Jarang Disadari, Inilah 8 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

Apa ada yang sudah menyadari kalau minyak kayu putih memiliki banyak manfaat? 

24 Januari 2020

Jarang Disadari, Inilah 8 Manfaat Minyak Kayu Putih Kesehatan
Pixabay/Mareefe

Minyakkayuputih termasuk perlengkapan yang wajib dipersiapkan di rumah apalagi memiliki khasiat tersendiri untuk kesehatan keluarga. Bagi setiap keluarga yang sedang merawat bayi, tentunya  penggunaan minyak kayu putih sudah sangat familiar. 

Penggunaan minyak kayu putih biasanya diberikan kepada si Kecil setelah mandi agar tubuhnya kembali hangat dan nyaman. 

Sebagai salah satu barang andalan sekaligus memberikan manfaat sebagai pengobatan tradisional, maka tak jarang kalau produk ini tidak hanya wajib disimpan di rumah melainkan perlu dibawa ketika sedang bepergian.

Ada beragam manfaat yang bisa diberikan oleh minyak kayu putih untuk kesehatan Mama dan keluarga. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa manfaat yang seringkali tidak disadari dari minyak kayu putih, tak perlu khawatir karena kali ini Popmama.com telah merangkum informasinya. 

Mari bahas dan ketahui manfaat dari minyak kayu putih yuk, Ma!

1. Mengatasi hidung tersumbat dan gangguan saluran pernapasan 

1. Mengatasi hidung tersumbat gangguan saluran pernapasan 
Freepik/evening_tao

Seperti yang sudah Mama ketahui bahwa minyak kayu putih memiliki keistimewaan tersendiri karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Aromanya yang hangat mampu membantu dalam meredakan hidung ketika sedang tersumbat. 

Daun serta ranting pohon cajeput alias pohon kayu putih sebagai salah satu bahan dasar pembuatan minyak kayu putih memiliki senyawa yang bersifat dekongestan

Perlu diketahui bahwa senyawa tersebut dapat melegakan tenggorokan dan hidung ketika sedang tersumbat.

Tak hanya hidung tersumbat, namun minyak kayu putih dapat membantu mengurangi beberapa gejala penyakit pada saluran pernapasan seperti bronkitis hingga laringitis. 

2. Mengatasi rasa gatal di kulit akibat gigitan nyamuk atau serangga 

2. Mengatasi rasa gatal kulit akibat gigitan nyamuk atau serangga 
pixabay.com/mikadago

Gigitan nyamuk atau serangga di bagian kulit memang seringkali menimbulkan rasa gatal yang mungkin saja tak tertahankan, sehingga terus mengaruknya. Padahal ketika sering digaruk, maka kulit bisa saja akan mengalami infeksi. 

Demi terhindar dari infeksi dan berbagai penyakit lain, Mama dapat menggunakan minyak kayu putih bila tiba-tiba ada salah satu anggota keluarga yang terkena gigitan nyamuk atau serangga. 

Di dalam minyak kayu putih terdapat anti peradangan, sehingga membantu siapa saja yang ingin mencegah rasa gatal akibat gigitan nyamuk atau serangga. 

Ini juga dapat membantu agar tidak muncul ruam pada bagian kulit. 

3. Mengurangi dan mencegah ketombe di bagian kulit kepala

3. Mengurangi mencegah ketombe bagian kulit kepala
Pexels/Bennie Lukas Bester

Ma, sudah tahu belum kalau minyak kayu putih juga bisa mengurangi permasalahan ketombe? 

Sebuah penelitian pada tahun 2013 dari India mengatakan bahwa ada beberapa minyak esensial yang bisa digunakan untuk melawan jamur pemicu ketombe di kulit kepala. Jamur ini bernama Malassezia furfur yang biasanya dapat menyerang kulit manusia, sehingga menyebabkan permasalahan kulit mulai dari ketombe dan panu. 

Dalam penelitian tersebut mengenai minyak esensial diketahui bahwa kayu putih dan atsiri sudah teruji dalam melawan jamur Malassezia di bagian kulit kepala.

Apalagi ada sebuah kandungan bernama anti fungalnya, sehingga dapat mengobati dan mencegah datangnya ketombe. 

Jika Mama menggunakan minyak kayu putih dengan takaran yang tepat, maka produksi ketombe di kulit kepala perlahan-lahan akan semakin berkurang. Namun, penelitian ini pun masih berlanjut mengenai manfaat minyak kayu putih dalam melawan jamur Malassezia hingga tuntas. 

4. Meringankan permasalahan kram otot yang menganggu aktivitas keseharian 

4. Meringankan permasalahan kram otot menganggu aktivitas keseharian 
womenshealtmag.com

Selain minyak kayu putih dapat menghangatkan tubuh, barang yang selalu tersedia di rumah ini juga mampu membantu dalam meringankan permasalahan kesehatan termasuk meredakan kram otot.

