7 Penyebab Terjadinya Kulit Mati dan Kering

Wah alasan nomer lima sering banget nggak kita sadari nih

26 Januari 2020

7 Penyebab Terjadi Kulit Mati Kering
gezondheidsnet.nl

Setiap saat kulit terus beregenerasi untuk membuat kulit baru. Tumbuh jaringan muda dan berarti akan ada kulit mati yang terlihat di kaki kita. Kulit mati di kaki adalah pemandangan yang menyedihkan.

Hal yang paling memalukan bagi perempuan adalah ketika ketahuan memiliki kulit mati dan itu memberikan kesan kulitnya tidak sehat, bahkan jorok.

Penyebab Kulit Mati

Ada saatnya kulit mati di tubuh terjadi karena sebab yang natural dan ada juga karena hal lain. Seperti berikut ini:

1. Tekanan karena stres

1. Tekanan karena stres
informasitips.com

Kulit cenderung kering dan bersisik karena stres. Seharusnya kulit bisa beregenerasi sesuai siklusnya, tapi karena stres seseorang bisa menjadi sulit tidur. Padahal saat tidur adalah waktu terbaik untuk meregenrasi sel-sel kulit yang mati.

Stres juga mengganggu elastisitas kulit kamu. Lama-kelamaan kulit akan jadi semakin kering dan kusam. Ini bisa membuat kulit kamu terlihat tidak sehat dan tua, baik di wajah ataupun di kaki dan bagian lainnya.

2. Memakai sepatu yang membuat kaki sakit

2. Memakai sepatu membuat kaki sakit
Freeimages/KymParry

Sepatu terlalu ketat dan berbahan kulit adalah sepatu yang sering menyebabkan kulit mati di bagian kaki. Sesekali menimbuklan efek bau kaki juga lho.

Editors' Picks

3. Penyakit tertentu juga menyebabkan kulit mati cepat timbul

3. Penyakit tertentu juga menyebabkan kulit mati cepat timbul
taringa.net
Kim Kardashian mengalami psoriasis di kaki

Contoh penyakitnya bisa seperti psoriasis, sklerodema dan eksim atopik. Kadang ada efek penebalan pada kulit. Mengerikan kalau sudah terkena penyakit ini, perawatan harus ekstra.

4. Udara ekstrem

4. Udara ekstrem
Freeimages/Stachoo

Panas yang ekstrem bahaya untuk kulit. Udara terlalu kering juga menyebabkan kulit kering.

5. Mandi terlalu lama

5. Mandi terlalu lama
Freepik

Setelah diamati, ketahuan bahwa ketika orang mandi terlalu lama dan menggunakan air panas maka kulit kakinya menjadi kering. Ini disebabkan oleh hilangnya minyak dalam kulitnya.

Ini juga berlaku bagi sauna dan berenang air hangat.

6. Deterjen

6. Deterjen
cocinaconalegria.com

Bahan kimia yang ada di sabun dan deterjen ini cenderung menghilangkan minyak dari kulit lebih dari yang kita kira. Hal ini menyebabkan akumulasi kulit mati.

7. Sabun mandi tertentu

7. Sabun mandi tertentu
Freepik/yanalya

Semakin banyak busa pada sabun mandi biasanya kita akan merasa senang. Rasanya bersih-bersih badan jadi makin seru saat mandi.

Sebagian sabun mandi bertugas mengontrol kadar minyak dalam tubuh, alhasil kulit kering. Makanya, ada sabun yang malah membuat kulit kita terlihat busik dan kering setelah mandi.

Itulah 7 hal yang menyebabkan kulit mati yang membuat penampilan kamu jadi kurang menawan. Kamu harus tahu merawat kulit dengan baik agar selalu sehat dan menawan.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.