Klarifikasi dan Minta Maaf, Raffi Ahmad: Ini Murni Keteledoran Saya

Dari lubuk hatinya yang paling dalam, Raffi Ahmad meminta maaf kepada masyarakat Indonesia

14 Januari 2021

Klarifikasi Minta Maaf, Raffi Ahmad Ini Murni Keteledoran Saya
Instagram.com/raffinagita1717

Nama Raffi Ahmad menjadi trending topic di Twitter dan banyak dibicarakan warganet sejak Rabu (13/1/2021). Raffi Ahmad memang telah masuk ke dalam daftar kloter pertama penerimaan vaksin di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Papa satu anak ini dinilai bisa mewakili warga millennial dari berbagai pihak agar mengikuti jejaknya untuk menerima vaksin, namun selang beberapa jam setelah vaksin justru Raffi tidak mengikuti protokol kesehatan dengan baik. 

Media sosial dihebohkan dengan sebuah unggahan InstaStory Anya Geraldine yang memperlihatkan keberadaan Raffi di malam tersebut. Dalam foto tersebut terlihat Raffi, Nagita Slavina, Gading Marten, Anya Geraldine dan Sean Gelael sedang berfoto bersama saat menghadiri sebuah acara. 

Melihat perilaku dari Raffi tersebut, warganet langsung meradang dan memberikan berbagai komentar pedas. Raffi dinilai tidak memberikan edukasi yang baik seusai melakukan vaksinasi, bahkan tidak menjalankan protokol kesehatan setelah divaksinasi.  

Setelah mengegerkan dunia maya atas keteledorannya sendiri, Raffi Ahmad akhirnya mengunggah sebuah video klarifikasi sekaligus permohonan maaf melalui Instagram pribadinya. 

Jika Mama ingin mengetahui detail isi dari video tersebut, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Editors' Picks

1. Raffi Ahmad meminta maaf kepada Jokowi 

1. Raffi Ahmad meminta maaf kepada Jokowi 
Instagram.com/raffinagita1717

Melalui video unggahan IGTV terbarunya di Instagram berdurasi 2 menit 24 detik, Raffi Ahmad meminta maaf dan memberikan klarifikasi secara langsung. Suami dari Nagita Slavina ini meminta maaf yang sebesar-besarnya untuk Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. 

Terkait peristiwa tadi malam, di mana saya terlihat berkumpul dengan teman-teman tanpa masker dan tanpa jaga jarak. 

Pertama saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak @jokowi, Sekretariat Presiden, KPCPEN dan juga kepada seluruh masyarakat Indonesia atas peristiwa tersebut.

Dalam unggahan tersebut Raffi mengatakan dengan jujur bahwa kejadian tadi malam pada Rabu (13/1/2021) merupakan murni karena keteledorannya pribadi. Ia pun mengakui kalau telah melakukan kesalahan karena tidak mematuhi protokol kesehatan yang berlaku usai mendapatkan vaksinasi. 

2. Raffi Ahmad berjanji akan lebih taat terhadap protokol kesehatan yang berlaku 

2. Raffi Ahmad berjanji akan lebih taat terhadap protokol kesehatan berlaku 
Instagram.com/raffinagita1717

Dalam video klarifikasi sekaligus permintaan maafnya, Raffi Ahmad berjanji akan terus mematuhi prokol kesehatan dengan disiplin. Diharapkan kesalahan kemarin tersebut menjadi pembelajaran untuk dirinya dan tidak dicontoh oleh orang lain. 

"Ke depan saya akan lebih mentaati protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan). Saya juga berharap teman-teman dan seluruh masyarakat Indonesia agar terus menjalankan protokol kesehatan, meskipun vaksinasi sedang berjalan. Vaksin dan protokol kesehatan adalah satu kesatuan," ucap Raffi. 

Papa satu anak ini juga berterima kasih karena ada banyak pihak yang mengingatkan, termasuk menghubunginya secara pribadi. 

"Terima kasih banyak untuk teman-teman yang sudah mengingatkan dan saya harap kita terus saling koreksi demi kesehatan kita, orang-orang yang kita sayangi dan buat Indonesia," lanjutnya.

3. Sherina Munaf berterima kasih atas klarifikasi dan permohonan maaf yang telah disampaikan Raffi Ahmad 

3. Sherina Munaf berterima kasih atas klarifikasi permohonan maaf telah disampaikan Raffi Ahmad 
instagram.com/sherinasinna

Terkait dengan pemberitaan mengenai Raffi Ahmad yang tidak menaati protokol kesehatan usai divaksinasi memang memberikan beragam komentar. Ada banyak orang yang merasa kecewa karena Raffi dianggap tidak bisa memberikan contoh yang baik untuk masyarakat khususnya anak muda. 

Sherina Munaf pun sempat memberikan teguran melalui InstaStory dan cuitannya di Twitter untuk Raffi. 

"Halo Raffi Ahmad, setelah divaksinasi bukan berarti keluyuran ramai-ramai dong. Anda dipilih jatah awal-awal vaksin karena followers banyak. Dengan alasan yang sama, tolong berikutnya konsisten beri contoh yang baik. Please you can do better than this. Your followers are counting on you," tulis Sherina dalam unggahan InstaStory pribadinya yang ditujukan untuk Raffi. 

Usai Raffi meminta maaf dan klarifikasi, Sherina pun kembali memberikan tanggapan. Istri dari Baskara ini berterima kasih dan kembali memberikan ajakan untuk lebih ketat terhadap protokol kesehatan. 

Klarifikasi dari Raffi. Terima kasih! Mari makin aware protokol/guideline kesehatan yang ada, saling mengingatkan demi menekan angka penularan. 

Feel free to also call me out in public if you think I’m wrong. Publik jadi bisa belajar dari kesalahan kita.

Begitulah tanggapan yang dituliskan oleh Sherina dalam cuitan terbarunya di Twitter. 

Semoga kejadian seperti ini tidak terulang kembali dan bisa menjadi pembelajaran untuk banyak orang ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.