Seperti yang Mama ketahui kalau kontraksi otot memang bisa saja datang kapan saja karena sifatnya terkesan tiba-tiba, bahkan dapat menimbulkan rasa sakit. Jika dibiarkan begitu saja, maka kram otor dapat menimbulkan rasa sakit yang begitu tajam, sehingga  dapat mengganggu aktivitas keseharian. 

Hal ini dikarenakan kram otot bisa terjadi akibat tubuh mengalami dehidrasi. Apalagi jika kinerja otot-otot dilakukan secara berlebihan serta mengalami kurangnya kadar elektrolit di dalam darah. 

Selain dapat membantu dalam melakukan peregangan, penggunaan minyak kayu putih juga meredakan kram otot hingga bisa kembali normal.

Editors' Picks

5. Dapat dijadikan aromaterapi sebagai penghilang stres

5. Dapat dijadikan aromaterapi sebagai penghilang stres
Pixabay/monicore

Minyak kayu putih pun dapat dipergunakan sebagai aromaterapi yang membantu meredakan masalah pernapasan. 

Demi menghindari terhambatnya produktivitas kerja, minyak kayu putih dianggap sebagai bahan alami yang memberikan wangi-wangian yang menenangkan. Sebagai aromaterapi, minyak kayu putih dapat menenangkan pikiran dan suasana hati yang gelisah sebelum pada akhirnya menimbulkan stres berkepanjangan.

Jika Mama merasakan aromanya, maka sensasi aromaterapi yang ditimbulkannya perlahan-lahan dapat mengusir segala kecemasan di dalam pikiran serta meningkatkan konsentrasi.

Walau terkesan sederhana, namun efeknya sangat baik untuk semua yang merasakan aroma dari minyak kayu putih. 

6. Mengatasi permasalahan kulit akibat infeksi 

6. Mengatasi permasalahan kulit akibat infeksi 
Freepik/bowonpat

Bijak dalam menggunakan sebuah produk di dalam keluarga tentu perlu diperhatikan Mama agar tepat guna serta berkhasiat sesuai dengan harapan. Jika digunakan secara tepat, minyak kayu putih dapat menjadi teman dalam memberikan rasa nyaman serta membuat tubuh menjadi lebih sehat. 

Manfaat lain yang bisa diberikan oleh minyak kayu putih yakni mampu mengatasi permasalahan kulit akibat infeksi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat cineole pada minyak kayu putih, sehingga membantu kulit yang sedang mengalami infeksi. 

Mama hanya tinggal mengoleskan minyak kayu putih di bagian permukaan serta area sekitar kulit yang sedang mengalami infeksi. Proses penyembuhan akan semakin cepat karena adanya kandungan antimikroba dan antiseptik di dalam minyak kayu putih membuat luka dapat terlindung dari berbagai kuman serta mencegah infeksi di sekitar kulit. 

7. Meredakan rasa nyeri ketika sedang mengalami sakit gigi

7. Meredakan rasa nyeri ketika sedang mengalami sakit gigi
Freepik

Manfaat lain yang diberikan oleh minyak kayu putih untuk kesehatan Mama sekeluarga yakni meredakan rasa nyeri ketika sedang mengalami sakit gigi. 

Perlu diketahui bahwa efek dari minyak kayu putih sangat mirip dengan cengkeh karena keduanya mampu meredakan sakit gigi. Caranya mudah yakni hanya dengan mencampurkan minyak kayu putih bersama kunyit yang telah ditumbuk, lalu bisa langsung mengoleskannya pada gigi yang sakit. 

Jika masih ragu, Mama pun bisa menggunakan cara lain yakni dengan meletakkan kapas setelah dibasahi dengan minyak kayu putih tepat di gigi yang sedang sakit. Cara ini setidaknya dapat membantu membunuh kuman-kuman di dalam mulut sekaligus meredakan rasa nyeri. 

8. Mengobati sakit kepala dengan mengoleskannya di bagian belakang dan samping leher

8. Mengobati sakit kepala mengoleskan bagian belakang samping leher
Freepik/nensuria

Salah satu cara untuk mengatasi sakit kepala dengan cara alami, Mama bisa menggunakan minyak kayu putih dengan mengoleskannya pada bagian belakang dan samping leher. 

Ketika dioleskan, maka udara segar dari aroma minyak kayu putih akan semakin terasa. Hal ini tentu akan membuat sistem pernapasan semakin rileks dari sebelumnya dan mampu mengobati sakit kepala. 

Nah, itu dia beberapa manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan Mama sekeluarga. Semoga dengan informasi di atas semakin mengetahui bahwa tanpa disadari minyak kayu putih memiliki banyak sekali manfaat. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!