Ketahui 5 Aturan Diet Keto Dalam Menurunkan Berat Badan

Saat sudah memilih melakukan diet, Mama perlu mengikuti aturan diet yang ada ya

28 November 2020

Ketahui 5 Aturan Diet Keto Dalam Menurunkan Berat Badan
Unsplash/i yunmai

Ma, sudah ada yang mencoba melakukan diet keto? Sudah turun berapa kilogram kira-kira nih?

Bisa dikatakan jika diet keto itu berfokus dalam menambah asupan lemak dan memotong karbohidrat, tetapi saat pertengahan diet Mama mulai kembali ke kebiasaan buruk.

Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa menguntungkan Mama saat sedang menjalani diet kato. Tujuannya agar Mama bisa merasakan suksesnya penurunan berat badan karena bisa mengikuti aturan main diet keto dengan benar. 

Berikut beberapa aturan dasar dari diet keto yang sudah Popmama.com rangkum.

1. Merencanakan sesuatu ke depan

1. Merencanakan sesuatu ke depan
Unsplash/Jan Kahánek

"Saat kamu sedang melakukan diet keto, sepertinya perlu membuat perencanaan daftar belanjaan di rumah. Mulai dari perencanaan makan hingga membawa bekal makanan saat pergi ke kantor. Beberapa ornag mengaku kesulitan untuk membuat bekal di rumah, sehingga bergantung pada pilihan makanan cepat saji,” jelas Ginger Hultin, RD, Seattle. berbasis ahli diet yang sudah terdaftar dalam Akademi Nutrisi dan Diet.

Mempersiapkan makanan untuk dikonsumsi memang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh, termasuk dalam menurunkan berat badan. Membawa bekal makanan yang sehat ke kantor bisa meminimalisir kamu dalam meraih camilan-camilan saat jam makan siang. 

Mama juga perlu untuk tidak membeli makanan yang kurang sehat, seperti keripik atau kue-kue lainnya. Membeli camilan seperti ini, akan membuat Mama menjadi keseringan untuk memakan camilan yang kurang sehat. 

Editors' Picks

2. Memakan lebih banyak lemak sehat

2. Memakan lebih banyak lemak sehat
Unsplash/Josh Bean

Pada diet keto, ada banyak makanan sehat yang perlu dikonsumsi. Mulai dari sayuran hijau, biji-bijian hingga kacang-kacangan menjadi bahan makanan yang perlu dikonsumsi selama diet. Pilihan lemak pun juga diperhatikan, seperti mencari kandungan lemak sehat. 

"Meskipun diet keto mampu menaikkan hingga 70 hingga 80 persen lemak, namun perlu juga memasukkan lemak sehat ke dalam menu dietnya," kata Hultin yang sudah paham mengenai nutrisi dan diet.

3 Tetap memakan sayuran hijau

3 Tetap memakan sayuran hijau
Unsplash/Dan Gold

Seperti yang Mama ketahui jika diet keto itu rendah karbohidrat, sehingga Mama perlu mencari serat di jenis makanan yang lain seperti sayuran.

"Sangat sedikit karbohidrat yang diizinkan pada diet keto, sehingga orang yang mengikuti diet ini akan mencoba untuk memaksimalkan sayuran hijau mereka untuk mendapatkan akses ke serat dan nutrisi," kata seorang ahli diet. 

Namun, meskipun Mama tidak sedang mencoba diet keto memang ada baiknya untuk selalu menambah sayuran hijau seperti brokoli, bayam, timun, paprika, kangkung hingga tomat. Mempersiapkan lebih banyak sayuran di rumah, tentun akan meningkatkan kesehatan Mama sekeluarga. 

4. Lebih banyak makan sayuran daripada buah

4. Lebih banyak makan sayuran daripada buah
Unsplash/Brooke Lark

Tetaplah mengonsumsi sayuran hijau dengan jumlah yang cukup banyak dibandingkan buah. “Ini dikarenakan pembatasan karbohidrat di dalam tubuh, diet keto tidak memakan buah terlalu banyak namun mengharuskan untuk tetap menyeimbangkan serat dan nutrisi,” kata Hultin. 

Beberapa ahli gizi menyarankan untuk memakan setidaknya dua porsi buah setiap hari dan setidaknya tiga porsi sayuran. Fokuskan diri Mama untuk tetap mengonsumsi lebih banyak sayuran daripada buah. 

Pedoman menyarankan makan setidaknya dua porsi buah setiap hari dan setidaknya tiga porsi sayuran, jadi pilihlah buah beri favorit Anda atau buah melon untuk menikmati buah dengan cara keto sambil juga berfokus untuk mendapatkan sayuran Anda. 

5. Buatlah keputusan mengenai apa yang akan dimakan

5. Buatlah keputusan mengenai apa akan dimakan
Unsplash/Jessica To'oto'o

Keputusan mengenai apa yang ingin dimakan memang akan menjadi keberhasilan dietmu lho. 

Jika di awal apa yang kamu makan dengan benar, lalu mulai pertengahan kamu kembali dengan mengonsumsi makanan yang buruk. Ini justru akan membuat program dietmu yang sudah menjadi rutinitas sehat menjadi kacau dan tidak akan bisa berhasil jika terus-menerus tidak konsisten.

Diet bukan hanya sekedar untuk membuat keputusan hidup sehat saja nih, namun dibutuhkan konsisten dalam menerapkan semuanya agar tujuan Mama berhasil.

Selain itu, Mama perlu meningkatkan kesadaran tentang apa yang ingin dikonsumsi sehingga tidak ada lagi kebiasaan buruk dalam memilih jenis makanan yang akan dimakan. 

Beginilah 5 aturan yang bisa Mama terapkan dalam menurunkan berat badan. 

Baca juga: Sebelum Mencoba Diet Keto, Ketahui Pro dan Kontra Menurut Para Ahli

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.