IMS 2020: Arief Muhammad Terapkan 3K Saat Mulai Jadi Content Creator

Ada yang suka menonton konten-konten video dari Arief Muhammad nggak nih, Ma? 

18 Januari 2020

IMS 2020 Arief Muhammad Terapkan 3K Saat Mulai Jadi Content Creator
Dok. IDN Times

Arief Muhammad dan Tiara Pangestika alias Tipang termasuk salah satu pasangan YouTuber yang konten videonya selalu diminati banyak orang. Banyak konten video yang dihasilkan oleh mereka berdua termasuk traveling. 

Saat acara Indonesia Millennial Summit 2020 (IMS) sebagai sebuah event tahunan dari IDN Media pada Jumat (17/1/2020) di The Tribrata, Jakarta, Arief berbagi cerita kepada para peserta. Lewat panggung Talent Trifecta, suami dari Tipang ini memberikan motivasi agar banyak orang-orang bisa belajar menjadi seorang content creator. 

Perlu diketahui dulu bahwa di panggung Talent Trifecta, seluruh pengisi acara memiliki visi serupa yakni untuk pembangunan Indonesia. Hal ini dikarenakan semua perubahan dalam pembangunan Indonesia tidak akan pernah lepas dari talenta generasi muda, termasuk mereka yang berkreasi dan berkarya tanpa batas.

Selain berprestasi dan kontennya diminati, Arief pun termasuk orang yang berperan di industri kreatif apalagi dengan berkembangnya teknologi masa kini. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui beberapa hal penting dari Arief Muhammad ketika menjadi seorang content creator, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Karakter menjadi keutamaan saat membuat konten

1. Karakter menjadi keutamaan saat membuat konten
Dok. IDN Times

Profesi sebagai YouTuber atau seorang content creator kini telah menjadi impian bagi banyak orang. Dianggap menyenangkan dan bisa mengeluarkan segala potensi diri bahkan sekarang banyak publik figur yang sering masuk layar kaca sudah mulai merambah ke YouTube. 

Meskipun banyak pendatang mulai banyak bermunculan, namun Arief Muhammad yang semakin dikenal banyak orang sejak bermain Twitter dengan akun yang sangat fenomenal bernama @Poconggg.

Selain masih aktif menulisan cuitan di Twitter walau sesekali dilakukan, namun konten video Arief cukup banyak terunggah di YouTube, bahkan tak jarang dirinya mengajak sang Istri. 

Dalam acara Indonesia Millennial Summit, Stage Talent Trifecta hari Jumat (17/1/2020), Arief menuturkan bahwa keberhasilannya menjadi content creator saat ini berawal dengan menerapkan konsep 3K. 

"3K selalu menjadi panduan penting untuk saya. Sebelum membuat konten perlu sekali menjadi diri sendiri dengan berusaha menggali karakter yang dimiliki. Nantinya karakter tersebut akan menjadi pembeda dengan karakter orang lain," ucap Arief. 

Sebagai orang yang sudah membuat banyak konten di media sosial, Arief pun mengingatkan kembali bahwa karakter dapat ditemukan dengan sebuah eksplorasi diri. 

"Mencoba hal yang baru itu nggak masalah, asalkan tetap tahu batasannya. Vlog menarik, tetapi kadang tidak semua kehidupan orang bisa dinikmati dengan membuat konten seperti ini," kata Arief. 

Dengan banyaknya jenis konten yang bisa dibuat di media sosial, Mama perlu ingat bahwa untuk pahami karakter diri sendiri itu sangatlah penting sebelum membuat konten. 

"Harus mencari karakter yang menjadi pembeda antara kita dengan orang lain. Lalu ketahui juga minat bakatnya lebih mengarah ke mana," tambahnya.

Editors' Picks

2. Konten yang dibuat harus sesuai dengan karakter

2. Konten yang dibuat harus sesuai karakter
Instagram.com/tiarapangestika

Sampai saat ini, akun YouTube Arief Muhammad sendiiri sudah memiliki 2,24 juta subscriber. Arief pun pernah diundang langsung oleh Presiden Joko Widodo ke istana negara. Hal ini dikarenakan konten-konten buatannya dianggap mendidik dan membawa dampak positif untuk anak muda Indonesia. 

Selain karakter yang menjadi bagian 3K, Arief pun mengatakan bahwa pemilihan konten harus diperhatikan dengan baik. 

"Konten yang dibuat harus sesuai dengan karakter. Jadi ketika sudah memahami karakter, maka akan semakin mempermudah karena kita bisa memahami konten yang sesuai dan disukai sama diri sendiri. Walau konten tersebut sedang tidak tren yang penting bisa jujur pada diri sendiri," ucap Arief. 

Untuk mengurangi rasa takut ketika konten tak diterima oleh masyarakat, Arief memberikan saran untuk tetap tenang karena setiap konten kreatif memiliki penggemarnya sendiri. 

"Tidak apa-apa sedikit yang nonton, tetapi berusaha jujur dengan diri sendiri terhadap konten yang dibuat serta tetap berkualitas," tambahnya. 

3. Konsisten agar konten diminati banyak orang

3. Konsisten agar konten diminati banyak orang
Instagram.com/tiarapangestika

Menurut Arief, kemauan diri sendiri untuk maju juga bisa menjadi sebuah modal untuk konsisten berkarya. 3K terakhir selalu karakter dan konten, konsisten pun tetap perlu dilakukan. 

"Dengan konten yang dibuat secara konsiten, maka akan lebih diminati banyak orang. Jangan lupa juga untuk rajin ngulik atau riset konten-konten baru yang disenangi banyak orang," kata Arief. 

Saat seorang content creator sudah naik dan diminati tentu akan dibicarakan banyak orang, maka ada baiknya berusaha tetap konsisten terhadap konten yang dibuat dan selalu melakukan inovasi baru. Rajin melakukan riset tentang konten-konten yang sedang viral sangat membantu membuka jalan dalam hal berinovasi atau berkolaborasi dengan orang lain. 

Nah, itulah beberapa tips yang dibagikan oleh Arief Muhammad di IMS 2020 lewat panggung bertema Talent Trifecta.

Semoga tips serta kisah inspirasi dari Arief saat membuat sebuah konten di media sosial dapat menumbuhkan optimisme bagi banyak orang. Semangat untuk terus berkarya yuk, Ma! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.