Jadi Hiburan Keluarga, Begini 5 Manfaat Anak Menonton Drama Musikal

Sudah pernah mengajak anak menonton drama musikal?

10 Februari 2020

Jadi Hiburan Keluarga, Begini 5 Manfaat Anak Menonton Drama Musikal
Pixabay/Gellinger

Mencari hiburan untuk keluarga termasuk anak-anak memang harus bijak dan dipikirkan dengan baik. Setuju nggak, Ma? 

Jika biasanya Mama mengajak si Kecil untuk pergi menonton film anak-anak di bioskop, maka cobalah untuk sesekali menonton sebuah pergelaran drama musikal secara langsung. Ketika menonton drama musikal, maka tidak hanya bisa melihat para pemerannya saja karena ada beragam manfaat positif yang akan didapat anak-anak. 

Teknologi dan properti drama musikal pun dapat membuat si Kecil terpukau, sehingga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan untuknya. 

Jika Mama ingin mengetahui berbagai manfaat positif saat mengajak anak-anak menonton drama musikal, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Mampu meningkatkan kepercayaan diri anak 

1. Mampu meningkatkan kepercayaan diri anak 
Pixabay/martindearriba

Kepercayaan diri anak-anak memang perlu dibagun sedini mungkin karena di masa mendatang akan berguna, termasuk saat sedang bersosialisasi. Meskipun begitu sangat disayangkan bahwa ada beberapa orangtua yang secara tidak sadar bersikap kurang terkendali, sehingga jusru dapat mematahkan rasa percaya diri anak. 

Dalam berusaha meningkatkan kepercayaan diri anak, Mama perlu mengetahui bahwa ada banyak cara yang dapat dilakukan. Mengajak anak menonton drama musikal bisa menjadi salah satu cara ketika pelan-pelan ingin meningkatkan rasa kepercayaan dirinya. 

Dengan berbagai karakter yang hadir dalama sebuah drama musikal, ada kemungkinan ada karakter favorit si Kecil di sana. Sebuah karakter yang diidolakannya bisa saja membuatnya ingin menjadi sosok seperti itu, bahkan meningkatkan sebuah rasa kepercayaan diri. 

Bukan tidak mungkin kalau anak mama memiliki keinginan dan tertarik pada sebuah seni peran di dalam sebuah drama musikal. Jika momen itu sudah terlihat, maka Mama pun perlu mendukungnya. 

Tidak ada salahnya untuk mengikutsertakan anak pada sebuah komunitas seni peran, sehingga si Kecil semakin memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi. 

2. Belajar mengapresiasi hasil karya orang lain 

2. Belajar mengapresiasi hasil karya orang lain 
Pixabay/skeeze

Menonton sebuah drama musikal bersama anak-anak akan berdampak positif untuk perkembangannya. Namun, Mama perlu ingat juga mencari drama musikal yang cocok sesuai usia si Kecil. 

Sebagai penonton, anak-anak pun akan melihat berbagai aksi panggung para pemeran. Ketika itu, orangtua dapat berdiskusi dengan anak tetap apa saja hal yang didapat usai menonton drama musikal termasuk pelan-pelan mengajarkannya memberikan apresiasi dengan hasil karya orang lain.

Sekadar memberikan tepuk tangan pun dapat menjadi salah satu contoh sederhana yang perlu Mama ajarkan kepada si Kecil. Dengan begitu, dirinya akan lebih belajar dalam menghargai dan mengapresiasi hasil karya orang lain. 

Editors' Picks

3. Pelan-pelan mengajarkan anak untuk berpikir secara kritis 

3. Pelan-pelan mengajarkan anak berpikir secara kritis 
Freepik/Jcomp

Drama musikal tentu menjadi sebuah pertunjukan seni yang kompleks dan menarik apalagi dengan berbagai alunan lagu. 

Jalan cerita sebuah drama musikal pastinya juga akan berbeda-beda, sehingga anak mendapatkan pembelajaran baru setiap kali Mama mengajak anak-anak menontonnya. Dengan keanekaragaman tersebut, dirinya pun akan belajar bahwa ada beragam cerita yang dapat diambil pesan moral. 

Bila sewaktu-waktu anak kurang mengerti dengan cerita yang disuguhkan di dalam drama musikal, maka orangtua pun harus membimbingnya dan menjelaskan pelan-pelan terkait pesan moral tersebut. 

Jadikan pesan moral ini sebagai bahan diskusi yang dapat membuat anak terlatih dalam berpikir kritis. 

4. Membantu anak untuk lebih mudah dalam bereskpresi 

4. Membantu anak lebih mudah dalam bereskpresi 
Freepik/Berzin

Menurut Rosalina Verauli, M.Psi, Psi sebagai psikolog anak dan remaja menjelaskan bahwa dongeng, seni peran dan musik dapat menguatkan karakter positif dan selfconfidence pada anak.

Selain itu, mendorong perkembangan imajinasi, kreativitas dan kemampuan lingkuistiknya. Bahkan anak-anak juga akan terlatih mengelola emosi serta terampil secara sosial. 

"Musikal memiliki kekuatan tersendiri untuk mendukung perkembangan anak khususnya dalam meningkatkan kemampuan berekspresi," ucap Rosalina Verauli saat press conference Dongeng Musikal berjudul Senandung Anak Jaman pada Jumat (7/2/2020) di Jakarta. 

Dengan menonton drama musikal, anak-anak pun terlatih dalam menyampaikan berbagai ekspresi tentang semua perasaan tersebut. 

Dari sini, Mama pun dapat melatih anak dalam mengenal dan mengajarkan perihal manajemen emosi. 

5. Sebagai sarana hiburan anak yang tidak membuatnya jenuh

5. Sebagai sarana hiburan anak tidak membuat jenuh
Popmama.com/Fx Dimas

Tak bisa dipungkiri bahwa drama musikal termasuk salah satu sarana hiburan yang bisa didapatkan oleh anak-anak. Bahkan ada beragam manfaat positif yang didapat oleh si Kecil.

Jika sedang mencari hiburan untuk anak-anak, maka Mama perlu diketahui bahwa ada persembahan khusus dari Cerita Cinta Anak Indonesia (CCAI). Di tahun 2020, CCAI kembali mempersembahkan hiburan untuk anak Indonesia

CCAI sebagai sebuah komunitas sosial yang memiliki kepedulian khusus pada anak, khususnya anak-anak kaum marjinal, berkebutuhan khusus dan difabel bekerja sama dengan Ciputra Artpreuner mengadakan Pagelaran Dongeng Musikal berjudul Senandung Anak Jaman.

Nantinya pementasan akan dilakukan dilakukan di Ciputra Artpreuner pada 16 Februari 2020 mendatang. 

Senandung Anak Jaman menceritakan tentang problematika yang dihadapi anak-anak masa kini mulai dari kecanduan menggunakan gadget, bullying dan rapuhnya toleransi yang dikemas dalam sebuah lagu dan gerak berdurasi kurang lebih dua jam. 

Acara ini juga didukung lebih dari 100 sukarelawan lintas profesi dan nantinya akan menghadirkan 1100 kursi selama acara berlangsung. 

CCAI pun memiliki misi untuk menginspirasi dan memotivasi anak Indonesia melalui senin bahkan ada 600 kursi tersedia gratis. Kursi gratis ini disediakan untuk anak-anak lintas iman, komunitas anak kaum marjinal, berkebutuhan khusus dan difabel untuk menyaksikan pertunjukkan ini secara cuma-cuma. 

Acara ini usahakan tidak sampai terlewatkan ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.