Jadi Aktivitas Bonding, Christian Sugiono Rutin Ajak Anak Cuci Tangan

Christian Sugiono membiasakan cuci tangan menjadi aktivitas bonding bersama anak

16 Oktober 2020

Jadi Aktivitas Bonding, Christian Sugiono Rutin Ajak Anak Cuci Tangan
Instagram.com/csugiono

Mencuci tangan menggunakan sabun semakin penting dilakukan untuk mengurangi penyebaran infeksi virus. Mengingat di tengah pandemi seperti sekarang perlu sekali menjaga kesehatan dan kebersihan diri. 

Masih dalam rangka peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia yang dilaksanakan setiap tanggal 15 Oktober, Christian Sugiono juga turut menjaga kesehatan keluarganya dimulai dari memerhatikan kebersihan tangan. 

Dalam acara konferensi pers terkait Lifebuoy Hari Cuci Tangan Sedunia #TanganBersihUntukIndonesia pada Kamis (15/10/2020), papa dua anak tersebut berbagi cerita mengenai caranya menerapkan kebiasaan mencuci tangan untuk  Arjuna Zayan Sugiono dan Kai Attar Sugiono. 

Kedua anak laki-lakinya itu telah diajarkan untuk menerapkan kebiasaan mencuci tangan sejak sedini mungkin. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita sekaligus cara Christian Sugiono dalam menerapkan pola hidup bersih terkait dengan cuci tangan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Yuk Ma, disimak dan semoga cerita dari Christian Sugiono bisa memberikan inspirasi tersendiri!

Editors' Picks

1. Christian Sugiono semakin memerhatikan kebersihan tangan kedua anaknya selama pandemi Covid-19

1. Christian Sugiono semakin memerhatikan kebersihan tangan kedua anak selama pandemi Covid-19
Dok. Lifebuoy

Sebagai kepala rumah tangga, Christian Sugiono menjalani perannya untuk selalu memastikan kesehatan keluarga. Hal terkecil pun dimulai dari kebersihan tangan, sehingga terus konsisten untuk menerapkan cuci tangan menggunakan sabun.

“Saya bersama Titi sudah membiasakan Arjuna dan Kai untuk mencuci tangan, jauh sebelum pandemi. Namun sekarang kami merasakan pembiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar pada anak-anak menjadi semakin penting. Kami juga terus mengingatkan anak-anak untuk mencuci tangan setiap saat," jelas Christian Sugiono sebagai Brand Ambassador Lifebuoy. 

Di situasi sekarang, pasangan ini semakin ekstra menjaga kebersihan tangan dari kuman penyakit. 

2. Christian Sugiono dan Titi Kamal berusaha untuk memberikan contoh saat menerapkan kebiasaan cuci tangan 

2. Christian Sugiono Titi Kamal berusaha memberikan contoh saat menerapkan kebiasaan cuci tangan 
Popmama.com/Fx Dimas

Kebiasaan anak yang seringkali memegang benda-benda asing tanpa mencuci tangan sebelum atau setelah makan bisa menyebabkan penyakit tertentu. Jika tidak diperhatikan, maka akan memicu risiko penyakit seperti hepatitis, impetigo, flu, diare, batuk, penyakit kulit hingga mata merah.

Bagi Christian Sugiono, menanamkan pondasi untuk terbiasa cuci tangan di rumah sangat penting dilakukan terutama dalam mendidik anak hidup bersih. 

"Kami terus mengingatkan anak-anak untuk mencuci tangan setiap saat, sebelum dan sesudah beraktivitas, terutama aktivitas di luar. Saya dan Titi sadar pandemi ini belum selesai, sehingga kita semua tetap harus waspada," jelas papa satu anak ini. 

Demi menerapkan cuci tangan dengan sabun, Christian Sugiono dan sang Istri berusaha memberikan contoh yang baik untuk anak-anak. Mengingat anak kecil termasuk peniru yang ulung, sehingga perlu dicontohkan agar tetap konsisten menerapkan pola hidup sehat. 

Dengan dicontohkan dan terus diarahkan, Christian Sugiono bisa menjadikan kebiasaan cuci tangan bersama anak sebagai waktu tepat untuk bonding.

3. Mengenalkan betapa jahatnya kuman melalui tayangan edukasi terkait kebersihan tangan

3. Mengenalkan betapa jahat kuman melalui tayangan edukasi terkait kebersihan tangan
Instagram.com/csugiono

Mengajarkan si Kecil untuk rajin mencuci tangan memang butuh kesabaran tersendiri, apalagi setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Di keluarga kecilnya, Christian Sugiono berusaha memberikan pelajaran terkait pentingnya mencuci tangan melalui sebuah video animasi atau kartun. 

Dalam tayangan edukasi tersebut, anak-anak akan mengetahui bahwa kuman itu sangat jahat dan bisa menimbulkan penyakit apabila tidak rajin mencuci tangan. 

Menurut suami dari Titi Kamal ini, anak-anak memang perlu mendapatkan pendidikan terkait kebersihan sejak dini. Hal ini tentu akan membuat mereka lebih sadar untuk selalu menjaga kebersihan.

Di akhir konferensi pers, Christian Sugiono ingin mengajak para orangtua Indonesia untuk terus berperan besar dalam hidup anak-anak. Ini perlu konsisten dilakukan, sehingga mampu mengajarkan dan mengingatkan anak-anak untuk mencuci tangan dengan benar agar terhindar dari kuman penyakit. 

Itulah beberapa rangkuman cerita sekaligus cara dari Christian Sugiono dalam menerapkan kebiasaan cuci tangan kepada anak-anaknya. 

Semoga informasi di atas bisa memberikan motivasi untuk terus menjaga kesehatan anak-anak, mulai dari konsisten mencuci tangan. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.