TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Bikin Pisang Goreng Anti Lembek, Dijamin Crispy dan Enak!

Coba cara menggoreng pisang anti lembek di rumah yuk. Ma!

3 Oktober 2022

7 Cara Bikin Pisang Goreng Anti Lembek, Dijamin Crispy Enak
Freepik/ika

Pisang goreng jadi salah satu olahan pisang yang banyak disukai. 

Meski saat ini sudah banyak camilan yang modern, pisang goreng masih jadi makanan tradisional yang banyak dinikmati. Bahkan di cafe dan resto, menu pisang goreng masih jadi menu yang paling dicari.

Namun perlu diketahui, menggoreng pisang tidak boleh sembarangan lho, Ma! Perhatikan cara yang tepat dalam menggoreng pisang agar hasilnya tidak lembek. 

Untuk mendapatkan pisang goreng yang crispy dan anti lembek, ada beberapa cara yang bisa diikuti oleh Mama. Popmama.com telah merangkum cara bikin pisang goreng anti lembek yang dijamin crispy dan enak. Simak tipsnya yuk, Ma!

1. Cara memilih pisang, pilihlah pisang dengan kematangan yang pas

1. Cara memilih pisang, pilihlah pisang kematangan pas
Freepik/freepik

Dalam membuat pisang goreng, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih pisang. Memilih pisang tak boleh sembarangan. Pilihlah pisang dengan kematangan yang pas, jangan terlalu keras atau lembek ya!

Adapun cara melihat kematangan pisang yakni dengan melihat warna kulitnya. Pilih pisang yang berwarna kuning karena kematangannya pas untuk pisang goreng.

Adapun jenis pisang yang enak diolah menjadi pisang goreng crispy antara lain pisang tanduk, pisang nangka, pisang uli, pisang kepok, pisang kapas, pisang siam, dan pisang bangkahalu.

2. Perhatikan cara potong pisang, apakah pisang masih bagus atau tidak

2. Perhatikan cara potong pisang, apakah pisang masih bagus atau tidak
Freepik/KamranAydinov

Dalam memotong pisang untuk pisang goreng, ternyata tidak boleh asal potong lho, Ma! Perhatikan bentuk pisang, apakah bentuknya masih bangus atau tidak.

Untuk pisang yang bentuknya masih bagus bisa langsung dikupas dan digoreng utuh. Sementara untuk pisang dengan bentuk yang kurang bagus, bisa dipotong dadu atau dibentuk kipas jika kematangannya pas.

Editors' Picks

3. Pilihlah tepung terigu protein tinggi agar pisang goreng bisa renyah

3. Pilihlah tepung terigu protein tinggi agar pisang goreng bisa renyah
Freepik/azerbaijan_stock

Selanjutnya, untuk membuat pisang goreng anti lembek perlu memilih tepung yang tepat. Pilihlah tepung terigu protein tinggi agar hasil pisang goreng crispy dan tidak berminyak.

Untuk membuat adonan tepung sendiri, siapkan dua jenis adonan yakni adonan basah dan kering. Celupkan pisang ke dalam adonan basah kemudian lanjut masukkan ke adonan kering.

Pastikan baluran tepung pada pisang sudah merata, baru goreng pisang ke dalam minyak panas yang telah disiapkan.

4. Gunakan tepung jagung pada adonan kering agar pisang goreng crispy tahan lama

4. Gunakan tepung jagung adonan kering agar pisang goreng crispy tahan lama
Freepik/atlascompany

Dalam membuat pisang goreng crispy yang tahan lama, ternyata ada bahan yang tak boleh dilewatkan lho, Ma!

Kunci membuat pisang goreng crispy tahan lama adalah dengan menambahkan sedikit tepung jagung pada adonan kering. Dengan menambahkan tepung jagung, pisang goreng akan lebih crispy dan tahan lama.

5. Gunakan wajan cekung untuk menggoreng pisang

5. Gunakan wajan cekung menggoreng pisang
Freepik/senivpetro

Saat menggoreng pisang, pastikan Mama menggunakan wajan cekung. Hal ini bertujuan agar bisa menampung banyak minyak dengan panas yang merata.

Tuang minyak goreng dalam jumlah banyak. Pastikan pisang tidak menyentuh dasar wajan, biarkan mengambang sambil sesekali dibalik agar kematangannya sempurna.

6. Jangan langsung goreng pisang dalam jumlah banyak

6. Jangan langsung goreng pisang dalam jumlah banyak
Freepik/jcomp

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan dalam membuat pisang goreng crispy adalah menggoreng pisang sedikit demi sedikit. Jangan langsung menggoreng pisang dalam jumlah yang banyak ya, Ma!

Masukkan pisang yang telah dilumuri adonan tepung ke dalam minyak panas satu per satu agar pisang tidak saling melekat dan merusak bentuknya.

7. Gunakan api besar untuk menggoreng pisang

7. Gunakan api besar menggoreng pisang
Freepik/wirestock

Untuk mendapatkan hasil pisang goreng renyah dan anti lembek, gunakan api besar untuk menggoreng pisang. Api yang besar akan membuat minyak tetap panas. Minyak yang panas akan membuat pisang goreng cepat matang secara merata.

Nah itulah tadi beberapa cara membuat pisang goreng anti lembek yang dijamin crispy dan enak. Menggoreng pisang dengan cara ini bisa dicoba di rumah ya Ma. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk