Ada "Lingkaran Hitam" di Payudara, Kesha Ratuliu Edukasi Soal SADARI

Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) perlu rutin dilakukan nih, Ma!

24 Februari 2020

Ada "Lingkaran Hitam" Payudara, Kesha Ratuliu Edukasi Soal SADARI
Instagram.com/kesharatuliu05

Melalui cerita di Instagram pribadinya pada Minggu (23/2/2020), Kesha Ratuliu sempat membagikan masalah kesehatannya di bagian payudara untuk mengedukasi banyak perempuan. 

Keponakan Mona Ratuliu ini sempat dikira oleh sebagian orang sedang mengunggah foto USG anak pertamanya, Kesha pun langsung menjelaskan bahwa foto tersebut merupakan hasil USG pada bagian payudara. 

Itu hasil USG payudaraku yang sebelah kanan. Kenapa ada lingkaran hitam yang kalian sangka itu janin. Itu adalah tumor atau kista, kenapa masih tahu karena aku belum konsul kembali dengan dokter hehe

Menurut ceritanya,  Kesha baru melakukan pemeriksaan serta konsultasi ke dokter satu kali. Dari yang terlihat saat USG ada benjolan di bagian payudara kananku dan masih dideteksi jinak. 

"Punyaku sih sesuai dokter radiologi katanya jinak, tetapi belum tahu benar atau nggak karena belum ketemu sama dokter ongkologi-nya," ucap Kesha. 

Dalam InstaStory pribadinya, Kesha memang ingin membagikan permasalahan kesehatannya tersebut ke media sosial karena sebagian besar yang mengikutinya di Instagram adalah perempuan. 

Kesha ingin pengikutnya di media sosial teredukasi dengan baik mengenai "SADARI" alias pemeriksaan payudara sendiri. 

Jika Mama ingin mengetahui informasi lebih banyak serta beberapa langkah tepat dalam melakukan SADARI, kali ini Popmama.com telah merangkum penjelasannya. 

Demi kesehatan payudara semoga informasi mengenai SADARI ini dapat berguna ya, Ma!

1. Apa itu SADARI? 

1. Apa itu SADARI 
Instagram.com/kesharatuliu05

Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) adalah salah satu cara yang mudah dalam mendeteksi tanda-tanda terhadap sel kanker payudara sedini mungkin. SADARI menjadi pemeriksaan yang dapat dilakukan dengan cermat terhadap perubahan fisik pada bagian payudara. SADARI dapat dilakukan pada bantuan tangan dan penglihatan, bahkan cermin agar pemeriksaan dilakukan dengan teliti. 

Perlu Mama ketahui bahwa ada waktu terbaik saat ingin melakukan SADARI. Lakukanlah pemeriksaan beberapa hari setelah berakhirnya periode menstruasi. Hal ini dikarenakan pada masa menstruasi, kadar hormon berfluktuasi sehingga menyebabkan perubahan pada bagian tubuh termasuk payudara yang semakin mengencang. 

Dalam menerapkan SADARI secara rutin, Mama dapat melakukannya dengan beberapa cara antara lain: 

  • SADARI di depan cermin
  • SADARI sambil berbaring 
  • SADARI di dalam kamar mandi ketika sedang mandi

Editors' Picks

2. Kesha Ratuliu bagikan tips agar perempuan mulai rutin melakukan SADARI

2. Kesha Ratuliu bagikan tips agar perempuan mulai rutin melakukan SADARI
Instagram.com/kesharatuliu05

"Banyak banget yang nanya gimana aku bisa notice karena punyaku ini nyut-nyutan, tetapi cuma di daerah yang ada benjolannya. Pas aku pegang ternyata ada benjolan," tulis Kesha pada unggahan InstaStory pribadinya. 

Mengenai permasalahan kesehatan yang sedang dialaminya saat ini, Kesha mengingatkan banyak perempuan di luar sana untuk melakukan SADARI. 

