Sering Belanja Sampai Berlebihan? Ini 5 Cara Menghindarinya

Begini caranya Ma, supaya belanja nggak boros dan pengeluaran bisa terkendali

23 Februari 2020

Sering Belanja Sampai Berlebihan Ini 5 Cara Menghindarinya
Freepik/dragana_gordic

Menghabiskan lebih dari anggaran yang disiapkan saat belanja di supermarket adalah hal biasa karena ada begitu banyak hal yang dapat mencuri perhatian. Meski ini sudah sering terjadi, tapi jujur saja rasanya sangat menyebalkan.

Mirip seperti kebobolan atau kecolongan!

Jika kamu hanya ingin berbelanja dengan cara yang lebih cerdas, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menghindari pengeluaran berlebihan saat belanja di supermarket.

1. Buat daftar belanja dan bawa pulpen

1. Buat daftar belanja bawa pulpen
Freepik

Salah satu cara paling sederhana untuk menghindari pengeluaran berlebihan di supermarket adalah membuat daftar hal-hal yang kamu butuhkan sebelum kamu berangkat berbelanja.

Bawa daftar belanja dan pulpen. Masuki lorong yang ramai dengan rak belanjaan, lihat kembali daftar belanja milikmu dan coret yang sudah terambil.

Jangan ambil barang yang tidak ada di dalam daftar belanja. Ini untuk memastikan bahwa kamu tidak membeli barang-barang yang tidak perlu dan belanja berlebihan.

2. Gunakan uang tunai

2. Gunakan uang tunai
Freepik/dragana_gordic

Kartu kredit cenderung memainkan peran utama dalam membantu pembeli untuk mengeluarkan terlalu banyak uang. Karena tidak ada pertukaran uang tunai yang sebenarnya, pembeli tidak akan pernah menyadari berapa banyak yang hilang dari kartu mereka.

Alih-alih menyesali pembelian kamu saat membayar tagihan kartu kredit kamu pada akhir bulan, hindari pengeluaran berlebihan di supermarket dengan menggunakan uang tunai dalam jumlah terbatas di tempat pertama.

Menggunakan uang tunai dapat membantumu mengawasi kebiasaan pengeluaran kamu dan menjadi sadar tentang hal-hal yang kamu beli.

Editors' Picks

3. Periksa dengan teliti kebutuhan di rumah

3. Periksa teliti kebutuhan rumah
Freepik/mrsiraphol

Periksa lemari penyimpanan dan kulkas kamu untuk memeriksa stok yang tersedia sehingga kamu tidak mengeluarkan terlalu banyak uang dan kemudian kelebihan stok.

Periksa daftar belanja yang telah kamu buat dan hilangkan hal-hal yang tampaknya tidak begitu penting. Dengan melihat daftar itu lagi dan lagi kamu akan dapat menemukan hal-hal yang tidak terlalu kamu butuhkan.

Tetap berpegang pada kebutuhan dasar yang benar-benar kamu butuhkan dan hindari overspending.

4. Gunakan voucher diskon

4. Gunakan voucher diskon
Freepik/tirachard

Kamu dapat memanfaatkan voucher diskon untuk berbagai toko melalui situs online, surat kabar atau penawaran promosi.

Mengumpulkan voucher diskon atau menyimpan kode mereka di smartphone kamu mungkin terasa seperti pekerjaan yang membosankan di awal tetapi dapat membantu kamu menghindari pengeluaran berlebihan saat datang belanja ke supermarket.

Ketika kamu menggunakan voucher, maka kamu akan mengurangi jumlah tagihan kamu. Akhirnya bisa terhindar dari pemborosan kan Ma.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Menghemat Pengeluaran Selama Bulan Ramadan

Baca Juga: 7 Tips Belanja Hemat agar Uang Bulanan Bisa Ditabung

5. Jangan bawa anak-anak saat berbelanja

5. Jangan bawa anak-anak saat berbelanja
magforwomen.com

Kedengarannya agak aneh. Padahal belanja adalah bonding time bersama anak-anak. Tapi saat kamu perlu menjadi orangtua yang lebih irit, cara ini bisa kamu lakukan.

Anak-anak memiliki kecenderungan tipikal merengek kepada orangtua sampai mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan, terutama ketika mereka berada di supermarket.

Anak-anak terpikat oleh bagian-bagian permen, mainan, permainan, atau alat tulis yang berwarna-warni, dan mereka dapat melecehkan orang tua mereka untuk membelikan mereka makanan sampai para orangtua dengan paksa menyerah pada tuntutan mereka.

Jika anak mama tipikal seperti itu maka hindari membawa anak-anak saat berbelanja.

Namun, jika si Kecil tipe yang santai dan tenang dan tidak suka merengek rasanya tidak ada masalah kalau ia terus menempel pada mamanya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.