8 Kebiasaan Sehari-hari yang Justru Nggak Sehat untuk Diterapkan

Apa saja kesalahan yang sering kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari? Cari tahu yuk

3 Maret 2021

8 Kebiasaan Sehari-hari Justru Nggak Sehat Diterapkan
sickchirpse.com

Kita merasa cukup percaya diri dalam menjaga kebersihan kita sehari-hari. Kita semua telah banyak tahu sejak masa sekolah menengah tentang kebersihan dan cara menjaga kesehatan. Sekarang kita juga bisa banyak membaca dari artikel online.

Namun, menjaga kebersihan pribadi yang sehat tidak selalu sesederhana itu.

Ada beberapa kesalahan dalam menjaga kebersihan yang mudah dilakukan, dan kamu mungkin nggak menyadari bahwa itu adalah kesalahan.

Mulai dari meletakkan wajah di tangan kamu untuk mencuci kulit kamu setiap hari, kamu menyebabkan kerusakan pada kulit kamu tanpa menyadarinya. Bayangkan kalau ini terus kamu lakukan setiap hari!

1. Mengistirahatkan wajah kamu di tangan atau menopang dagu

1. Mengistirahatkan wajah kamu tangan atau menopang dagu
viunge.dk

Menempelkan wajah di tangan itu rasanya memang enak ya Ma. Posisi malas-malasan ini bagi sebagian orang menjadi posisi andalan.

Tapi seberapa sering kamu melakukan ini? Setiap kali kita melakukan itu, kita menambahkan kotoran ke wajah kita.

"Jangan meletakkan wajah Kamu di tangan Kamu. Ini memindahkan kotoran dan kotoran, serta meregangkan kulit," jelas Dr. Neal Schultz, dokter kulit New York City.

"Lebih penting lagi, setiap sentuhan berulang secara langsung berkontribusi terhadap penyumbatan dan jerawat dengan mendorong minyak, kotoran, puing, dan sel-sel mati ke dalam pori-pori, dan juga menyebabkan sedikit penebalan kulit, yang juga berkontribusi terhadap penyumbatan dan menyebabkan kulit berjerawat."

Ini adalah kebiasaan yang sulit dihentikan, jadi mulailah mencoba memperhatikan seberapa sering kamu meletakkan wajah di tangan kamu.

Kemudian, fokuslah untuk menemukan cara-cara berbeda untuk duduk yang benar agar wajah kamu tetap bersih dan pori-pori menjadi bersih.

2. Mencuci muka setelah berolahraga

2. Mencuci muka setelah berolahraga
self.com

Mencuci muka setelah berolahraga terasa menyegarkan dan sepertinya hal yang higienis untuk dilakukan. Namun, yang terbaik adalah menyiramkan air ke wajah kamu sebelum berolahraga.

"Ketika datang waktunya untuk mencuci muka, lakukan pra-latihan, bukan pasca-latihan," kata Dr. Schultz."

Ketika kamu berkeringat, kamu cenderung untuk membersihkan kulit kamu, yang berarti kamu menyeka dan menggosok kotoran dan minyak yang ada di sana, dan inilah yang memperburuk jerawat.

3. Mandi air panas

3. Mandi air panas
cheatsheet.com

Mandi air hangat untuk sebagian orang adalah candu dan menjadi kebiasaan. Namun, meskipun rasanya luar biasa, air panas itu tidak membantu menjaga kesehatan kulit Kamu.

"Semua orang suka udara sedikit panas di kamar mandi mereka, tetapi hindari mandi air panas," saran Dr. Schultz.

"Air panas membuka pori-pori, yang meningkatkan kehilangan air dan juga membersihkan minyak-minyak emolien pelindung kulit, yang semakin menambah kehilangan air."

Dikombinasikan, itu semua bisa menghasilkan kulit kering dan gatal. Schultz menyarankan untuk mandi hangat.

Tetapi untuk kamu yang terlanjur jadi pecandu mandi air panas, mulailah dengan memindahkan keran ke sisi dingin yang sedikit. Saat kamu menyesuaikan diri dengan suhu, lanjutkan perjalanan ke hujan yang hangat.