Melalui bantuan cermin, SADARI pun dapat diterapkan. Berikut beberapa cara yang harus dilakukan ketika ingin melakukan SADARI sambil bercermin, seperti: 

  • Pastikan untuk melepas semua pakaian bagian atas agar dapat mengalami bila ada benjolan di bagian payudara. 
  • Berdirilah di depan cermin dengan posisi kedua tangan di samping tubuh, kemudian periksa bagian payudara secara menyeluruh. 
  • Perhatikan kedua payudara, mulai dari ukuran hingga bentuk. Catatlah beberapa keanehan apalagi ketika posisi kedua payudara terlihat tidak simetris. 
  • Perhatikan jika ada perubahan warna kulit atau bentuk puting payudara yang mulai berbeda. Catatlah bila kondisi puting terkesan masuk ke dalam atau terlihat keluar. 
  • Cobalah untuk membungkuk di depan cermin, sehingga payudara terjulur ke bawah. Lalu perhatikan dan terus meraba untuk memeriksa apakah ada perubahan tertentu pada bagian payudara. 
  • Cobalah tempatkan jempol dan jari telunjuk di sekitar puting, lalu tekan secara perlahan. Periksalah bila ada cairan yang keluar dari puting. 

Berbagai catatan mengenai payudara hingga bagian puting bisa menjadi riwayat kesehatan ketika nantinya akan kembali melakukan SADARI.

Bila ada yang aneh, maka langsung saja berkonsultasi ke dokter untuk memastikan kesehatan payudara. 

3. Payudara kanan Kesha Ratuliu terdapat benjolan

3. Payudara kanan Kesha Ratuliu terdapat benjolan
Instagram/Kesharatuliu05

Aku adalah tipe yang kelenjar payudaranya besar-besar, jadi lebih gampang tumor atau kista tumbuh di payudara. 

Beruntungnya benjolan ini ada di arah jam 2 payudara kananku, jadi aku tahu lebih cepat kalau ada benjolan. Setelah di cek ternyata sudah 3 cm, jadi lumayan besar menurutku. 

Buat kalian para perempuan karena sekarang banyak banget makanan yang nggak tahu dibuat dari apa dan berbagai macam variannya. Kalian pasti senang banget mengonsumsi makanan tersebut, jadi lakukan SADARI ya. 

Jika kalian menemui benjolan dan sebagainya langsung cek ke dokter ongkologi supaya tahu "apakah benjolan yang kalian miliki itu aman atau nggak?"

Aku sampai sekarang baru konsul sekali karena dokter yang aku tuju ini punya jadwal khusus di rumah sakit. 

Terkait penjelasan Kesha mengenai permasalahan tentang kesehatan payudaranya dan SADARI perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Segeralah melakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter bila saat melakukan SADARI menemukan beberapa hal yang mencurigakan, yakni: 

  • Terlihat ada ruam di sekitar puting. 
  • Adanya benjolan keras di bagian payudara atau ketiak. 
  • Mengeluarkan darah dari bagian puting payudara. 
  • Ada rasa sakit dan tidak nyaman di bagian payudara. 
  • Mengeluarkan cairan dari puting payudara, namun yang keluar itu bukanlah ASI. 
  • Mengalami perubahan pada permukaan kulit, seperti terkesan berkerut atau terdapat sebuah cekungan. 
  • Puting berubah bentuk jika diperhatikan, seperti seolah masuk ke bagian dalam. 
  • Mengalami perubahan ukuran dan bentuk payudara apalagi ketika sedang menggerakkan lengan atau mengangkat payudara. 
  • Jika diperhatikan saat melakukan SADARI akan melihat bagian puting yang memerah dan menjadi lembap, namun tak kunjung sembuh. 

Bila ada tanda-tanda yang aneh, maka ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan terkait kondisi payudara. Intinya usai melakukan SADARI, maka perlu juga melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya bersama dokter.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai SADARI sebagai salah satu pemeriksaan yang mudah sekali untuk dilakukan, sehingga dapat mendeteksi berbagai tanda terhadap sel kanker payudara.

Semoga informasi ini bisa berguna ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.