Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan

Mandi dengan air hangat ternyata menyehatkan lho, Ma

27 November 2020

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Mandi Air Hangat Kesehatan
Freepik

Ketika mandi, Mama biasanya tim air dingin atau air hangat nih?

Mandi air hangat atau air dingin memang pilihan setiap orang ya, Ma. Hanya tinggal disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tubuh saja.

Meskipun begitu perbedaan suhu air yang digunakan untuk mandi ternyata punya dampak yang berbeda lho, Ma. Menurut penelitian, mandi menggunakan air hangat bisa punya banyak manfaat untuk tubuh.

Kalau Mama yang penasaran dengan manfaat dari air hangat, yuk baca rangkuman dari Popmama.comini.

1. Mengurangi stres

1. Mengurangi stres
Unsplash/Abigail Keenan

Dengan banyaknya masalah yang terjadi di setiap harinya terkadang membuat stres ya, Ma. Apalagi kalau selalu merasa cemas karena masalah semakin hari semakin bertambah. Jangan dampai perasaan cemas ini memicu stres atau bahkan depresi ya.

Untuk mengurangi perasaan stres yang sedang dirasakan, ada baiknya Mama mandi dengan menggunakan air hangat. Menurut sebuah penelitian, air hangat ternyata bisa merangsang otak untuk memproduksi hormon oktitosin. Hormon ini berguna untuk membuat perasaan Mama lebih bahagia dan merasa lebih positif.

Apalagi kalau mandinya setelah benar-benar baru pulang ke rumah. Seakan beban hidup jadi hilang seketika, sehingga Mama jadi tambah segar melakukan aktivitas lainnya.

2. Mencegah insomnia

2. Mencegah insomnia
Freepik/yanalya

Pernah merasakan gangguan tidur nggak nih, Ma?

Gangguan tidur seperti insomnia membuat kehidupan seseorang jadi semakin sengsara lho.  Perbedaan kualitas tidur yang dirasakan oleh seorang insomnia pastinya berbeda dengan orang normal lain.

Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat Mama mengalami insomnia, mulai dari mengonsumsi kafein berlebihan, obat-obatan hingga sedang mengalami gangguan emosional.

Kesulitan tidur yang terjadi pada Mama jangan dianggap disepelekan karena akan berefek ke yang lain. Untuk itu Mama yang sedang merasa insomnia atau memiliki gangguan tidur tertentu, disarankan mencoba mandi air hangat sebelum tidur. Kalau sudah melakukannya pasti perasaan akan lebih tenang, sehingga bisa tidur lebih berkualitas.

Editors' Picks

3. Meredakan penyakit

3. Meredakan penyakit
Pixabay/Mojpe

Mandi menggunakan air hangat itu bisa meredakan penyakit yang sedang dirasakan lho, Ma.

Untuk Mama yang sedang terkena batuk, flu atau demam dengan mandi air hangat membantu tubuh terasa lebih baik.

Saat sedang flu, air hangat bisa menjadi dekongestan alami. Ini sangat berguna karena bisa menjadi obat dalam mengatasi hidung tersumbat dan gangguan pernapasan. Lalu ketka badan Mama sedang kurang sehat, mandi dengan air hangat bisa mengembalikan suhu tubuh agar kembali normal.

4. Melancarkan peredaran darah

4. Melancarkan peredaran darah
Pexels/Pixabay

Mandi air hangat itu tidak hanya merasakan kehangatan airnya saja ya, Ma. Mempelancar perendaran darah menjadi salah satu manfaat yang bisa dirasakan ketika mandi menggunakan air hangat.

Apalagi kalau Mama mandi air hangat menggunakan shower selama beberapa menit, ini akan meningkatkan kinerja air hangat itu sendiri. Dengan berdiri di bawah shower akan memperlancar sirkulasi pada arteri dan pembuluh darah.

5. Melemaskan otot-otot tegang

5. Melemaskan otot-otot tegang
Freepik

Ketegangan otot-otot yang Mama rasakan selama seharian berativitas bisa terbantu dengan mandi air hangat.

Penggunaan air hangat saat mandi bisa membantu melemaskan otot-otot yang terasa tegang, kaku ataupun nyeri. Sesekali Mama juga bisa melakukan gerakan-gerakan yang membuat otot jadi lebih rileks.

Sambil menikmati kehangatan air, cobalah untuk mengerak-gerakan leher, pundak, kaki dan bagian tubuh lainnya yang terasa kaku.

Jika Mama mandi menggunakan shower, tekanan air yang keluar akan membantu sebagai pemijat alami. Ini cukup berguna untuk meredakan otot yang sedang kaku dan nyeri lho, Ma.

Baca Juga: Ini Dia 5 Manfaat Sauna Bareng Pasangan, Jangan Lupa Dicoba Ya Ma

6. Menurunkan kadar gula darah

6. Menurunkan kadar gula darah
Unsplash/Karla Alexander

Mengeluarkan keringat agar kadar gula darah menurun, bisa dilakukan dengan berendam di air hangat. Mandi menggunakan air hangat bisa membantu Mama dalam mengontrol kadar gula darah. Ini akan membantu Mama dalam menghindari potensi terkena penyakit diabetes.

Berendam menggunakan air hangat sangat disarankan karena bisa membantu membakar kalori di dalam tubuh. Berendam dengan air hangat justru lebih efektif mengurangi kadar gula darah dibandingkan berolahraga cardio yang perlu memicu adrenalin Mama.

7. Menghilangkan kuman dan bakteri

7. Menghilangkan kuman bakteri
Freepuik/bearfotos

Tujuan dari mandi pasti ingin membersihkan diri dari segala kuman yang ada di tubuh ya, Ma.

Selain membuat tubuh rileks, dengan temperatur air hangat yang cukup tinggi ini ternyata mampu lebih banyak membunuh kuman dan bakteri di tubuh. Dengan begitu air hangat bisa menghilangkan kotoran dan minyak secara lebih optimal.

Gimana Ma penjelasan di atas? Sekarang jadi sudah lebih paham ya tentang manfaat mandi menggunakan air hangat.

Sekarang tinggal pilihan Mama saja nih, mau jadi tim mandi dengan air dingin atau hangat.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.