Dapat token PLN gratis via WhatsApp

2. Dapat token PLN gratis via WhatsApp
techxoid.com

Lakukan melalui WhatsApp, token listrik gratis bisa kamu dapatkan dengan cara:

  • Buka Aplikasi WhatsApp. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
  • Token gratis akan muncul
  • Kamu tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

"Sementara, untuk pelanggan rumah tangga 450 VA yang menggunakan kWh meter pascabayar, biaya rekening bulan April akan langsung digratiskan. Kemudian pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang menggunakan kwh meter pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada setiap bulannya akan dikurangi 50 persen," kata Made.

3. Layanan via WhatsApp

3. Layanan via WhatsApp
Popmama.com/Fajar Perdana

Made juga menjelaskan, "Kalau kamu ada kendala, PLN juga menyiapkan layanan WhatsApp melalui nomor 08122123123."

Hingga Sabtu pagi, dia mengaku ada sedikit kendala pada layanan WhatsApp karena ada perbaikan kapasitas server. Pihaknya berharap layanan WhatsApp dapat beroperasi normal pada Senin (6/4/2020).

“Kami mohon maaf karena Whatsapp belum bisa beroperasi maksimal karena terbatasnya kapasitas. Bayangkan jutaan orang mengirim pesan bersamaan. Oleh karena itu, kami terus melakukan komunikasi agar bisa beroperasi kembali. Targetnya Senin sudah operasi normal,” ucap Made seperti dilansir dari IDN Times.

4. Token PLN Gratis selama 3 bulan

4. Token PLN Gratis selama 3 bulan
Popmama.com/Fajar Perdana

PLN telah menjalankan pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga. Sementara bagi pelanggan pra bayar, diwajibkan mengirimkan nomor ID ke pihak PLN.

Pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN http://www.pln.co.id/ seperti cara mendapatkan token gratis dari PLN di atas.

Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan rumah tangga subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen. 

Selanjutnya bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian  bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Made menyampaikan bahwa proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan. Sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

"Proses pembagian token bebas tagihan dan diskon tarif listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 April, paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut," ungkap Made. 

Itulah cara mendapatkan token PLN gratis selama pandemi Covid-19 berlangsung. Cara ini diharapkan bisa membantu warga yang terdampak. Pelayanan PLN kali ini memang diadakan untuk meringankan beban masyarakat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.