Wajib Dicoba! Begini 5 Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi

Intip caranya yuk, Ma!

27 Februari 2021

Wajib Dicoba Begini 5 Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi
Freepik/sarayute.smalldog

Setiap orang tentu menginginkan hidup sehat tanpa penyakit, termasuk masalah kolesterol. Demi menjaga kesehatan tubuhnya, ada banyak orang yang berusaha menghindari makanan berkolesterol tinggi sebagai penyebab penyakit jantung. 

Perlu diketahui bahwa kadar kolesterol yang baik dan masih bisa ditoleransi yaitu kurang dari 200 mg/dL. Namun, hati-hatilah ketika jumlah kadar kolesterol sudah 200-239 mg/dL karena sudah ingin masuk kolesterol tinggi. Jika jumlahnya memasuki 240 mg/dL, maka sudah dikategorikan kolesterol tinggi. 

Jika kolesterol tinggi, maka ada baiknya segera diturunkan dengan berbagai cara agar kondisi tubuh tetap sehat. 

Untuk Mama yang ingin menjaga kesehatan tubuh diri sendiri dan keluarga agar terbebas dari kolesterol, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa cara dalam menurunkan tingkat kolesterol tinggi melalui cara-cara alami. 

Disimak demi kesehatan ya, Ma!

1. Melakukan olahraga teratur dalam meningkatkan kadar kolesterol baik 

1. Melakukan olahraga teratur dalam meningkatkan kadar kolesterol baik 
Freepik

Olahraga dapat membantu penerapan hidup sehat jika dilakukan secara teratur. Dengan begitu, olahraga akan meningkatkan kadar HDL serta menurunkann kadar LDL dan triglisedia. 

Tanpa disadari, olahraga yang dilakukan secara konsisten dapat menjadi obat alami dalam menurunkan kolesterol.

Demi menjaga kesehatan tubuh tetap bugar, sebaiknya lakukan olahraga setidaknya 30 menit per-hari agar manfaat ini bisa semakin terasa untuk mengurangi kadar kolesterol. 

Bahkan dalam sebuah studi, olahraga aerobik atau latihan mengangkat beban selama 12 minggu terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Intinya olahraga tetap harus dilakukan secara konsisten demi kesehatan diri sendiri ya, Ma!

Baca juga: 

Editors' Picks

2. Berusaha menghindari stres sebagai penurun kolesterol alami

2. Berusaha menghindari stres sebagai penurun kolesterol alami
Pexels/Pixabay

Sebagai obat penurun kolesterol yang alami, usahakan untuk menghindari stres dari berbagai masalah yang terjadi dalam hidup. 

Cara mudah dalam menurunkan tingkat stres, Mama perlu menemukan aktivitas yang membuat diri sendiri merasa bahagia. Selain itu, kebutuhan tidur perlu terpenuhi dengan baik karena kualitas dan kuantitas tidur yang kurang dapat meningkatkan kadar LDL dan tubuh menjadi stres.

Luangkan waktu juga untuk rehat sejenak dari segala pekerjaan rumah, lalu cari kesempatan untuk memiliki waktu sendiri agar dapat melakukan hal-hal baru yang lebih menyenangkan. 

Bila ada masalah yang sulit diselesaikan sendiri, ada baiknya ceritakan semua permasalahan kepada orang terdekat. Bercerita atau mengeluarkan segala isi hati juga dapat menurunkan tingkat stres apalagi bisa mendapatkan solusi terbaik. 

Baca juga: 10 Cara Ampuh Menghilangkan Stres dan Cemas Berlebihan

3. Tetap konsisten dalam menjaga pola hidup sehat

3. Tetap konsisten dalam menjaga pola hidup sehat
Freepik

Memiliki tubuh sehat memanglah tidak mudah apalagi kalau beberapa rutinitas sehari-hari tidak didukung dengan pola hidup yang baik. Dalam menurunkan tingkat kolesterol, Mama perlu menjaga pola hidup sehat. 

Salah satu tindakan untuk memulai hidup sehat yaitu dengan berhenti merokok agar menurunkan kadar LDL.

Tanpa disadari kebiasaan merokok dapat melukai dinding pembuluh darah lho, Ma. Dengan mengendalikan diri untuk berhenti merokok, setidaknya bisa terhindar dari berbagai penyakit akibat tingkat kolesterol yang tinggi. 

Selain itu, demi menurunkan kadar kolesterol tinggi sebaiknya tetap mengonsumsi makanan berserat seperti biji-bijian, gandum utuh dan berbagai jenis buah.

Asupan bernutrisi yang dikonsumsi tubuh tentu dapat menghasilkan bakteri baik di dalam usus, sehingga dapat berperan untuk mengontrol kadar kolesterol.

Menjaga pola hidup sehat dengan selalu memperbanyak asupan serat juga akan mencegah risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Baca juga: 

4. Menjaga asupan makanan demi mengontrol kadar HDL dan LDL

4. Menjaga asupan makanan demi mengontrol kadar HDL LDL
Freepik/yanalya

Kadar HDL dan LDL di dalam tubuh seseorang itu akan dipengaruhi oleh berbagai asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. 

Perlu Mama ketahui bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans dapat menyebabkan kolesterol meningkat. Makanan yang banyak kandungan lemak tinggi seperti daging berlemak, mentega, gorengan hingga berbagai makanan cepat saji. 

Berbagai makanan yang bisa menyebabkan kolesterol meningkat semakin tinggi perlu dihindari agar tidak menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Untuk itu, selalu pastikan untuk mengontrol berbagai asupan makanan agar kadar HDL dan LDL tetap selalu terjaga.

Yuk Ma, mulai memangkas lemak jenuh dan lemak trans demi kesehatan tubuh!

5. Memperbanyak konsumsi sumber omega 3 dari makanan dan suplemen

5. Memperbanyak konsumsi sumber omega 3 dari makanan suplemen
Pixabay/Arcaion

Ma, demi menurunkan kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung ada baiknya untuk tetap mengonsumsi minyak ikan. Perlu disadari bahwa minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 docosahexaenoic acid (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA).

Sumber omega 3 termasuk dalam biji dan kacang-kacangan, bahkan dianjurkan mengonsumsi kerang atau udang dalam jumlah yang sedikit. Selain itu, suplemen makanan laut dan minyak ikan juga bisa dikonsumi dalam menurunkan kolesterol. 

Itulah beberapa cara yang alami yang dapat menurunkan tingginya kolesterol di dalam tubuh. Semoga tips dari Popmama.com kali ini bisa membantu kesehatan Mama dan keluarga menjadi lebih terjaga. 

Tetap semangat untuk meningkatkan kesehatan keluarga ya, Ma!

Baca juga: Tak hanya Salmon, 6 Makanan Ini juga Mengandung Omega 3

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.