7 Macam Phobia yang Benar-Benar Bisa Mengganggu Hidup Seseorang

Setiap orang memiliki ketakutan, apakah kamu juga memiliki salah satu phobia berikut ini?

12 September 2019

7 Macam Phobia Benar-Benar Bisa Mengganggu Hidup Seseorang
Freepik

Setiap orang memiliki rasa ketakutan. Bagusnya setiap orang memiliki ketakutan yang berbeda-beda. Terkadang ada ketakutan atau phobia yang susah dijelaskan dengan rasional.

Tapi bagi orang yang mengalami phobia tersebut, itu adalah sebuah perasaan takut yang nyata.

Jadi apa perbedaan antara rasa takut dan phobia?

Umumnya, rasa takut adalah perasaan tertekan dan berada dalam bahaya, sementara fobia terkait dengan kecemasan dan menghasilkan ketakutan yang ekstrem atau tidak rasional. Ada banyak phobia umum di sekitar, seperti claustrophobia (takut ruang kecil) atau acrophobia (takut ketinggian).

Apa saja ya macam phobia yang bisa kamu jumpai di lingkungan sekitar kamu?

1. Nyctophobia - Phobia gelap

1. Nyctophobia - Phobia gelap
aconsciousrethink.com

Banyak anak-anak atau orang dewasa sekalipun, diketahui menderita phobia gelap atau malam. Beberapa istilah non-klinis digunakan untuk menggambarkan phobia ini, yaitu: Nyctophobia, Scotophobia, Lygophobia serta Achluophobia.

Kata Nyctophobia berasal dari bahasa Yunani 'Nyctus' yang berarti malam atau kegelapan dan Phobos yang berarti ketakutan atau ketakutan yang dalam.

Bagi anak-anak mungkin masih lumrah jika takut pada kegelapan. Otak mereka secara refleks membayangkan hal mengerikan tentang 'apa yang akan terjadi' begitu lampu dimatikan.

Namun, nggak jarang juga orang dewasa menderita Achluophobia.

Kondisi Achluophobia dapat sangat memengaruhi kehidupan sehari-hari penderita terutama karena individu cenderung depresi, cemas, atau merasa was-was setiap saat. Penderita sering menolak keluar setelah gelap, bahkan takut tidur sendirian. Keluarga dan orang yang dicintai juga bisa menderita karena Nyctophobia seseorang.

Penyebab ketakutan phobia kegelapan menurut para ahli karena Nyctophobia umumnya berasal dari pengalaman traumatis di masa lalu.

Sebagai seorang anak, orang mungkin telah ditinggalkan dalam gelap sebagai hukuman. Saudara dan teman mungkin juga mungkin pernah berulangkali menukut-nakuti penderita Nyctophobia di dalam gelap.

Film, acara TV, dan literatur yang menggambarkan horor, darah, darah kental, hantu, dan aktivitas paranormal lainnya yang biasanya terjadi tanpa cahaya siang hari juga sering menjadi penyebab untuk menciptakan ketakutan yang sangat berakar dari kegelapan dalam pikiran seorang penderita phobia gelap.

2. Xanthophobia - Phobia sesuatu berwarna kuning

2. Xanthophobia - Phobia sesuatu berwarna kuning
vignette.wikia.nocookie.net

Tidak ada alasan pasti mengapa orang tidak menyukai warna kuning, tetapi meskipun demikian, pada kenyataannya ini adalah phobia yang aneh.

Entah itu gambar matahari buatan anak-anak, The Simpsons atau nanas, penderita xanthophobia tidak menyuka warna kuning secara ekstrim. Mungkin mereka takut, geli atau merasa mual jika melihat sesuatu berwarna kuning.

Bagi mereka yang memiliki bentuk fobia yang agresif, bahkan mendengar kata ‘kuning’ dapat memicu kecemasan dan ketakutan.

