5 Tanda Kiamat yang Kian Terasa, Salah Satunya Waktu Berjalan Cepat

Ustaz Abdul Somad ungkap beberapa tanda kiamat sudah mulai kita rasakan

18 April 2022

5 Tanda Kiamat Kian Terasa, Salah Satu Waktu Berjalan Cepat
Youtube.com/TAMAN SURGA.NET

Sebagai umat muslim yang beriman, kita semua percaya akan datangnya hari kiamat. Hari akhir yang menjadi hari berkumpulnya seluruh umat untuk mempertanggungjawabkan semua perbuatannya selama hidup di dunia.

Tanpa kita sadari, beberapa tanda kiamat sudah mulai kita rasakan. Dikutip dari ceramah Ustaz Abdul Somad pada kanal Youtube TAMAN SURGA.NET, memaparkan lima tanda akhir zaman dan dekatnya hari kiamat.

Lalu, apa saja tanda kiamat yang kian terasa tersebut? Berikut Popmama.com telah merangkum lima tanda kiamat yang kian terasa. Simak penjelasannya!

1. Waktu yang berjalan terasa cepat

1. Waktu berjalan terasa cepat
Freepik/onlyyouqj

Tanda kiamat yang pertama yakni waktu yang berjalan terasa cepat. Sebagai contoh, tadinya kita yang masih anak-anak sekarang telah beranjak dewasa.

Jangka waktu satu tahun rasanya bisa sesingkat satu bulan, satu bulan bisa sesingkat satu minggu, satu minggu bisa sesingkat satu hari, dan seterusnya. Baru tahun lalu kita bertemu dengan bulan suci Ramadan, sekarang kita bertemu lagi dengan bulan Ramadan.

Sebenarnya tidak ada perbedaan waktu dulu dan sekarang. Ustaz Abdul Somad juga menambahkan, waktu berjalan terasa sangat cepat karena banyaknya kesibukan. Sejak adanya internet, orang-orang banyak menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengakses internet dan membuka sosial media.

"Hari inilah ditemukan internet, televisi, whatsapp yang melalaikan kita daripada Allah SWT, sehingga waktu habis berlalu. Padahal waktu yang akan ditanya oleh Allah SWT" ujar Ustaz Abdul Somad dalam ceramahnya.

Ustaz Abdul Somad juga menambahkan nasihat agar kita bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

"Maka isilah waktu ini dengan ibadah, jangan sampai ada waktu yang kosong. Duduk sejenak bershalawat, sempatkan waktu untuk salat Dhuha" tambahnya.

Editors' Picks

2. Ilmu semakin berkurang

2. Ilmu semakin berkurang
Freepik/jcomp
Ilustrasi

Tanda kiamat yang kedua yakni ilmu semakin berkurang. Ilmu yang berkurang membuat jahil atau kebodohan bertambah.

"Kalau ilmu berkurang, maka jahil bertambah. Kalau ilmu bertambah, maka jahil berkurang." ujar Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad juga menambahkan jika dulu orang yang tak berilmu ditinggalkan orang, sekarang orang yang tak berilmu asal pandai berbicara akan didengar orang.

Ustaz Abdul Somad juga menghimbau kepada jamaahnya agar semangat menuntut ilmu.

"Maka dari itu kita galakkan menuntut ilmu di majelis-majelis ilmu" nasihat Ustaz Abdul Somad.

Sejatinya, menuntut ilmu adalah kewajiban bagi semua umat muslim. Ilmu akan memudahkan jalan menuju surga.

"Siapa yang melangkahkan kaki melalui suatu jalan untuk mencari ilmu, dimudahkan Allah menuju surga" pungkas Ustaz Abdul Somad.

Allah akan mencabut ilmu dengan meninggalnya para ulama, sehingga orang-orang menjadi jahil.

3. Orang lebih mencintai harta bendanya

3. Orang lebih mencintai harta bendanya
Freepik/freepik

Tanda kiamat kian dekat yang ketiga adalah orang lebih mencintai harta bendanya. Orang seperti itulah yang hanya memikirkan dunia tanpa memikirkan akhirat.

"Orang yang cinta harta akan takut mati dan menjadi orang yang bakhil atau pelit. Naudzubillah" tutur Ustaz Abdul Somad.

4. Fitnah ada dimana-mana

4. Fitnah ada dimana-mana
Freepik/freepik

Tanda keempat kiamat yang kian dekat yakni adanya fitnah di mana-mana. Fitnah akhir zaman ada tiga jenis yakni fitnah ahlas, sarra' dan duhaimah.

Fitnah ahlas adalah fitnah peperangan serta pembantaian antara sesama umat muslim. Hal tersebut bisa kita lihat dari peperangan Israel-Palestina yang tak kunjung usai.

Yang kedua, fitnah sarra' yang berkaitan dengan harta serta kesenangan duniawi. Sebagai contoh di zaman sekarang, harta dan kesenangan dapat membuat orang gelap mata menjadi serakah akan kekayaan yang ia dapatkan di dunia.

Selanjutnya ada fitnah duhaimah yang merupakan aliran sesat serta pemikiran yang menyimpang. Sebagai contoh di zaman sekarang, banyak pemikiran menyesatkan berkembang dengan pesat. Tanpa kita sadari bahwa adanya pemikiran tersebut sangat berbahaya. Bahkan dianggap pula sebuah kebenaran, padahal pada kenyataannya bukan demikian.

5. Pembunuhan yang semakin bertambah

5. Pembunuhan semakin bertambah
Freepik/freepik

Tanda terakhir kiamat yang kian dekat adalah jumlah pembunuhan yang semakin bertambah.

“Pembunuhan di Palestina sampai sekarang tak berakhir, pembunuhan di Rohingnya tak berakhir, pembunuhan di Uyghur,” ujar Ustaz Abdul Somaz.

Ustaz Abdul Somad juga menghimbau pada para jamaahnya untuk meningkatkan ibadah.

"Banyak beribadah, semakin istiqomah menjalankan syariat, rajin salat berjamaah, banyak berzikir dan khatam Al-Qur'an, perbanyak infaq dan sedekah. Andai mati kita dalam keadaan husnul khatimah" tutupnya.

Demikian lima tanda kiamat yang kian dekat menurut ceramah yang disampaikan Ustaz Abdul Somad. Hendaknya kita sebagai umat muslim yang percaya dengan hari kiamat lebih mempersiapkan diri dengan meningkatkan ibadah dan amalan baik.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk