Eksklusif: Sempat Terdampak Pandemi Covid-19, Hilyani Hidranto Bersyukur Punya Dana Darurat

Hilyani Hidranto juga mulai belajar mengelola keuangan dari sang Suami

18 Januari 2021

Eksklusif Sempat Terdampak Pandemi Covid-19, Hilyani Hidranto Bersyukur Pu Dana Darurat
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Pandemi Covid-19 di Indonesia belum kunjung mereda, bahkan angka kasus positif masih terus naik dan mencapai rekor-rekor baru di setiap harinya. 

Dampak pandemi memang tidak hanya terkait dengan kesehatan saja, melainkan perlahan-lahan akan berdampak buruk terhadap perekonomian keluarga. Banyak masyarakat di Indonesia yang menjadi korban gelombang PHK karena perusahaan harus melakukan perampingan karyawan. 

Untuk mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 yang terus berlangsung dalam jangka panjang, keluarga perlu mengatur keuangan dengan baik dan menyiapkan dana darurat terutama di masa-masa krisis. 

Berkaitan dengan tabungan dan dana darurat, Hilyani Hidranto dan keluarganya termasuk beruntung karena mampu mengelola pendapatan mereka selama pandemi berlangsung. Walau sempat terdampak karena semua studio sebagai tempat mengajarkan olahraga pound fit harus tutup karena imbas dari pandemi, namun Hilyani akhirnya bisa berdamai dan kembali bangkit untuk menjalani rutinitas baru. 

"Ketika mulai beradaptasi dengan kondisi di tengah pandemi Covid-19. Saya pun menyadari bahwa kecanggihan teknologi perlu dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, saya membuka kelas-kelas secara online," ucap Hilyani. 

Tak hanya membuat kelas olahraga secara virtual, Hilyani juga mempunyai hobi berbinis karena ikut tergabung dalam bisnis MLM. 

Terkait dengan cara Hilyani mengelola keuangan dan terbantu karena sang Suami memiliki dana darurat, kali ini Popmama.com telah merangkum ceritanya. 

Simak rangkuman cerita dari mama satu anak ini dalam Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021 yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Hilyani dan suami beruntung memiliki dana darurat di masa-masa pandemi Covid-19 

1. Hilyani suami beruntung memiliki dana darurat masa-masa pandemi Covid-19 
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Kondisi terburuk pun bisa terjadi jika pandemi terkait Covid-19 terus berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Secara otomatis situasi tersebut dapat menghantam pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk pada lingkup terdekat yakni keuangan keluarga. 

Ketika diwawancarai oleh Popmama.com, Hilyani bercerita bahwa dana darurat membantu untuk bisa lebih survive selama pandemi ini. 

Dana darurat adalah dana yang disimpan untuk keadaan darurat. Dana ini akan berperan sangat penting dalam kondisi-kondisi yang sudah dianggap genting, bahkan bisa menjadi solusi saat sedang menghadapi situasi terburuk. 

"Dana darurat di masa-masa seperti sekarang memang sangat penting sekali, tetapi justru ini menjadi PR baru untuk saya dan suami. Jika kemarin dana darurat sudah sempat terpakai, sekarang harus berpikir bagaimana caranya agar dana darurat bisa terkumpul kembali," ucap Hilyani.  

Dana darurat dimaknai Hilyani sebagai uang yang bisa digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk kebutuhan mendadak di dalam keluarga. 

Terkait dana darurat ini, Mama perlu memahami bahwa mempersiapkan dan tersebut sangatlah penting. Jika ingin memulai untuk mempersiapkan dana darurat, cobalah terlebih dahulu menentukan target jumlah uang yang mau dikumpulkan. 

Jika sudah mengetahui target dana darurat yang ingin dicapai, Mama bisa konsisten untuk mempersiapkannya perlahan-lahan. Perlu disiplin juga untuk memonitor jumlah dana darurat dari bulan ke bulan ya, Ma. 

2. Hilyani salut dengan cara suaminya mengelola finansial 

2. Hilyani salut cara suami mengelola finansial 
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Istri dari pebasket dari Satria Muda Pertamina Jakarta, Arki Dikania Wisnu ini mengaku salut dengan sang Suami untuk urusan mengelola finansial. 

"Saat pandemi datang, otomatis semua rencana jadi berubah. Belum lagi pemasukan berkurang, tetapi pengeluaran tetap harus ada. Alhamdulillah, sebelumnya suami rajin menabung," ucap Hilyani. 

Hadirnya dana darurat pun membuat Hilyani bersyukur karena masih memiliki pegangan untuk menjalani tahun 2020 yang penuh dengan lika-liku. 

"Suami memang rajin sekali menabung, jadi sekarang pelan-pelan belajar juga untuk menyisihkan uang dan berusaha menahan agar tidak menggunakan kartu kredit," lanjutnya. 

Kebiasaan positif untuk mulai menabung dan mengelola finansial memang perlu dilakukan dari hal-hal kecil ya, Ma.

3. Mulai saja pelan-pelan, jadi tips dari Hilyani saat ingin menabung dana darurat

3. Mulai saja pelan-pelan, jadi tips dari Hilyani saat ingin menabung dana darurat
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Sepanjang menjalani masa-masa pandemi yang dirasakan oleh semua orang di dunia, Hilyani menemukan pelajaran bahwa menabung sangatlah penting sebagai sebuah bekal. Apalagi jika sewaktu-waktu ada keperluan mendadak atau tak terduga, sehingga tabungan tersebut bisa dipakai. 

"Menabung itu memang sangat berperan penting. Walau ini sedang pandemi, tetapi sebisa mungkin dari pemasukkan yang kita dapat bisa disisihkan terutama untuk dana darurat," ucap Hilyani. 

Kepada Popmama.com, Hilyani juga berpesan untuk sebisa mungkin tidak memaksakan menabung dana darurat dalam jumlah yang terlalu besar di awal. 

"Persenannya jangan terlalu besar di awal. Kalau kita persenananya di awal sudah cukup banyak disisihkan untuk dana darurat, ini pasti akan terasa berat. Menurut saya, sebaiknya pelan-pelan saja dulu yang penting ada yang disisihkan untuk dana darurat. 

Demikian cerita menginspirasi dari Hilyani Hidranto yang mengingatkan tentang pentingnya menabung dan memiliki dana darurat, sehingga finansial keluarga menjadi lebih aman. 

Semoga cerita dari mama satu anak ini bisa memberikan motivasi tersendiri ya, Ma. 

Baca juga: 

#MillennialMama of the Month Edisi Januari 2021 – Hilyani Hidranto

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aristika Medinasari
Photographer - Michael Andrew

#MillennialMama of the Month

Hilyani Hidranto
Millennial Mama

Hilyani Hidranto

"Pandemi membuat saya sadar bahwa punya tabungan itu penting"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.