5 Kumpulan Doa Ketika Naik Pesawat dari Berbagai Ajaran Agama

Doa ini bisa dipanjatkan agar diberikan keselamatan saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat

12 Januari 2021

5 Kumpulan Doa Ketika Naik Pesawat dari Berbagai Ajaran Agama
Pexels/Madison Inouye

Pesawat terbang termasuk moda transportasi publik yang melakukan perjalanan melalui udara. Walau, Mama sekeluarga sudah terbiasa naik pesawat untuk menjalani berbagai aktivitas keseharian namun alangkah baiknya untuk berdoa. 

Doa yang dipanjatkan kepada sang Pencipta sebelum naik pesawat diharapkan bisa menjadi menenangkan hati. Rutinitas berdoa sebelum melakukan perjalanan pun diharapkan dapat memperoleh perlidungan dan terhindar dari berbagai ancaman bahaya.  

Jika Mama ingin mengetahui beberapa doa dalam berbagai ajaran agama ketika ingin bepergian naik pesawat, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Disimak agar doa-doa ini bisa membantu menenangkan hati saat naik pesawat yuk, Ma!

1. Doa saat perjalanan naik pesawat menurut agama Islam

1. Doa saat perjalanan naik pesawat menurut agama Islam
Pexels/skitterphoto

Sebelum melakukan perjalanan udara menggunakan pesawat, Mama bisa memanjatkan doa untuk menenangkan hati dan pikiran.

Dalam ajaran agama Islam, berikut doa yang bisa dipanjatkan kepada Allah ketika ingin bepergian naik pesawat. Jangan lupa baca Basmalah dulu ya, Ma. 

Bismillah majreeha wa mursahaa inna robbli laghafuurur rahim - (Surah Hud (11:41)

Artinya:

Dengan nama Allah (semoga) menyertai perjalanan dan mendaratnya (pesawat ini). Sungguh, Tuhanku, benar benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Kemudian dilanjutkan dengan bacaan berikut:

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho, allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘annaa bu’dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli.

Artinya: 

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah-lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridai. Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga.

Editors' Picks

2. Doa saat perjalanan naik pesawat menurut agama Kristen

2. Doa saat perjalanan naik pesawat menurut agama Kristen
Freepik/farknot


Bagi sebagian orang yang belum terbiasa bepergian menggunakan pesawat seringkali merasa cemas dan takut, terutama ketika pesawat sudah berada di udara. 

Dalam ajaran agama Kristen terdapat ayat di Alkitab yang bisa menenangkan hati ketika ingin melakukan perjalanan naik pesawat. 

“Sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.” - Mazmur 91: 11 

Selain itu, Mama pun bisa memanjatkan doa berikut ini: 

Bapa Sorgawi, kami mengucap terima kasih atas rahmat dan kasih sayang-Mu yang tidak berkeputusan di dalam hidup kami. 

Saat ini kami panggil nama-Mu yang Kudus untuk menyertai perjalanan kami menggunakan transportasi udara. Kiranya Tuhan bisa selalu menyertai dan melindungi dengan kuasa Roh Kudus-Mu pesawat yang kami tumpangi ini agar terhindar dari gangguan dan marabahaya. 

Demikian juga untuk para awak pesawat kiranya Tuhan dapat memimpin serta memberi kemampuan bagi mereka, sehingga melaksanakan tugas mereka masing-masing dengan baik. Semoga kami tiba di tujuan tepat waktu dengan selamat dan dalam suka cita. 

Terima kasih atas pertolongan serta kasih-Mu yang tidak berubah dari dahulu, sekarang sampai selama-lamanya. Amin.

3. Doa saat perjalanan naik pesawat menurut agama Katolik

3. Doa saat perjalanan naik pesawat menurut agama Katolik
Popmama.com/Onic Metheany
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Ketika ingin bepergian jauh tentunya ada perasaan cemas serta takut apalagi saat akan naik pesawat. Namun, perasaan tersebut bisa dihilangkan dengan meluangkan waktu sejenak untuk berdoa. 

Berikut doa saat perjalanan naik pesawat menurut agama Katolik yang bisa dipanjatkan, yakni:

Demi nama Bapa, Putera dan Roh Kudus, Amin. Ya Tuhan, dahulu kala Engkau pernah menyelamatkan anak-anak Israel yang menyeberangi laut dengan kaki kering. Dan tiga raja budiman dan sebelah timur telah Engkau tunjukkan jalan kepada-Mu dengan bimbingan bintang yang ajaib.

Kami mohon kepada-Mu:

Karuniakanlah kami suatu perjalanan yang selamat, dengan cuaca yang bagus dan menyenangkan. Berilah supaya dengan bimbingan malaikat-malaikat-Mu yang kudus, awak pesawat terbang ini mengantarkan kami mencapai tujuan perjalanan kami dengan selamat. 

Kami mohon juga agar keluarga yang kami tinggalkan Engkau hibur dalam rasa damai sampai kami akhirnya boleh mendarat dengan aman di tempat tujuan. 

Terpujilah nama-Mu, sekarang dan selamanya. Amin. 
Demi nama Bapa, Putera dan Roh Kudus, Amin.

Setelah mengucapkan doa ini, Mama sekeluarga bisa membacakan 1x Bapa Kami, 1x Salam Maria dan 1x Kemuliaan. 

4. Doa saat perjalanan naik pesawat menurut agama Hindu

4. Doa saat perjalanan naik pesawat menurut agama Hindu
Pexels/fancycrave.com

Sebelum melakukan perjalanan udara menggunakan pesawat, Mama yang beragama Hindu bisa memanjatkan doa untuk menenangkan hati dan pikiran.

Om om jaya jiwat sarira raksan dadasi me. Om mjum sah waosat mrityun aya namah swaha. Om ayu widhi labhate dhanam widhi guna suci yadnya sudha sila sudhadyanam bhukti mukti phalam swargam.

Artinya: 

Om Sanghyang Widhi Wasa yang maha jaya, yang maha mengatasi segala kematian. Kami memujamu. Lindungilah kami dari marabahaya. Om Sanghyang Widi Wasa, semua keuntungan kekayaan, dan kepandaian adalah atas yadnya suci-Mu. Semoga tingkah laku dan pikiran kami menjadi bersih dan mencapai kebahagiaan lahir dan batin.

5. Doa saat perjalanan naik pesawat menurut agama Buddha 

5. Doa saat perjalanan naik pesawat menurut agama Buddha 
Pexels/Josh Sorenson

Sama seperti agam yang lain, ada juga doa saat perjalanan naik pesawat menurut agama Buddha. Doa ini bisa dipanjatkan sebelum melakukan perjalanan udara. 

Namo Tassa Bhagavato Arahato Samma Sambuddhassa (Dibaca ulang tiga kali).

Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta.
Sadhu! Sadhu! Sadhu!

Artinya: 

Terpujlah Sang Bhagava, yang Maha Suci, yang Telah mencapai penerangan sempurna (dibaca ulang tiga kali). Semoga semua makhluk berbahagia Demikianlah hendaknya.” (Paritta Suci). 

Nah, itulah beberapa kumpulan doa dari berbagai agama yang bisa mengurangi rasa takut dan khawatir saat bepergian menggunakan pesawat. 

Semoga setiap perjalanan Mama sekeluarga selalu aman dan lancar sampai tujuan. Jangan lupa berdoa ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.