Diperpanjang Hingga 29 Mei 2020! Ini Cara Isi Sensus Penduduk Online

Sensus Penduduk Online resmi diperpanjang hingga 29 Mei 2020 nih, Ma! Yuk, isi sekarang. Gampang kok

3 April 2020

Diperpanjang Hingga 29 Mei 2020 Ini Cara Isi Sensus Penduduk Online
Pexels/rawpixel.com

Demi mengantisipasi penyebaran Covid-19 semakin meluas, Badan Pusat Statistik (BPS) memperpanjang masa pengisian Sensus Penduduk Online atau SP2020 hingga 29 Mei 2020. Hal ini dilakukan agar kegiatan di luar rumah bisa diminimalisir dan pengisian data dapat dilakukan secara online. 

Seluruh warga negara Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi membantu pemerintah dalam mendata informasi kependudukan dengan cara melakukan Sensus Penduduk Online ini. 

Pengisian mandiri secara online diharapkan dapat menciptakan pengumpulan data yang lebih akurat dan mutakhir. Selain itu, mampu menjadi bahan pengambilan kebijakan terkait kependudukan dan perencanaan pembangunan yang lebih baik.

Jika ingin berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2020 ini, syarat yang dibutuhkan yakni nomor KTP dan KK. Setelah itu setidaknya ada 21 pertanyaan yang perlu diisi secara online. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui informasi mengenai Sensus Penduduk Online dan panduan dalam pengisian datanya, kali ini Popmama.com telah merangkum semuanya. 

Disimak yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Sudah banyak masyarakat yang berpartipasi dalam Sensus Penduduk 2020

1. Sudah banyak masyarakat berpartipasi dalam Sensus Penduduk 2020
Instagram.com/bps_statistics

Suhariyanto selaku Kepala Badan Pusat Statistik memberikan pengumuman bahwa Sensus Penduduk Online akan diperpanjang hingga 29 Mei 2020. Kabar baik tersebut sempat disampaikan di media sosial resmi milik Badan Pusat Statistik. 

Terima kasih atas partisipasi 32,4 juta masyarakat yang telah berpartisipasi dalam periode awal Sensus Penduduk Online hingga 31 Maret 2020. 

Pemerintah sedang berupaya keras untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan meminta masyarakat banyak beraktivitas di rumah karena kesehatan dan keselamatan adalah hal yang utama. 

Untuk itu, bagi masyarakat yang belum sempat berpartisipasi. BPS akan memperpanjang Sensus Penduduk Online hingga 29 Mei 2020. 

Sejalan dengan pernyataan resmi dari pemerintah untuk melakukan pembatasan kegiatan di luar rumah dan tatap muka, BPS juga melakukan penyesuaian pelaksanaan Sensus Penduduk Online sebagai antisipasi penyebaran Covid-19. 

"Mari bersama-sama menjaga kesehatan, bekerja, beribadah, belajar #DiRumahAja, serta beri dukungan positif untuk pemerintah dengan mengisi Sensus Penduduk Online," kata Suhariyanto. 

2. Bagaimana cara mengisi data Sensus Penduduk Online?

2. Bagaimana cara mengisi data Sensus Penduduk Online
Freepik

Dalam melakukan Sensus Penduduk Online 2020 hanya bisa diakses melalui situs resmi saja, sehingga seluruh data Mama sekeluarga aman. Dengan pengisian secara online, masyarakat semakin dipermudah karena sangat praktis dan cepat. 

Setidaknya waktu yang diperlukan hanya sekitar 5 menit saja jika semua dokumen telah dipersiapkan dengan baik. 

Jika Mama masih bingung dalam mengisi data Sensus Penduduk Online 2020, berikut panduannya: 

  1. Siapkan dokumen-dokumen pribadi yang dibutuhkan.
  2. Masuklah ke laman sensus.bps.go.id untuk mengakses laman Sensus Penduduk Online (SPO) 2020
  3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK)
  4. Klik kotak kosong pada captcha, lalu klik "Cek Keberadaan"
  5. Jika pertama kali melakukan akses pada SPO, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai, lalu klik "Buat Password"
  6. Masukkan kata sandi yang telah dibuat, lalu klik "Masuk"
  7. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SPO, lalu klik "Mulai Mengisi"
  8. Pilihlah bahasa yang paling dikuasai
  9. Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya
  10. Pada halaman pertama Mama akan diminta mengisikan alamat tinggal keluarga saat ini, seperti provinsi, kota atau kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan, RT/RW dan nama jalan serta nomor rumah.
  11. Kemudian halaman selanjutnya Mama akan diminta untuk mengisikan keterangan data mengenai kondisi tempat tinggal saat ini.
  12. Selanjutnya Mama akan diminta mengisikan data keluarga satu persatu berurutan dimulai dari kepala keluarga, istri, anak atau anggota lainnya.
  13. Kemudian Mama akan diminta mengisikan data tentang aktivitas sehari-hari.
  14. Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol "Kirim"
  15. Unduh atau kirimkan bukti pengisian pada e-mail dengan terlebih dahulu mengisikan alamat e-mail

Perlu diketahui bahwa setiap anggota keluarga yang telah terdaftar di dalam  Kartu Keluarga, maka bisa mengisi sensus penduduk online.

Informasi dan data-data yang disampaikan selama Sensus Penduduk Online 2020 nantinya akan dijamin kerahasiaannya oleh BPS berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. 

3. Bagaimana hasil Sensus Penduduk 2020 hingga tanggal 31 Maret? 

3. Bagaimana hasil Sensus Penduduk 2020 hingga tanggal 31 Maret 
Pixabay/congerdesign

Hasil Sensus Penduduk Online yang berlangsung dari tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020 telah mencapai sekitar 12,5 persen penduduk Indonesia. 

Sebesar 85,73 persen kualitas data yang diisikan termasuk kualitas Grade A (sangat baik) dan Grade B (baik). Perlu diketahui bahwa data yang disampaikan melalui Sensus Penduduk Online sangat diperlukan untuk pembangunan Indonesia ke arah lebih baik lagi di masa mendatang. 

Jika belum juga mengisi sensus penduduk secara online, Mama perlu mendatangi petugas sensus pada 1-31 Juli 2020. Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah pendataan secara manual. 

Daripada menunda terlalu lama, mari bersama-sama #MencatatIndonesia dengan melakukan Sensus Penduduk Online!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.