Eksklusif: Ingin Terus Menambah Ilmu, Nina Zatulini Tak Malu Ikut Kelas Parenting Online

Sebelum mengurus tiga anak, Nina Zatulini terus memperkaya diri sendiri soal parenting

23 Oktober 2020

Eksklusif Ingin Terus Menambah Ilmu, Nina Zatulini Tak Malu Ikut Kelas Parenting Online
Instagram.com/ninazatulini22

Sebagai sosok Millennial Mama, nama Nina Zatulini mempunyai banyak cerita yang menginspirasi banyak orang. Sebagai calon mama yang akan memiliki tiga orang anak, kini Nina sudah mulai mempersiapkannya sejak masa-masa kehamilan. 

Ketika diwawancarai oleh Popmama.com secara virtual, Nina mengatakan bahwa persiapan tersebut pelan-pelan dipersiapkan dari segi fisik dan mental. Bahkan selama masa kehamilannya ini, Nina juga turut memperkaya ilmu baru dengan mengikuti kelas parenting online

Dengan tekad serta kemauan untuk tumbuh menjadi sosok yang lebih baik dari hari ke hari, Nina mengikuti kelas sesuai dengan kebutuhannya. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita dari Nina dalam mempersiapkan diri mengurus tiga orang anak apabila si Bungsu telah lahir, Popmama.com telah merangkum beberapa ceritanya. 

Yuk Ma, simak cerita dari dari Nina Zatulini sebagai Millennial Mama of the Month edisi Oktober 2020 melalui wawancara eksklusif secara virtual!

Editors' Picks

1. Demi memperkaya ilmu, Nina Zatulini sampai ikutan kelas parenting online

1. Demi memperkaya ilmu, Nina Zatulini sampai ikutan kelas parenting online
Dok. Pribadi/Nina Zatulini

Sebagai orangtua, tidak ada kata berhenti untuk belajar. Mengingat orangtua berperan besar untuk terus mendampingi anak-anak mereka sampai akhir hayat. 

Hal inilah yang selalu dipegang teguh oleh Nina Zatulini. Sebagai seorang mama yang sebentar lagi memiliki tiga orang anak, Nina pun terus memperkaya diri mengenai ilmu-ilmu parenting

Kepada Popmama.com, Nina bercerita kalau masih belajar untuk mengelola emosi diri sendiri ketika sedang menghadapi anak yang tantrum. 

"Saya terkadang memang masih belajar untuk mengatur emosi ketika anak sedang tantrum, mulai dari mengelola perasaan sendiri serta menghadapi perilaku anak. Terkadang memang masih suka hilang kendali, kita sebagai orangtua bisa saja jadi ikutan naik emosinya," jelas Nina.

Dengan mengetahui kapasitasnya tersebut, Nina pun belajar mengasah kemampuannya menjadi orangtua yang lebih baik dengan mengikuti kelas parenting online

Disela-sela kehamilan anak bungsunya, Nina pun tidak malu untuk mengikuti kelas yang diadakan secara virtual tersebut. Dari kelas tersebut, dirinya belajar banyak hal dan bisa diaplikasikan langsung kepada anak-anak di rumah.  

Cara Nina yang mau terus memperkaya ilmu untuk mengasuh anak-anaknya, patut ditiru. 

2. Nina Zatulini mengamati peran orangtua lain yang sudah mengurus tiga orang anak atau lebih

2. Nina Zatulini mengamati peran orangtua lain sudah mengurus tiga orang anak atau lebih
Instagram.com/ninazatulini22

Kepada Popmama.com, Nina Zatulini mengatakan bahwa ia termasuk tipe orang yang pengamat. Sebagai bahan pelajaran untuk dirinya sendiri, ia mampu mengamati kehidupan orang termasuk keluarga di sekitarnya. 

Nina pun mengamati peran dari orangtua lain yang sudah mengurus tiga orang anak atau lebih. 

"Kalau dari keluarga, kakakku sebenarnya sudah pernah merasakan mengurus tiga orang anak. Saya pribadi nggak terlalu bertanya banyak ke dia, melainkan lebih memerhatikan kehidupannya menjalani keseharian dengan banyak anak," kata Nina Zatulini ketika diwawancarai oleh Popmama.com secara eksklusif. 

Selain mengamati sang Kakak secara langsung atau di dunia maya, Nina pun turut belajar dari beberapa kerabat terdekatnya yang sudah mempunyai anak ketika sedang sharing terkait parenting di media sosial. 

Buat Nina, media sosial jika digunakan secara bijak dapat memotivasi dan memberikan pelajaran baru ke diri sendiri melalui pengalaman dari orang lain. 

"Kalau ada waktu luang, saya suka baca-baca sharing terkait parenting di media sosial. Apalagi sekarang kita bisa mengikuti akun media sosial tertentu untuk belajar dan menambah wawasan baru, terutama yang dapat diterapkan oleh kita sebagai orangtua," jelas Nina. 

3. Boleh saja mengamati formula parenting orangtua lain, namun Nina Zatulini mengingatkan untuk tetap harus bijak

3. Boleh saja mengamati formula parenting orangtua lain, namun Nina Zatulini mengingatkan tetap harus bijak
Dok. Pribadi/Nina Zatulini

Menurut Nina Zatulini, mencari informasi terkait mengurus tiga orang anak saat ini memang lebih mudah dengan adanya kecanggihan teknologi. 

Melihat media sosial orangtua lain di luar sana memang bisa pelajaran baru, namun Nina mengingatkan bahwa formula yang mereka terapkan ke anak tidak bisa ditelan begitu saja. Penting bagi orangtua untuk kembali menyaring berbagai formula dari orang lain apabila ingin menerapkannya ke keluarga. 

"Sebagai orangtua perlu sekali memahami formula mana yang cocok untuk diaplikasikan ke keluarga kita. Mengingat setiap keluarga memiliki formula yang berbeda-beda dalam membesarkan anaknya," ucap Nina.   

Sebagai seorang Mama, Nina berpesan boleh saja mencari tahu formula dari orangtua lain yang diterapkan kepada anak mereka melalui unggahan-unggahan di media sosial. Namun, tetap harus bijak dan pilihlah yang sesuai. 

Itulah beberapa cerita singkat dari Nina Zatulini terkait persiapan mengurus ketiga anaknya sekaligus tetap menjadi sosok Mama yang bahagia.   

Semoga cerita kali ini bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi ya, Ma. 

#MillennialMama of the Month Edisi Oktober 2020 – Nina Zatulini

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Content Writer – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah, Karsa Adiguna
Social Media - Sekar Retno Ayu
Art Designer – Baskoro Bayu Harymurti 

Baca juga: 

#MillennialMama of the Month

Nina Zatulini
Millennial Mama

Nina Zatulini

"Pilihan persalinan caesar atau normal, saya berharap yang terbaik untuk saya dan si Kecil"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.