3. Haphephobia - Phobia atau ketakutan disentuh

3. Haphephobia - Phobia atau ketakutan disentuh
edge.alluremedia.com.au

Haphephobia ini lanka, tapi bukan berarti tidak ada. Orang yang menderita haphephobia takut disentuh, kadang-kadang sentuhan fisik dapat menyebabkan serangan panik di dalamnya.

Jika penderita phobia disentuh adalah orang hebat atau memiliki kekuasaan, maka ia cenderung marah jika disentuh.

Seringkali, mereka merasakan kebutuhan untuk melindungi diri dari apa pun yang dianggap tidak bersih atau berbahaya, seperti invasi atau kontaminasi.Termasuk berjabat tangan dengan orang baru yang belum ia kenal sebelumnya.

Salah satunya adalah haphephobia yang dialami Howie Mandel, juri America's Got Talent 2017 sekaligus komedian ternama. Ia benar-benar takut terkena kuman, itulah makanya dia sangat ketakutan jika harus bersentuhan dengan orang lain atau sesuatu yang tidak jelas kebersihannya.

Berani coba? Hebat kalau tangan kamu diterima olehnya.

Editors' Picks

4. Trypophobia - Ketakutan pada lingkaran kecil yang bertumpuk

4. Trypophobia - Ketakutan lingkaran kecil bertumpuk
healthline.com

Trypophobia adalah phobia yang datang setelah melihat lingkaran kecil yang bertumpuk dan banyak. Kumpulan lubang kecil yang bertumpuk secara resmi diakui sebagai gangguan mental.

Meskipun beberapa penelitian telah dilakukan pada trypophobia, peneliti berhipotesis bahwa itu adalah hasil dari kejijikan biologis yang mengaitkan bentuk trypophobic dengan bahaya atau penyakit, dan karena itu mungkin memiliki dasar evolusi.

Sejak tahun 2005 konsep trypophobia telah menjadi populer di media sosial karena foto yang beredar.

Orang yang sebelumnya tidak tahu bahwa dirinya adalah seorang trypophobia bisa menjadi tahu dan sadar. Efek yang terjadi jika mereka melihat gambar lingkaran kecil yang bertumpuk adalah merasa jijik, kemudia gatal-gatal dan bisa sampai mual.

Beruntung jika kamu tidak merasakan apapun saat melihat gambar di atas.

5. Ergophobia - Takut bekerja atau menjadi karyawan

5. Ergophobia - Takut bekerja atau menjadi karyawan
Freepik

Ketika banyak orang merasa takut dengan tempat kerja mereka atau bos di kantornya, ergophobia adalah versi ekstrim irasional dari itu.

Ergophobics adalah phobia menemukan pekerjaan atau bekerja dan menjadi karyawan secara umum. Mereka mungkin juga takut dengan kegiatan dan lingkungan yang berhubungan dengan pekerjaan seperti ruang kantor, bilik dan interaksi sosial dalam lingkup pekerjaan.

Bahkan, ada anggapan bahwa mungkin ada hubungan antara fobia dan fobia sosial atau kecemasan kinerja kerjanya.

6. Turophobia - Phobia keju

6. Turophobia - Phobia keju
Freepik/valeria_aksakova

Turophobia adalah takut keju secara ekstrim karena ada pengalaman traumatis. Beberapa takut keju tertentu seperti mozzarella atau cheddar sementara yang lain takut keju pada umumnya.

Bisa jadi takut pada keju yang ditabur di atas makanan, atau keju yang numpuk di atas mangkuk setelah selesai diparut.

7. Arachibutyrophobia - Phobia selai kacang menempel ke atap mulut

7. Arachibutyrophobia - Phobia selai kacang menempel ke atap mulut
livestrongcdn.com

Ya, beberapa orang benar-benar takut dengan pengalaman atau pengetahuan bahwa selai kacang menempel di atap mulut mereka. Itu aneh, tapi benar.

Itulah macam phobia, rasa ketakutan yang bisa kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kamu salah satunya?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;