Editors' Picks

4. Terlambat pakai lotion

4. Terlambat pakai lotion
tspafargo.com

Setelah mandi kamu buru-buru berangkat ke kantor. Sementara kamu tidak sempat menggunakan lotion dan baru ingat setelah siang hari. Padahal yang bagus itu menggunakan lotion setelah mandi saat kulit kamu benar-benar bersih dan segar.

"Pastikan untuk tidak menunggu terlalu lama setelah mandi untuk mengaplikasikan pelembab kamu," kata Dr. Schultz kepada saya.

"Tepuk kulit keringmu, jangan digosok, dan kemudian gunakan pelembabmu untuk membantu mengunci kelembapan yang diambil selama mandi. Pelembab harus diterapkan secara bebas sebagai lotion di atas tubuh dan kendaraan krim di wajah."

5. Menggunakan sabun mandi berlebihan setiap hari

5. Menggunakan sabun mandi berlebihan setiap hari
healthandwellness365.com

Tidak pengaruh sudah pakai pelembab sebanyak apapun, tangan kamu masih akan terasa kering dan pecah-pecah saat musim dingin. Tetapi daripada memakai lebih banyak lotion, kamu mungkin hanya perlu menggunakan lebih sedikit sabun.

"Jika kamu berjuang melawan kulit kering selama musim dingin, musim dingin yang keras, cobalah lebih jarang menggunakan sabun di kamar mandi atau mandi (kecuali area pribadi, seperti yang harus dibasahi setiap hari)," jelas Dr. Schultz.

"Kurangi penggunaan sabun untuk area non-perineal hingga satu hingga dua kali per minggu."

6. Melewatkan sunscreen di musim dingin

6. Melewatkan sunscreen musim dingin
Freepik/pressfoto

Sudah waktunya untuk mulai benar-benar memakai tabir surya setiap hari, selalu pakai jangan sampai lupa. " Ini tidak bisa ditawar untuk menggunakan tabir surya secara efektif 365 hari setahun, baik di musim hujan, salju, atau matahari," kata Dr. Schultz.

Carilah pelembab atau foundation berwarna bagus dengan SPF untuk membantu kamu tetap terlindungi sunscreen setiap hari.

7. Tidak mandi setelah berolahraga

7. Tidak mandi setelah berolahraga
sciencedaily.com

Sebagian besar dari kita akan langsung mandi setelah lari 20 mil, tetapi kadang-kadang setelah 20 menit joging, kita meluangkan waktu untuk pergi ke kamar mandi. Namun, setiap kali kamu berkeringat, penting untuk segera ganti pakaian.

"Keringat dengan mudah terperangkap di dalam pakaian ketat, mengarah ke jerawat, iritasi, dan masalah lainnya. Mandi setelah latihan sangat ideal, karena semakin sedikit waktu bakteri memiliki kesempatan untuk duduk di kulit kamu, semakin baik," kata Dermatolog dan Dokter Bersertifikat, Kontributor RealSelf Joel Schlessinger.

"Cuci tubuh kamu dengan pencuci tubuh antibakteri, fokus pada setiap area di mana kulit kamu menyentuh peralatan latihan atau di mana pun kamu cenderung berjerawat (seperti dada dan punggung)."

Kalau setelah olahraga kamu nggak bisa langsung mandi, jangan khawatir.

Pastikan untuk segera mengganti pakaian berkeringat dan mandi saat kamu bisa. Schlessinger menambahkan, "Jika kamu rentan terhadap jerawat dan tidak dapat mandi segera, pertahankan pembersihan tisu di tas gym kamu untuk menghilangkan bakteri penyebab minyak dan jerawat di wajah."

8. Sikat gigi terlalu sering

8. Sikat gigi terlalu sering
labartolina.com.mx

Sebagian orang meyakini sikat gigi setiap setelah makan bisa membuatnya terbebas dari sakit gigi yang memilukan. 

Ini benar, tapi tidak benar lagi kalau sikat gigi dilakukan lebih dari 4 kali dalam sehari. Terutama jika bulu sikat yang kamu pilih itu kaku dan keras. Ini bisa melukai gusi kamu.

Pilihalah bentuk sikat gigi yang nyaman dipegang dan memiliki bulu sikat yang halus. Begitu pula sikat gigi untuk Si Kecil ya Ma.

Lebih cermat saat melakukan sesuatu demi menjaga kebersihan, jangan sampai kamu salah ya Ma.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.